Zakir Naik Gelar Safari Dakwah di 6 Kota Indonesia

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 14 Maret 2017 15:02
Zakir Naik Gelar Safari Dakwah di 6 Kota Indonesia
Zakir Naik akan berkeliling ke beberapa kota Indonesia selama 10 hari dari tanggal 1 hingga 10 April 2017.

Dream - Pendakwah asal India, Zakir Abdul Karim Naik, akan menggelar safari di Indonesia. Safari dakwah di enam kota dengan tema 'Zakir Naik Visit Indonesia 2017' ini berlangsung selama 10 hari, mulai 1 hingga 10 April.

" Insya Allah, Dr Zakit Naik akan melakukan safari dakwah di Indonesia selama sepuluh hari," ujar Ketua Humas Panitia Zakir Naik Visit Indonesia 2017, Budhi Setiawan, melalui keterangan tertulis diterima Dream, Selasa 14 Maret 2017.

Budhi mengatakan, ceramah Zakir Naik nanti akan dikemas dengan konsep dua arah. Hadirin diperkenankan melakukan tanya jawab usai Zakir Naik menyampaikan ceramah.

" Model penyampaiannya ceramah baisa dilanjutkan dengan tanya jawab, bukan debat," kata Budhi.

1 dari 2 halaman

Jadwal dan Rute Dakwah Zakir Naik

Safari dakwah ini akan dibuka dengan ceramah istri Zakir, Fahat Naik, di Masjid Kota Wisata Cibubur, Bogor pada Sabtu, 1 April 2017. Ustazah ini akan berceramah khusus kepada 2.500 Muslimah.

" Peserta khusus Muslimah. Berlangsung pada pukul 08.00-11.00 WIB," kata Budhi.

Keesokan harinya, Minggu, 2 April 2017, Zakir Naik berceramah di Auditorium Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Jawa Barat, pada pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. Di hadapan peserta yang diperkirakan akan mencapai 10 ribu, Zakir Naik akan menyampaikan tema 'Da'wah or Destruction' (Dakwah atau Penghancuran).

Senin 3 April 2017, Zakir Naik akan menyampaikan ceramah di hadapan 15 ribu hadirin di Auditorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pukul 0800-12.00 WIB. Di hari tersebut, tema yang dibawakan adalah 'Misconception of Islam' (Kesalahpahaman tentang Islam).

Dua hari kemudian atau pada Rabu, 5 April 2017, Zakir Naik dijadwalkan berceramah di Auditorium Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo, Jawa Timur, pukul 08.00-12.00 WIB. Tema ceramah yang akan disampaikan di hadapan 10 ribu hadirin adalah 'Religion in Right Perspective' (Agama dalam Perspektif yang Benar).

Sesudah di Gontor, Zakir Naik akan berceramah di Stadion Patriot, Bekasi, Jawa Barat pada Sabtu, 8 April 2017 pukul 19.00-24.00 WIB. Zakir Naik akan menyampaikan tema 'Similarity Between Islam and Christianity' (Persamaan Antara Islam dengan Kristiani) di hadapan pengunjung yang diperkirakan akan mencapai 40 ribu.

Sedangkan untuk penutupan, Zakir Naik akan berceramah di Auditorium Universtias Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, pada Senin, 10 April 2017, pukul 08.00-12.00 WITA. Tema yang disampaikan di hadapan pengunjung yang ditaksir akan mencapai 10 ribu ini adalah 'Quran and Modern Science' (Quran dan Sains Modern).

" Kami mohon doa umat Islam di Indonesia supaya semua proses dan persiapan berjalan baik dan lancar," kata Budhi.

2 dari 2 halaman

Alasan Gontor Undang Zakir Naik

Universitas Darussalam Gontor menjadi salah satu tempat yang didatangi Zakir Naik. Ketua Pelaksana International Public Lecture Universitas Darussalam Gontor, Dr Muhammad Kholid Muslih, mengatakan, alasan pihaknya mengundang Zakir Naik untuk berceramah.

" Kedatangan Dr Zakir Naik diyakini Gontor bisa memberikan wawasan dan cakrawala baru serta dapat membangun pola pikir umat yang lebih global dan terbuka," kata Kholid.

Kholid mengatakan, Zakir Naik merupakan tokoh dunia yang mampu menjelaskan Islam secara sistematis, jelas, ilmiah, serta santun.

" Hal ini sangat penting untuk menjawab pelbagai tuduhan miring tentang Islam yang diarahkan oleh media-media mainstream dunia," ucap Kholid.

Sementara bagi Gontor, kata Kholid, kehadiran Zakir Naik dapat menumbuhkan motivasi dan semangat pada sivitas akademika untuk mengembangkan kajian Islam, terutama bidang perbandingan agama.

" Kedatangan Zakir Naik ke Gontor akan memberikan spirit dan semangat serta pencerahan baru untuk pengembangan studi dan kajian-kajian bidang ini di masa akan datang," kata Kholid yang juga pengajar Program Doktoral Akidah dan Filsafat Islam Universitas Darussalam Gontor.

Beri Komentar