Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Ketua MPR Usul Warga Sipil Diizinkan Pakai Pistol untuk Bela Diri

Ketua MPR Usul Warga Sipil Diizinkan Pakai Pistol untuk Bela Diri Bambang Soesatyo (Merdeka.com)

Dream - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Bambang Soesatyo, meminta Kapolri Jenderal Idham Aziz mempertimbangkan agar masyarakat sipil yang sudah memenuhi syarat diperbolehkan memiliki senjata peluru tajam kaliber 9mm untuk bela diri.

Menurut pria yang karib disapa Bamsoet itu, di dalam Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 18 tahun 2015 diatur jenis senjata api peluru tajam yang boleh dimiliki, yakni dibatasi untuk senapan berkaliber 12 GA dan pistol berkaliber 22, 25, dan 32.

"Sebetulnya di berbagai negara, sudah memperbolehkan menggunakan pistol kaliber 9 mm. Mungkin Kapolri bisa mempertimbangkan merevisi Perkap tersebut," ujar Bambang Soesatyo, dikutip dari Merdeka.com, Minggu 2 Agustus 2020.

Dalam Perkap tersebut disebutkan, ada tiga macam senjata api yang boleh dimiliki untuk bela diri, selain senjata api peluru tajam, ada senjata api peluru karet dan senjata api peluru gas.

Dua jenis senjata yang disebut terakhir itu tidak mematikan, namun tetap berbahaya. Karena itu, peluru karet dan peluru gas dibatasi untuk peluru berkaliber 9 mm. Senjata berkaliber peluru lebih dari itu akan dikatakan ilegal dan wajib diserahkan ke kepolisian.

Bamsoet mengatakan akan menggelar lomba asah kemahiran menembak bagi para pemilik izin khusus senjata api bela diri, yang akan digelar bersama Dewan Pimpinan Pusat Perkumpulan Izin Khusus Senjata Api Beladiri (DPP-PERIKSHA) dan International Defensive Pistol Association Indonesia (IDPA Indonesia).

Lomba itu memperebutkan Piala Ketua MPR RI dan berbagai hadiah lainnya. Menurut dia, lomba itu sangat berbeda dengan lomba kemahiran tembak reaksi dalam naungan International Practical Shooting Confederation (IPSC). Di IPSC, menembak sebagai olahraga, senjata terlihat, dan peserta menggunakan kostum olahraga.

"Sedangkan dalam lomba asah ketrampilan PERIKSHA dan IDPA Indonesia, para peserta yang memiliki izin khusus senjata api akan tampil menggunakan kostum keseharian mereka dengan senjata tak terlihat publik," tambah Bamsoet.

Ia memisalkan, bagi yang sehari-hari biasa memakai jas, dalam lomba juga akan memakai jas. Begitupun dengan yang biasa memakai batik, kemeja maupun style fashion lainnya, dalam lomba akan memakai style-nya masing-masing.

Yang ditekankan dalam lomba nanti, kata dia, lebih pada penggunaan senjata api dengan skenario pada kehidupan sehari-hari (dunia nyata).

Selain bagi para warga sipil yang telah memiliki izin khusus senjata api, lomba juga bisa diikuti personel kepolisian maupun tentara, yang sehari-hari juga membawa senjata.

"Sebelum lomba, para peserta akan dibekali ilmu tentang bagaimana teknik penembakan, teknik bergerak, hingga teknik isi ulang peluru (reload magazine). Dan yang terpenting, tentang keamanan senjata dan arena penembakan. Lebih dari itu, tentunya tentang filosofi pistol sebagai alat membela diri, bukan untuk ajang pamer, gagah-gagahan ataupun menunjukkan kekuatan," kata Bamsoet.

Sumber: Merdeka.com

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Prabowo:

Prabowo: "Tanpa Kekuatan Militer, Indonesia Akan Dilindas seperti di Gaza"

Prabowo Subianto berjanji akan terus menjaga kekayaan Indonesia dengan mengelolanya dengan baik dengan kekuatan pertahanan militer.

Baca Selengkapnya
Megawati Ingatkan Aparat: Hei Polisi, Hei Tentara, Jangan Lagi Intimidasi Rakyatku

Megawati Ingatkan Aparat: Hei Polisi, Hei Tentara, Jangan Lagi Intimidasi Rakyatku

Megawati Soekarnoputri menyerukan perlawanan terhadap pihak-pihak yang mencoba memecah belah bangsa demi melanggengkan kekuasaan.

Baca Selengkapnya
Pesan Prabowo untuk Masyarakat yang Tak Memilihnya: Beri Kami Kesempatan

Pesan Prabowo untuk Masyarakat yang Tak Memilihnya: Beri Kami Kesempatan

Dinyatakan menang pemilu oleh KPU, Prabowo bilang ini ke masyarakat yang tak memilihnya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Detik-detik Siskaeee Dijemput Paksa Polisi usai Mangkir dari Panggilan Penyidik

Detik-detik Siskaeee Dijemput Paksa Polisi usai Mangkir dari Panggilan Penyidik

Tiga kali mangkir dari panggilan penyidik, Siskaeee akhirnya dijemput paksa oleh pihak kepolisian.

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Tips Anak Kos Dapat Makan Gratis dengan Elegan

BUNGKUS! Tips Anak Kos Dapat Makan Gratis dengan Elegan

Sahabat Dream, buat kalian yang anak kost atau lagi tanggal tua, bisa banget ikutin tips ini biar kamu bisa makan gratis. Yuk Simak!

Baca Selengkapnya