Ke Indonesia, Raja Saudi Bawa Tangga Pesawat Sendiri

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 23 Februari 2017 13:15
Ke Indonesia, Raja Saudi Bawa Tangga Pesawat Sendiri
Seperti apa penampakannya?

Dream – Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz, bersama rombongannya akan berkunjung ke Indonesia di awal Maret 2017. Peralatan dan perlengkapan yang akan menunjang aktivitas rombongan raja sudah mulai berdatangan ke Indonesia.

Diantara barang bawaan yang datang, ada salah satu item yang menarik perhatian. Jika Presiden AS kerap membawa mobil presiden langsung dari negara, Raja Saudi justru membawa sebua tangga pesawat khusus raja.

Dilansir dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Kamis 23 Februari 2017, tangga pesawat khusus Raja Salman dan perlengkapan rombongan telah tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, dan Bandara Ngurah Rai, Denpasar, sejak kemarin.

Kargo mulai berdatangan di Bandara Halim Perdanakusuma dan Bandara Ngurah Rai sejak Selasa 21 Februari 2017 hingga Kamis 23 Februari 2017.

Salah satu kargo yang spektakuler adalah tangga motorized atau excavator yang biasa digunakan oleh Raja Salman. Pesawat Saudi Arabian (SV 6854) tiba pertama di Bandara Halim Perdanakusuma pukul 24.00, lalu melanjutkan penerbangan ke Denpasar. Pesawat itu tiba pukul 07.00 WITA khusus untuk mengantarkan tangga tersebut.

Tangga pesawat khusus Raja Salman© PT Jasa Angkasa Semesta Tbk

“ Kami secara khusus men­-deploy main deck loader dari Cengkareng dengan kapasitas 32 ton untuk menaikkan dan menurunkan kargo mereka,” kata Deputi Direktur Operasional PT Jasa Angkasa Semesta Tbk (JAS) Airport Services, Subiyono.

Tangga pesawat khusus Raja Salman© PT Jasa Angkasa Semesta Tbk

Maskapai Saudi Arabian mempercayakan penanganan ground handling kepada perusahaan ini. jenis pesawat rombongan kerajaan Arab Saudi yang ditangani JAS di antaranya adalah Boeing 747-400, B747 Freighter, B777, B757, dan B737-800.

1 dari 3 halaman

Kunjungi Indonesia, Raja Saudi Boyong 1500 Orang & 25 Pangeran

Dream – Kunjungan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz dari Arab Saudi ke Indonesia pada 1-9 Maret 2017 bakal membawa rombongan besar. Saat berkunjung, Raja Salman dikabarkan akan memborong rombongan dengan jumlah seluruhnya mencapai 1.500 orang. 

“ Kurang lebih 1.500 orang, 10 menteri, dan 25 pangeran,” kata Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, di Jakarta, dilansir dari setkab.go.id, Rabu 22 Februari 2017.

Pramono menjelaskan, Raja Salman akan melakukan kunjungan kenegaraan terlebih dahulu pada 1-3 Maret 2017. Agenda selanjutnya, mereka akan beristirahat di Bali pada 4-9 Maret 2017.

Kunjungan raja Saudi ke Indonesia kali ini cukup bersejarah. Dikatakan bahwa kunjungan raja Arab Saudi ke Indonesia terakhir kali terjadi pada tahun 1970 atau 47 tahun yang lalu.

Pramono mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjemput langsung Raja Salman di bandara. Nantinya, Jokowi akan menganugerahkan bintang kehormatan tertinggi Indonesia kepada Raja Salman.

Bintang kehormatan ini diberikan karena Jokowi juga diberi anugerah kehormatan dari kerajaan Arab Saudi ketika berkunjung ke sana.

“ Ketika berkunjung ke Arab Saudi, Presiden Jokowi dijemput di pintu pesawat oleh Raja Salman sehingga hubungan ini adalah hubungan yang sangat dekat, sangat erat, sangat akrab,” kata dia.

Pramono mengatakan Raja Salman akan menandatangani investasi BUMN migas Arab Saudi, Aramco, di Cilacap dengan nilai investasi senilai US$6 miliar (Rp80,18 triliun) dan proyek-proyek lainnya senilai US$1 miliar (Rp13,36 triliun).

2 dari 3 halaman

Raja Saudi Bawa `Hadiah` Rp334 Triliun Buat Indonesia?

Dream – Raja Arab Saudi, Raja Salman bin Abdul Aziz, akan berkunjung ke Indonesia pada Maret 2017. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan kedatangan Raja Salman itu akan membawa dana investasi hingga US$25 miliar (Rp334,06 triliun).

Hal ini dikatakan oleh Sekretaris Kabinet, Pramono Anung.

“ Kunjungan ini merupakan kunjungan yang bersejarah,” kata Pramono di Jakarta, dilansir dari Arabian Business, Kamis 23 Februari 2017.

Namun, tidak ada tanggapan dari pihak pemerintah Arab Saudi terkait dengan dana investasi jumbo yang siap disuntikkan di Indonesia.

Sekadar ini, lawatan terakhir raja Arab Saudi ke Indonesia ini dilakukan oleh Raja Faisal pada 47 tahun yang lalu. Kunjungannya ke Indonesia ini merupakan bagian dari kunjungan raja ke Asia. Raja Salman akan berkunjung ke Indonesia pada 1-9 Maret 2017. Dia juga akan menghabiskan waktu untuk berlibur selama enam hari di Bali.

Indonesia berharap kunjungan Raja Salman ini bisa menegaskan kerja sama BUMN migas Arab Saudi, Aramco, dengan BUMN migas Indonesia, PT Pertamina (Persero), tentang upgrade kilang Cilacap.

“ Kami menargetkan ada investasi,” kata Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Thomas Trikasih Lembong.

Pramono mengatakan Indonesia berharap Arab Saudi akan membantu mempromosikan pengajaran Islam lewat pelajaran Islam dan pertukaran pelajar. Indonesia juga memperkiraka akan ada kerja sama untuk meningkatkan frekuensi penerbangan dari Timur Tengah ke Arab Saudi untuk meningkatkan jumlah wisatawan.

Deputi Menteri Luar Negeri, Abdurrachman M. Fachir, menambahkan kunjungan Raja Salman adalah yang terlama sepanjang kunjungannya ke Asia.

“ Kunjungan ini juga merupakan promosi dan berharap bisa meningkatkan jumlah turis dari Timur Tengah,” kata dia.(Sah)

3 dari 3 halaman

Wow! Begini Persiapan Mewah Jika Raja Saudi Lawatan Kenegaraan

Dream - Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud sebentar lagi akan berkunjung ke Indonesia awal bulan depan. Rencananya, Raja Salman berada di Indonesia selama sembilan hari.

Lawatan Raja Salman dianggap merupakan kunjungan bersejarah. Ini lantaran selama 32 tahun usai kunjungan Raja Faizal, belum ada satupun Raja Saudi berkunjung ke Indonesia.

Selama tiga hari, terhitung tanggal 1 sampai dengan 3 Maret 2017, Raja Salman akan menggelar pertemuan resmi kenegaraan dengan Presiden Joko Widodo dan para pejabat Indonesia. Sisanya, yaitu dari tanggal 4 hingga 9 Maret nanti, Raja Salman akan menghabiskan waktu ke Bali untuk berlibur.

Karena yang berkunjung adalah raja, penyambutan dan fasilitasnya tentu mewah. Apalagi jika memperhitungkan rombongan yang menyertai Raja Salman, yaitu 25 pangeran dan 1.500 pengusaha.

Sampai saat ini belum bisa diketahui detail kunjungan Raja Saudi tersebut. Namun kerajaan Saudi memang selalu datang dengan rombongan yang sangat besar. Salah satunya pernah terlihat saat Raja Saudi bertandang ke Turki.

Mobil mewah untuk Raja Salman© hurriyetdailynew.com

500 unit mobil mewah disewa selama kunjungan Raja Salman ke Ankara (hurriyetdailynews.com)

Kunjungan Raja Salman ke Turki adalah atas undangan Presiden Recep Tayib Erdogan pada April tahun lalu.  menghabiskan dana mencapai US$10 juta, setara Rp133 miliar. Fasilitas yang diberikan sangat mewah.

Beri Komentar