Yogyakarta Ubah Nama Jalan, Jawa-Sunda `Berdamai`

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 4 Oktober 2017 10:35
Yogyakarta Ubah Nama Jalan, Jawa-Sunda `Berdamai`
Kang Emil menilai keputusan Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagai keputusan bersejarah.

Dream - Walikota Bandung, Ridwan Kamil, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Dia menilai Sri Sultan telah membuat keputusan bersejarah dengan mengganti nama jalan Ring Road Utara dengan Jalan Siliwangi dan Jalan Pajajaran.

Sebagai penghormatan, Sri Sultan bahkan mengundang Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan dan Kang Emil dalam peresmian nama jalan tersebut.

" Terima kasih kepada Sri Sultan Hamengkubuwono X yang mengundang Gubernur Jawa Barat dan Walikota Bandung, dan telah berkenan memberi keputusan bersejarah dengan resmi memberi nama 2 ruas jalan ring road Yogyakarta dengan nama Jalan PAJAJARAN dan Jalan SILIWANGI," tulis Kang Emil di akun Instagramnya, @ridwankamil, diakses pada Rabu, 4 Oktober 2017.

Kang Emil pun menyebut keputusan itu sebagai langkah rekonsiliasi. Sebab, selama ini terdapat mitos yang menyebut suku Sunda dan Jawa tidak pernah bisa akur.

1 dari 2 halaman

Perdamaian Jawa-Sunda

" Ini menandai rasa perdamaian dan gestur rekonsiliasi kultural antara dua suku bangsa Sunda dan Jawa, yang karena faktor sejarah ratusan tahun, kedua suku ini memiliki kendala psikologis turun temurun," tutur Kang Emil.

Lebih lanjut, Kang Emil pun mengganti ucapan terima kasih yang selalu dia haturkan dalam bahasa Sunda, hatur nuhun, dengan bahasa Jawa, Matur Nuwun. Kang Emil pun berharap ke depan dua suku ini dapat bersama membangun masa depan Nusantara.

" Matur Nuwun. Yogyakarta memang istimewa. Saking istimewanya hanya Jawa Barat ada toserba Yogya," tutup Kang Emil.

Nama jalan di simpang Jombor resmi berganti mulai Selasa, 3 Oktober 2017. Baru tahun ini, nama Sunda seperti Siliwangi dan Pajajaran diabadikan sebagai nama jalan di Yogyakarta.

2 dari 2 halaman

Berikut Unggahan Kang Emil

 

Terima kasih kepada Sri Sultan Hamengkubuwono X yang mengundang Gubernur Jawa Barat dan Walikota Bandung, dan telah berkenan memberi keputusan bersejarah dengan resmi memberi nama 2 ruas jalan ring road Yogyakarta dengan nama Jalan PAJAJARAN dan Jalan SILIWANGI. _______. Ini menandai rasa perdamaian dan gestur rekonsiliasi kultural antara dua suku bangsa Sunda dan Jawa, yang karena faktor sejarah ratusan tahun, kedua suku ini memiliki kendala psikologis turun temurun. Semoga dengan ini kita fokus bersama membangun masa depan Nusantara. Matur Nuwun. Yogyakarta memang istimewa. Saking istimewanya hanya Jawa Barat ada toserba Yogya.

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil) on

Sontak, unggahan tersebut mendapat 102.652 likes dari para pengguna Instagram. Selain itu, ada 1.220 komentar menghiasi unggahan tersebut.

"Hatur nuhun kang emil... TertheBest!!" tulis akun @grandkepatihan.

"Ringroad Jogja pun menjadi Siliwangi - Pajajaran. NUSANTARA ABADI," tulis akun @benedict.acs.

"Mungkin nanti di Bandung bisa ada Jalan Gajah Mada," tulis pemilik akun @yesi.ind.

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya