Penipu Modus SMS `Mama Minta Pulsa` Dibekuk!

Reporter : Sandy Mahaputra
Kamis, 5 November 2015 18:40
Penipu Modus SMS `Mama Minta Pulsa` Dibekuk!
Mungkin hampir semua dari Anda pernah dikirimkan pelaku sms tersebut.

Dream - Penipuan melalui pesan singkat (SMS) 'Mama Minta Pulsa' berhasil dibongkar petugas Sub Direktoret Kejahatan dengan Kekerasan (Subdit Jatanras) Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Tersangka bernama Efendi, dibekuk di kampung halamannya di jalur trans Sulawesi, Malili, Sulawesi Selatan.

" Pelaku ditangkap Selasa siang kemarin," kata Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Herry Heryawan dikutip Dream dari humaspoldametrojaya.blogspot.co.id, Kamis 5 November 2015.

Tersangka bernama Efendi alias Lekkeng alias Kenz ditangkap atas laporan polisi bernomor LP/3991/IX/2015/PMJ/Ditreskrimum.

" Tersangka diduga kuat mengendalikan operasional penipuan via SMS yang beberapa komplotannya sudah ditangkap sebelumnya," kata AKBP Herry Heryawan.

Tersangka disergap tim saat mengemudikan mobil Toyota Avanza bernopol DD 8312 XY. Saat disergap, tersangka bersama istrinya berinisial Her dan anaknya.

Saat ini, tersangka masih diperiksa intensif di Polda Metro Jaya. Sebelumnya, Jatanras Polda Metro menangkap 8 orang komplotannya yang beroperasi di Cianjur, dan sejumlah orang di Bandung, Jawa Barat.

Dalam aksinya, para pelaku menyebarkan SMS yang isinya seolah-olah si penerima SMS mendapatkan undian berhadiah dari salah satu bank.

Korban yang tergiur dan terpancing untuk menghubungi nomor telepon yang dicantumkan pada SMS tersebut akan dipandu ke ATM yang ujungnya malah mentransfer uang ke rekening tersangka. (Ism)  

1 dari 4 halaman

Penipu Ini Pura-pura Koma Selama 2 Tahun

Dream - Setelah menipu tetangganya, seorang pria di Inggris pura-pura lumpuh dan akhirnya koma selama tua tahun agar terhindar dari hukuman penjara.

Alan Knight, 47 tahun, telah menipu tetangganya sebesar 40 ribu pounds. Takut dihukum karena perbuatannya, pria asal Swansea itu kemudian mengaku lumpuh dari leher hingga ke bawah.

Selain mengaku lumpuh, penipu ulung ini juga berbohong dengan menjadi vegetarian selama dua tahun.

Untuk melancarkan aksinya, Alan juga dibantu oleh Helen, istrinya. Dalam sebuah foto, Helen terlihat sedang merawat suaminya yang 'koma'.

Namun aksi Alan ini akhirnya terbongkar saat dokter melihatnya makan, mengusap wajahnya dan bahkan menulis.

Dia juga tertangkap kamera CCTV sedang mendorong kereta belanja dan bahkan mengemudikan mobil.

Detektif Paul Harry dari Kepolisian South Wales mengatakan, " Baru kali ini dalam karier saya sebagai polisi ada penipu yang begitu rapi dan penuh antisipasi dalam aksinya."

Dalam persidangan, Alan mengaku hanya melakukan 19 kali pencurian dan penipuan. Sudah dipastikan Alan akan menghadapi pidana penjara yang akan dibacakan bulan depan.

(Ism, Sumber: Metro.co.uk)

2 dari 4 halaman

Playboy Malaysia Penipu 20 Perempuan di Facebook Dibekuk

Dream - Kepolisian Malaysia berhasil mengakhiri petualangan seorang playboy yang diduga melakukan penipuan terhadap para perempuan di Facebook.

Total harta yang dikuras playboy yang memakai hingga tiga nama samaran ini mencapai 155 ribu ringgit atau setara Rp 540 juta lebih.

Petualangan Aidid Iskandar alias Afzan Iskandar alias Hafis, playboy Facebook yang berhasil menipu 20 orang perempuan dalam kurun waktu dua tahun, dicokok polisi di kawasan Shah Alam, Selangor, Malaysia.

Dengan nama-nama samaran tersebut, ayah tiga anak berusia 34 tahun ini mendekati korbannya lewat Facebook.

Menggunakan kata-kata manis dan rayuan maut, pria ini mampu menaklukkan hati para korbannya sehingga mereka percaya padanya. Para korban biasanya perempuan berusia 28 hingga 38 tahun.

Asisten Komisioner Polis Sharul Osman Mansor mengatakan korban sudah langsung terpikat pelaku hanya dalam waktu seminggu.

" Setelah ngobrol beberapa kali di Facebook, pelaku minta nomor ponsel dan mengajak korban kencan. Dia kemudian melancarkan rayuan dengan mengatakan ingin memiliki hubungan serius dengan menikah," katanya.

AKP Sharul mengatakan pelaku akan mengajak korban bertemu di hotel untuk memperkenalkan korban kepada keluarganya.

" Korban biasanya meninggalkan tas mereka di mobil sementara mereka berdua masuk hotel. Pelaku kemudian pinjam ponsel korban dengan mengaku ponselnya kehabisan baterai."

Dengan pura-pura menghubungi kerabatnya, pelaku kemudian melarikan diri dengan membawa tas korban yang ditinggalkan di dalam mobil.

Korban baru sadar dia telah ditipu beberapa jam kemudian.

" Kami menangkap pelaku pada 30 Juni di sekitar jam 8 malam di Taman Cahaya Alam, Shah Alam. Dia mengaku terlibat dalam 16 kasus di Brickfields dan tiga di Dang Wangi," katanya.

Kini pelaku masih berada dalam tahanan polisi.

(Sumber: AsiaOne)

3 dari 4 halaman

Pengemis Tajir di AS: Tinggal di Apartemen Mewah, Naik Mercy

Dream - Seorang wanita di California, Amerika Serikat mengaku sering melihat perempuan hamil dan seorang bocah mengemis di pinggir jalan saat mengisi bensin di sebuah SPBU.

Kemudian pada suatu hari, dia melihat seorang pria dengan Mercedes-Benz menjemput keduanya dan langsung pergi.

Penasaran, dia mengikuti Mercedes itu. Dan saat mendahului mobil itu, dia melihat keduanya duduk di depan sambil menghitung uang dan tertawa-tawa.

Dia terus membuntuti mereka hingga mobil itu berhenti dan menurunkan kedua pengemis tadi. Perempuan hamil dan bocah itu mengeluarkan plakat dengan tulisan " Tolong Bantu" untuk mengemis lagi.

Banyak yang lewat kasihan dan memberikan uang kepada keduanya. Mengetahui bahwa keduanya pengemis penipu, wanita itu mulai mengambil foto mereka. Dia juga mengambil foto mobil dan sopir saat menjemput kedua pengemis itu lagi.

Jengkel dengan ulah pengemis penipu tersebut, wanita itu menyerahkan foto-foto ke stasiun beita KGTV dan memberikan informasi tentang mereka.

Setelah diselidiki, disebukan bahwa mobil mewah yang dipakai menjemput pengemis itu harganya antara US$51.000 (Rp 662 juta) hingga US$100.000 (Rp 1,2 miliar)

Mobil itu terdaftar atas nama perempuan hamil tadi yang beralamat di apartemen yang harga sewanya US$2.500 (Rp 30 juta) per bulan.

Penelusuran lebih lanjut mengungkapkan bahwa keluarga itu sering pindah-pindah tanpa meninggalkan alamat yang jelas. Polisi kesulitan melacak dan mengidentifikasi keluarga pengemis penipu tersebut. (Ism)

4 dari 4 halaman

Ingin Nikah dengan Saudagar Arab, Gadis Ini Tertipu Rp9 Miliar

Dream - Seorang gadis berkebangsaan Bahrain ditipu 3 juta saudi riyal (Rp9 miliar) oleh pria asal Arab Saudi. Pria Saudi yang mengaku sebagai seorang pangeran dan pengusaha kaya raya.

Gadis Bahrain itu terpaksa gigit jari setelah mengetahui pria itu seorang penipu dan saat ini menjadi buronan di Arab Saudi.

Diberitakan Emirates 24/7, Selasa 20 Mei 2014, si gadis bersedia dinikahi setelah pria Arab Saudi itu mengaku sebagai anggota keluarga kerajaan dan seorang pengusaha. Mereka berniat melangsungkan pernikahan di Bahrain dan akan mengundang pengusaha kaya serta pejabat tinggi setempat.

Beberapa hari sebelum acara pernikahan berlangsung, pria Saudi itu mengirim surat kepada sang gadis, mengatakan ia mungkin tidak bisa melangsung pernikahan karena perusahaannya sedang dalam kesulitan finansial.

Gadis itu pun menawarkan bantuan dengan mengirimkan uang sebesar 3 juta saudi riyal. Namun setelah beberapa waktu, gadis malang itu tidak mendengar kabar dari si pria Saudi. Mengetahui hal ini, keluarga gadis Bahrain itu menghubungi kerabat mereka yang tinggal di Arab Saudi.

Mereka kemudian menemukan kenyataan bahwa pria itu adalah seorang penipu dan telah terlibat dalam kasus yang sama di Arab Saudi dan di negara-negara teluk lainnya.

Kerabat gadis tersebut mengatakan pria itu telah melarikan diri ke Mesir bersama uang yang telah diterimanya dan kini dikabarkan ia tinggal bersama seorang penari balet. (Ism)

Beri Komentar