CONNECT WITH US!

Unggah Keluhan di Media Sosial, Bagaimana Hukumnya?

Reporter : Ahmad Baiquni | Kamis, 11 Januari 2018 12:00
Unggahan berisi keluhan mengenai kehidupan pribadi dan sebagainya kerap kita temukan di media sosial.

Dream - Keberadaan media sosial sudah menjadi bagian dari masyarakat kekinian. Hal ini didukung dengan semakin canggihnya teknologi internet dan komunikasi.

Banyak akun di media sosial yang mengunggah berbagai macam celotehan. Ada yang serius, candaan, sampai keluhan kehidupan pribadi.

Terkadang, membaca keluhan itu membuat kita menjadi iba. Tetapi, tanpa sadar di pengunggah telah membuka kondisi yang terjadi di kehidupan pribadinya sehingga bisa diketahui banyak orang.

Lantas, bagaimana hukumnya mengeluh di media sosial?

Dikutip dari laman Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah, perkara penggunaan media sosial sebenarnya tidak terdapat dalilnya baik dalam Alquran maupun Assunah. Sehingga, hukum asalnya adalah mubah atau boleh, selama tidak ada dalil yang melarangnya.

Hal ini sesuai dengan kaidah yang dianut dalam fikih berikut.

" Hukum asal dari segala sesuatu adalah mubah kecuali ada dalil yang menunjukkan keharamannya."

Serta kaidah mengenai penggunaan alat berikut.

" Hukum alat tergantung pada hukum maksud digunakannya alat tersebut."

Dalam hal ini, media sosial tergolong alat sehingga tidak bisa dihukumi. Hukum baru bisa ditetapkan pada tindakan dalam menggunakan media sosial tersebut.

Sehingga, apabila media sosial digunakan untuk kepentingan yang baik maka dibolehkan. Sebaliknya, menjadi haram penggunaan media sosial untuk tujuan yang buruk.

Terkait dengan unggahan berisi keluhan, hal ini termasuk perbuatan buruk meskipun merupakan sifat bawaan manusia. Tetapi, keluhan yang ditujukan kepada Allah tidak termasuk dalam hal ini.

Meski demikian, keluhan kepada Allah hanya ditujukan pada Allah semata. Sifatnya pun intim antara seorang hamba dengan Tuhannya.

Dengan demikian, mengunggah keluhan di media sosial sehingga bisa dibaca banyak orang sangatlah tidak patut. Dalam Surat Yusuf ayat 86, Allah SWT berfirman tentang Nabi Yaqub AS.

Ya’qub menjawab, " Sesungguhnya hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku, dan aku mengetahui dari Allah apa yang kamu tiada mengetahuinya" .

Selengkapnya...

5 Jenis Kuas Maskara, Melentikan Hingga Menambah Volume