Raja Saudi Bawa `Hadiah` Rp334 Triliun Buat Indonesia?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 23 Februari 2017 11:44
Raja Saudi Bawa `Hadiah` Rp334 Triliun Buat Indonesia?
Harapan adanya investasi segar dari Arab Saudi itu disampaikan Sekretaris Kabinet, Pramono Anung.

Dream – Raja Arab Saudi, Raja Salman bin Abdul Aziz, akan berkunjung ke Indonesia pada Maret 2017. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan kedatangan Raja Salman itu akan membawa dana investasi hingga US$25 miliar (Rp334,06 triliun).

Hal ini dikatakan oleh Sekretaris Kabinet, Pramono Anung.

“ Kunjungan ini merupakan kunjungan yang bersejarah,” kata Pramono di Jakarta, dilansir dari Arabian Business, Kamis 23 Februari 2017.

Namun, tidak ada tanggapan dari pihak pemerintah Arab Saudi terkait dengan dana investasi jumbo yang siap disuntikkan di Indonesia.

Sekadar ini, lawatan terakhir raja Arab Saudi ke Indonesia ini dilakukan oleh Raja Faisal pada 47 tahun yang lalu. Kunjungannya ke Indonesia ini merupakan bagian dari kunjungan raja ke Asia. Raja Salman akan berkunjung ke Indonesia pada 1-9 Maret 2017. Dia juga akan menghabiskan waktu untuk berlibur selama enam hari di Bali.

Indonesia berharap kunjungan Raja Salman ini bisa menegaskan kerja sama BUMN migas Arab Saudi, Aramco, dengan BUMN migas Indonesia, PT Pertamina (Persero), tentang upgrade kilang Cilacap.

“ Kami menargetkan ada investasi,” kata Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Thomas Trikasih Lembong.

Pramono mengatakan Indonesia berharap Arab Saudi akan membantu mempromosikan pengajaran Islam lewat pelajaran Islam dan pertukaran pelajar. Indonesia juga memperkiraka akan ada kerja sama untuk meningkatkan frekuensi penerbangan dari Timur Tengah ke Arab Saudi untuk meningkatkan jumlah wisatawan.

Deputi Menteri Luar Negeri, Abdurrachman M. Fachir, menambahkan kunjungan Raja Salman adalah yang terlama sepanjang kunjungannya ke Asia.

“ Kunjungan ini juga merupakan promosi dan berharap bisa meningkatkan jumlah turis dari Timur Tengah,” kata dia.(Sah)

1 dari 4 halaman

Rombongan Jumbo Raja Saudi Dibawa 7 Pesawat Besar

Dream - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud dijadwalkan melakukan kunjungan ke Indonesia selama 9 hari mulai 1-9 Maret 2017. Kedatangan Raja Salman akan membawa rombongan dalam jumlah besar.

Menurut Sekretaris Kabinet Pramono Anung ada sebanyak 1.500 orang, 10 menteri dan 25 pangeran yang akan menyertai kunjungan Raja Salman.

Dengan rombongan sebanyak itu, bagaimana akomodasi mulai dari pesawat sampai hotel yang akan disiapkan.

Corporate Communication Department Head Angkasa Pura I, Ida Bagus Ketut Juliadnyana, mengatakan rombongan Raja Salman kemungkinan akan diangkut menggunakan tujuh pesawat wide body.

" Kami pastikan kedatangan rombongan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud ke Bali menggunakan tujuh pesawat wide body, termasuk satu pesawat Hercules di dalamnya," kata Juliadnyana, kepada Dream, Rabu, 22 Februari 2017.

Adapun ketujuh pesawat yang digunakan yaitu dua unit pesawat Boeing 777/2, dua unit Boeing 747/1xp, satu unit Boeing 747/3, satu unit Boeing 747/4, satu unit Boeing 757, dan satu unit pesawat Hercules.

 

2 dari 4 halaman

Pesawat Parkir di Bali

Terkait banyaknya pesawat yang akan menyertai Raja Salman, Juliadnyana memastikan tidak akan mengganggu jadwal penerbangan reguler.

Raja Salman yang dijadwalkan akan berlibur di Bali juga turut menjadi perhatian. Tujuh pesawat yang ditumpangi rombongan itu rencananya akan akan menginap di Bandara Ngurah Rai, Denpasar.

" Selama beberapa hari Raja Arab Saudi di Bali, beberapa pesawat yang membawa rombongan akan menginap di bandara (remain over nights). Sisanya akan menginap di bandara lain," kata dia.

3 dari 4 halaman

Mahalnya Lawatan Raja Saudi

Dream - Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud sebentar lagi akan berkunjung ke Indonesia awal bulan depan. Rencananya, Raja Salman berada di Indonesia selama sembilan hari.

Lawatan Raja Salman dianggap merupakan kunjungan bersejarah. Ini lantaran selama 32 tahun usai kunjungan Raja Faizal, belum ada satupun Raja Saudi berkunjung ke Indonesia.

Selama tiga hari, terhitung tanggal 1 sampai dengan 3 Maret 2017, Raja Salman akan menggelar pertemuan resmi kenegaraan dengan Presiden Joko Widodo dan para pejabat Indonesia. Sisanya, yaitu dari tanggal 4 hingga 9 Maret nanti, Raja Salman akan menghabiskan waktu ke Bali untuk berlibur.

Karena yang berkunjung adalah raja, penyambutan dan fasilitasnya tentu mewah. Apalagi jika memperhitungkan rombongan yang menyertai Raja Salman, yaitu 25 pangeran dan 1.500 pengusaha.

Sampai saat ini belum bisa diketahui detail kunjungan Raja Saudi tersebut. Namun kerajaan Saudi memang selalu datang dengan rombongan yang sangat besar. Salah satunya pernah terlihat saat Raja Saudi bertandang ke Turki.

Mobil mewah untuk Raja Salman© hurriyetdailynew.com

500 unit mobil mewah disewa selama kunjungan Raja Salman ke Ankara (hurriyetdailynews.com)

Kunjungan Raja Salman ke Turki adalah atas undangan Presiden Recep Tayib Erdogan pada April tahun lalu.  menghabiskan dana mencapai US$10 juta, setara Rp133 miliar. Fasilitas yang diberikan sangat mewah.

 

4 dari 4 halaman

Kaca Hotel Anti Peluru, 500 Mobil Mewah

Raja Salman kala itu menempati kamar kelas King Suite di Hotel JW Marriot Ankara, dengan luas ruangan sebesar 450 meter persegi. Untuk pengamanan, dipastikan Raja Saudi ini mendapatkan fasilitas kelas satu.

Kaca jendela hotel diganti dengan kaca anti-peluru. Sementara dindingnya dilapisi semen anti-bom.

Hotel bintang lima itu dipesan untuk tiga hari. Beberapa hari sebelum kunjungan berlangsung, sejumlah pejabat Saudi tiba di Turki untuk berkoordinasi membuat persiapan resmi.

 

Seluruh barang dan keperluan pribadi dikirim ke Ankara menggunakan kargo beberapa pesawat. Selain itu, sebanyak 500 unit mobil mewah dari sejumlah provinsi, termasuk Antalya dan Adana, disewa selama kunjungan Raja di Ankara dan Istanbul.

Lantas bagaimana dengan penyambutan Raja Salman di Indonesia nanti?

(Sah/Sumber: hurriyetdailynews.com)

Beri Komentar