Ahli Kasus Jessica Beri Keterangan di Sidang Ahok

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Selasa, 14 Maret 2017 10:35
Ahli Kasus Jessica Beri Keterangan di Sidang Ahok
Edward Omar Sharif Heariej diajukan sebagai ahli oleh tim kuasa hukum Ahok.

Dream - Sidang kasus dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dijadwalkan mendengarkan keterangan lima saksi serta ahli. Namun, belum bisa dipastikan apakah para saksi dan ahli yang dihadirkan Ahok itu bisa hadir atau tidak.

" Kita berharap mereka yang dipanggil tidak berhalangan," kata Humas Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Hasoloan Sianturi, saat dikonfirmasi, Selasa 14 Maret 2017.

Salah satu ahli yang dihadirkan adalah pakar hukum pidana dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Edward Omar Sharif Hiariej. Ahli ini pernah diajukan oleh Jaksa dalam persidangan kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso.

Empat saksi lain berasal dari Bangka Belitung. Mereka adalah dua Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Bangka Belitung, Juhri dan Ferry Lukmantara, seorang sopir asal Belitung Timur, Suyanto, serta teman Sekolah Dasar (SD) Ahok, Fajrun, asal Belitung Timur.

1 dari 1 halaman

Alasan Hadirkan Saksi dari Bangka Belitung

Tim kuasa hukum terdakwa dugaan penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menghadirkan beberapa saksi asal Bangka Belitung. Para saksi ini dianggap cukup mengenal pribadi Ahok, sehingga keterangan mereka digunakan untuk meringankan.

" Hari ini kita akan menghadirkan saksi yang meringankan yaitu Pak Juhri, Pak Suyanto dan Pak Fajrun. Ini ada teman Pak Basuki saat SD, ada masyarakat sana yang tahu kehidupan Pak Basuki," kata salah satu kuasa hukum Ahok, Teguh Samudra di Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa 14 Maret 2017.

Teguh berujar, para saksi itu nantinya akan menjelaskan bagaimana kehidupan Ahok sejak kecil yang dibesarkan di lingkungan Muslim.

" Yang mau diterbangkan ini bagaimana kehidupan sehari-hari Pak Basuki di sana, sehingga jangan sampai dianggap melakukan penodaan agama. Padahal sejak awal dia sudah ada panduan dalam kehidupannya," ucap dia.

Beri Komentar