Syarat dan Cara Vaksinasi Covid-19 untuk Warga Umur 18 Tahun di Jakarta

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Kamis, 10 Juni 2021 12:00
Syarat dan Cara Vaksinasi Covid-19 untuk Warga Umur 18 Tahun di Jakarta
Vaksinasi untuk masyarakat umum 18 tahun ke atas baru akan dilakukan di DKI Jakarta.

Dream - Pemprov DKI Jakarta telah membuka penyelenggaraan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat ibukota yang berusia minimal 18 tahun ke atas. Kepala Bidang Penanganan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia mengatakan vaksinasi hanya dapat diberikan kepada masyarakat yang berdomisili di Ibu Kota.

" Cukup membawa KTP atau surat domisili dari RT atau RW setempat. Kemudian tinggal datang aja ke tempat layanan vaksinasi," katanya dikutip dari merdeka.com, Kamis 10 Juni 2021.

Tempat vaksinasi yang disediakan adalah fasilitas kesehatan yang ada seperti Puskesmas dan  sentra vaksinasi yang telah ditetapkan oleh Dinkes DKI seperti Gedung Olahraga (GOR) atau sekolahan.

Seperti halnya dalam unggahan di akun instagram Puskesmas Pancoran disebutkan bila sentra vaksinasi ada di SMA Percik dan GOR Pengadegan.

Dalam unggahan tersebut juga disebutkan waktu vaksinasi untuk setiap warga berdasarkan kelurahannya. Misal untuk warga Kelurahan Pancoran mulai pukul 08.00-09.00 WIB.

1 dari 3 halaman

Pakai Vaksin AstraZeneca

Sebelumnya, Juru Bicara Vaksinasi dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menyatakan untuk vaksinasi untuk masyarakat umum 18 tahun ke atas baru akan dilakukan di DKI Jakarta.

" Iya baru DKI dulu. Di DKI Jakarta, sudah mulai dan pakai AstraZeneca di awal ini," kata Nadia saat dihubungi Liputan6.com, Rabu, 9 Juni 2021. 

Kementerian Kesehatan secara resmi telah menyetujui pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk usia 18 tahun ke atas di DKI Jakarta. Hal tersebut berdasarkan Surat edaran dari Kemenkes Nomor SR.02.04/II/1496/2021 mengenai Tanggapan atas permohonan persetujuan pelaksanaan vaksinasi di Provinsi DKI Jakarta .

2 dari 3 halaman

Penambahan Kasus di DKI Jakarta

Dalam surat tersebut, dinyatakan bahwa hingga 6 Juni 2021, jumlah positif Covid-19 di Provinsi DKI Jakarta sebesar 435.135 kasus (bertambah 1.019) dengan kasus aktif sebanyak 11.516 (2,6 persen).

Lalu untuk kasus kematian sebanyak 7.438 kasus (bertambah 15 orang), dimana 35 persen kasus positif aktif dengan gejala sedang sampai dengan kritis membutuhkan perawatan rumah sakit.

" Persentase kasus positif di Provinsi DKI Jakarta selama satu pekan terakhir sebesar 7,62 persen (lebih dari 5 persen). Hal ini menunjukkan bahwa transmisi penularan penyakit di Provinsi DKI Jakarta masih cukup tinggi," tulis pernyataan tersebut.

Sumber: merdeka.com

3 dari 3 halaman

Cara Daftar Vaksinasi Covid-19 Bagi Warga DKI yang Berusia 18+

Dream - Kabar gembira bagi Sahabat Dream yang memiliki KTP DKI, kini kamu bisa mendapatkan vaksinasi Covid-19 secara gratis. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), melalui Surat Edaran Kemenkes Nomor SR.02.04/II/1496/2021, menyetujui pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk warga DKI Jakarta berumur di atas 18 tahun.

Cara mendaftar vaksinasi COVID-19 tahap III di DKI Jakarta, menurut dr. Siti Nadia Tarmidzi, juru bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sama seperti vaksinasi untuk lanjut usia (lansia)

" Bisa ke loket.com atau langsung ke PKM atau lewat aplikasi," kata dr. Nadia dikutip dari Liputan6.com, Rabu, 9 Juni 2021.

Akses lainnya lewat https://www.vaksinasiserviam.com. Nantinya, ada jadwal yang bisa dipilih warga.

Untuk hari ini, Rabu, 9 Juni 2021, vaksinasi COVID-19 yang diadakan Sentra Vaksinasi Serviam dilaksanakan di Santa Ursula sejak pukul 08.00 hingga 13.00 WIB

Lebih lanjut dr. Nadia, mengatakan, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 kepada warga 18+ di DKI Jakarta akan menggunakan dua jenis vaksin Corona.

" Awal ini pakai AZ (vaksin AstraZeneca), nanti terus pakai Sinovac," kata Nadia.

Tak perlu khawatir dengan merek vaksin yang diberikan. Baik Sinovac maupun AstraZeneca, menurut dr. Nadia, aman dan efektif.

" Semua vaksin sama baiknya," ungkapnya.

Laporan Aditya Eka/ Sumber: Liputan6.com

Beri Komentar