Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Yang Terjadi Saat Sekolah Online, Anak Berulah Emaknya Pusing

Yang Terjadi Saat Sekolah Online, Anak Berulah Emaknya Pusing Anak Sekolah Onlone Insragram @rensia_sanvira

Dream - Pandemi Covid-19 memaksa banyak kegiatan harus dilakukan di rumah, termasuk belajar mengajar yang dilaksanakan secara online.

Kini, belajar tidak lagi dilakukan dengan tatap muka di kelas. Guru bisa memberikan materi pelajaran dari rumah, sementara para murid bisa menyimak penjelasan bapaka dan ibu guru secara daring. Melalui viideo conference.

Secara teori, cara ini memang sangat mudah diaplikasikan. Guru tinggal menyusun materi, sementara para murid tinggal duduk di depan layar, baik laptop maupun ponsel, mendengarkan penjelasan guru. Asal ada jarinagn internet, semua bisa jalan.

Tapi, tidak semudah itu Ferguso! Jangan dibayangkan semua bisa berjalan lancar seperti teorinya. Praktik di rumah-rumah tempat anak-anak belajar secara daring sangat jauh berbeda dari teori itu.

Bagi kalian yang punya anak dan mendampingi mereka belajar online, pasti punya pengalaman seru. Membuat anak tetap betah di depan layar dan fokus menyimak pelajaran yang disampaikan oleh para guru ternyata tidaklah mudah.

Apalagi bila anak-anak kita masih kecil. Masih masuk sekolah taman kana-kanak. Tentu perlu strategi khusus agar anak kita bisa betah di depan layar. Memang terdengar sepele, namun mengurus perkara ini saja terkadang sudah membuat emak-emak merasa pusing,

Sebab, banyak anak yang tidak betah di depan layar. Umumnya anak-anak sangat suka dengan permainan, Mereka masih dalam usia yang aktif bergerak. Tentu bila dituntut berdiam di depan layar tidaklah betah.

Apalagi, bila materi maupun cara penyampaian sekolah daring kurang menarik. Bisa jadi anak-anak bakal kabur dari depan layar. Itulah sebabnya dibutuhkan kreativitas dari para guru untuk menyusun dan menyampaikan materi secara menarik.

Itulah tantangan para guru dan orangtua murid di zaman pandemi ini.

Bagi kalian yang belum punya buah hati, maupun belum punya pengalaman mendampingi anak sekolah daring, coba singgah ke halaman Instagram @rensia_sanvira. Pada pekan lalu, founder @mamalyfe.id itu mengunggah foto anaknya yang sedang belajar online.

Rensia menampilkan kolase putri cantiknya yang tengah mengikuti pelajaran daring. Saban foto diberi tanda waktu. Dua hingga sepuluh menit.

Pada foto pertama, dua menit awal, anaknya masih anteng. Duduk manis di atas sofa, tangan bersedekap, senyum merekah. Menyimak pelajaran dengan tenang.

Foto ke dua, saat pelajaran sudah berjalan lima menit, si bocah terlihat mulai bosan. Badan mulai rebah, meski mata masih menatap layar.

Dua menit kemudian, si bocah sudah mulai berulah. Kepala tak lagi menghadap layar, bahkan ditutup dengan kain. Sudah tidak peduli pada layar yang memancarkan siaran sang guru.

Pada menit ke sepuluh, sudah tidak terkendali. Bocah itu sudah jungkir balik di atas sofa. Koprol. Kepala di bawah, kaki di atas.

Jika sudah begitu, perlu treatment khusus untuk membuat anak tetap fokus pada pelajaran daring. Mudah? tentu tidak Ferguso!

Bacalah unek-unek Rensia pada unggahan itu. Dia juga pusing tujuh keliling ngatus anak agar tetap betah belajar daring.

"Gini ini lama-lama mamanya enggak kena corona tapi kena sakit jiwa, darah tinggi, stroke semua," tulis dia.

Karakter anak memang bermacam-macam. Ada yang penurut, ada pula yang sudah diatur. Namun, Rensia mengaku anaknya sangat penurut bila sekolah di kelas. Tapi sulit membuatnya nurut saat sekolah online.

"Padahal ini anak kalau sekolah beneran mau nurut tapi kalau dari layar astagaaaaaa," tambah dia.

Rensia pun bertanya-tanya kapan pandemi Covid-19 berakhir, sehingga anaknya bisa kembali masuk sekolah. Dengan demian tidak pusing lagi mendampingi anak belajar online.

"Satu menit rasa satu tahun," tegas dia,

Itu baru anak satu. "Yang punya anak tiga apa kabar kalian???"

Ya, tentu bagi orangtua yang punya anak seusia itu punya pengalaman seru. Bacalah komentar para ibu di kolom unggahan itu. Semua merasa lucu, menggemaskan, kadang sekaligus kesal. Jadi satu.

"Sy yg darah rendah lgs sembuh seketika.. Lgs jd darah tinggi ini kyk nya mom," tulis akun @anneke_liong.

"Anaku 4 .. udh sedikit konslet ci," komentar akun @mamikecebadai.

Akun @fich29 menulis, "Anak saya kabur2an Mom, jadi saya kudu siap2 tangkep kalo dia mau lari sambil teriak bosen Maaaa . Padahal speaker , camera ON."

"OMG ibu peri ajah bisa angkat tangan apalagi kami," tulis akun @cindarchinderella.

"Jangankan seumuran els..anakku yg 9th podo wae..sami mawon...bener2 ga efektif skolah online...mknya thn ajaran ni bener2 home schooling yg guru nya dtg ke rmh private..drpd online terus..tensi emak ga stabil," curhat akun @kezia_sherly.

      View this post on Instagram

Gini ini lama2 mamanya nggak kena corona tapi kena sakit jiwa, darah tinggi, stroke semua ????????????????????????????????????????????????????????. Padahal ini anak kalau sekolah beneran mau nurut tapi kalau dari layar astagaaaaaa ???????? . Kapan ini segera berakhir ya Tuhan???? 1 menit rasa 1 tahun ???????? . Yang punya anak 3 apa kabar kalian??? ????????????

A post shared by Marriage & MamaLyfe, Sharing (@rensia_sanvira) on

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Anak Tak Sengaja Baca Chat Alasan Ibunya Tak Ingin Cerai, Isinya Bikin Warganet Terharu

Anak Tak Sengaja Baca Chat Alasan Ibunya Tak Ingin Cerai, Isinya Bikin Warganet Terharu

Anak tak sengaja lihat pesan singkat ibunya yang berisi alasan tak ingin pisah dari ayahnya. Isi pesan singkat itu membuat warganet terharu.

Baca Selengkapnya
8 Faktor Anak Melakukan Tindak Kekerasan dan Pembullyan, Yuk Ayah Bunda Cari Tahu

8 Faktor Anak Melakukan Tindak Kekerasan dan Pembullyan, Yuk Ayah Bunda Cari Tahu

Fenomena kekerasan dan pembullyan yang dilakukan oleh anak di sekolah merupakan masalah serius yang perlu mendapat perhatian dari berbagai pihak

Baca Selengkapnya
Jangan Biarkan Anak Tak Sarapan, Bisa Turunkan Level Konsentrasinya di Sekolah

Jangan Biarkan Anak Tak Sarapan, Bisa Turunkan Level Konsentrasinya di Sekolah

Sayangnya kegiatan sarapan belum menjadi kebiasaan rutin setiap keluarga di Indonesia.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Seru Banget, Intip Kelas Mengurus Bayi dan 'Menyusui' untuk Para Ayah di Indonesia

Seru Banget, Intip Kelas Mengurus Bayi dan 'Menyusui' untuk Para Ayah di Indonesia

Penting banget nih buat para ayah newbie agar bisa aktif mengurus buah hati.

Baca Selengkapnya
Jangan Biarkan Anak Bergadang, Bisa Picu Masalah Telinga hingga Konsentrasi

Jangan Biarkan Anak Bergadang, Bisa Picu Masalah Telinga hingga Konsentrasi

Begadang bisa menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang pada anak. Ketahui apa saja dampak begadang lainnya.

Baca Selengkapnya
Kocak Banget, Video Ibu Antar Sekolah tapi Anaknya Ketinggalan di Rumah

Kocak Banget, Video Ibu Antar Sekolah tapi Anaknya Ketinggalan di Rumah

Sang anak langsung menanyakan, ke mana ibunya pergi karena merasa bingung.

Baca Selengkapnya