Keutamaan Mendidik Anak Perempuan

Reporter : Maulana Kautsar
Jumat, 26 Januari 2018 08:00
Keutamaan Mendidik Anak Perempuan
Didiklah anak perempuan yang kau miliki.

Dream - Memiliki anak perempuan kerap diidentikan dengan kesulitan mendidik dan menjaganya dari lingkungan yang buruk. Tetapi, dalam Islam, memiliki anak perempuan dapat mendekatkan diri pada surga.

Nabi Muhammad SAW menerangkan beberapa syarat yang harus dipenuhi orang yang ingin masuk surga, yaitu berbuat baik terhadap anak perempuan.

Apa alasannya sampai Islam lebih perhatian pada pendidikan anak perempuan?

Dikisahkan sebagian orang kurang suka dengan anak perempuan, seperti pada masa jahiliyah, sebelum Islam. Kisah itu tertuang dalam Surat An Nahl ayat 58.

“ Dan apabila seseorang dari mereka diberi kabar dengan (kelahiran) anak perempuan, hitamlah (merah padamlah) mukanya, dan dia sangat marah.”

Selain itu, disebut-sebut bahwa nafkah yang diberikan pada perempuan lebih banyak. Disebut juga bahwa anak perempuan akan lebih susah dididik.

Tetapi, dengan memberi pendidikan yang baik pada anak perempuan, maka suatu saat nanti, perempuan itu akan menjadi pendidik yang baik di rumahnya.

Diterangkan dalam hadis, dari Anas bin Malik, Nabi Muhammad SAW berkata,

“ Siapa yang mendidik dua anak perempuan hingga ia dewasa, maka ia akan datang pada hari kiamat dalam keadaan aku dan dia ” Lantas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mendekatkan jari jemarinya. (HR. Muslim no. 2631).

Meski begitu, yang perlu diketahui, baik laki-laki dan perempuan di mata Allah sama saja, yang membedakan adalah tingkat ketakwaannya.

Simak selengkapnya di sini.

Beri Komentar
Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham