CONNECT WITH US!

Dampak Buruk Suami Bersumpah Tak Gauli Istri, Hati-hati!

Reporter : Ahmad Baiquni | Jumat, 12 Januari 2018 08:00
Sumber Foto: Shutterstock
Ilaa' adalah sumpah seorang suami untuk tidak menggauli istrinya.

Dream - Kondisi rumah tangga tidak selamanya tenang. Ada kalanya, suami istri terlibat pertengkaran karena masalah tertentu.

Banyak kasus pertengkaran yang terjadi sampai di ambang batas kesabaran. Kemudian, sang suami marah besar lalu memutuskan untuk meng-ilaa' istrinya.

Para ulama menganjurkan sebisa mungkin hal itu tidak terjadi. Ini karena dapat berdampak buruk pada istri.

Sang istri akan merasa serba salah ketika suami sudah menyatakan ilaa'. Dalam kondisi seperti ini, sang suami tidak memperlakukan istri sebagaimana istrinya.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan ilaa'?

Dalam bahasa Arab, istilah ilaa' bermakna kelebihan. Tetapi, dalam kajian fikih, ilaa' adalah sumpah seorang suami untuk tidak menggauli istrinya.

Ilaa' memang dibolehkan dalam Islam. Tetapi, ada batasan sampai kapan ilaa' berlaku, seperti dijelaskan dalam Surat Al Baqarah ayat 226.

Kepada orang-orang yang meng-ilaa' istrinya diberi tangguh empat bulan, kemudian dia kembali kepada istrinya, maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Saat ilaa' dijatuhkan suami, maka istri tidak bisa disetubuhi tetapi tidak diceraikan. Kondisi ini bisa membuat istri menderita jika berjalan terlalu lama.

Selengkapnya baca di sini...

Destinasi wisata baru 2018 di Indonesia