Didi Petet, Kabayan, dan Cinta Mati untuk Nyi Iteung

Reporter : Eko Huda S
Jumat, 15 Mei 2015 12:15
Didi Petet, Kabayan, dan Cinta Mati untuk Nyi Iteung
Peran sebagai Kabayan juga sukses dia bawakan. Nama Didi Petet bahkan kemudian diidentikkan dengan karakter pemuda lugu asal Sunda itu.

Dream - Aktor kawakan tanah air, Didi Petet, meninggal dunia, Jumat 15 Mei 2015. Pria bernama lengkap Didi Widiatmoko ini meninggal dalam usia 58 tahun.

Ketertarikan Didi dalam dunia teater telah terlihat sejak di bangku SMA. Jalan menuju dunia akting semakin terbuka saat dia berkenalan dengan Harry Roesli.

Karir profesional pria kelahiran Surabaya, 12 Juli 1956 ini , dimulai saat membintangi film berjudul Semua Karena Ginah. Dua tahun berselang dia didaulat menjadi pemeran pembantu dalam drama remaja “ Cinta Anak Zaman”.

Melalui drama remaja yang dibintangi Paramitha Rusady dan Donny Damara itulah nama Didi mulai melambung. Didi kemudian berani membawakan karakter “ nyeleneh” dengan berperan sebagai Emon dalam film “ Catatan Si Boy” pada 1987.

Meski pria tulen, Didi ternyata sukses membawakan karakter Emon yang kebanci-bancian. Nama Didi pun semakin berkibar di dunia perfilman tanah air. Dia bahkan dinobatkan sebagai Pemeran Pembantu Terbaik dalam Festival Film Indonesia tahun 1988.

Didi Petet memang dikenal sebagai aktor yang lihai menghidupkan setiap karakter yang diperankan. Di penghujung dekade 1980-an, namanya kembali berkibar dengan perannya sebagai Kabayan dalam film “ Kabayan Saba Kota”.

Peran sebagai Kabayan juga sukses dia bawakan. Nama Didi Petet bahkan kemudian diidentikkan dengan karakter pemuda lugu asal Sunda itu. Si Kabayan yang cinta mati dengan pada Nyi Iteung. Namun, cinta itu harus mendapat tantangan dari Abah, ayah dari Nyi Iteung yang terkenal galak.

Namun, sosok Kabayan tak pernah kehilangan cara untuk mendekati Iteung. Dengan karakter lugu dan kocak, Didi Petet menuai banyak pujian dalam membawakan sosok Kabayan ini.

Film “ Kabayan” benar-benar sukses. Tak hanya “ Si Kabayan Saba Kota” yang rilis tahun 1989 saja. Film-film yang menampilkan sosok Kabayan kembali dibuat tahun 1991 dengan judul “ Si Kabayan dan Anak Jin” pada 1991, “ Si Kabayan Saba Metropolitan” setahun kemudian.

Kemudian “ Si Kabayan Cari Jodoh” tahun 1994, dan “ Kabayan Jadi Milyuner” pada 2010. Dalam film “ Kabayan Jadi Milyuner”, Didi Petet tak berperan sebagai Kabayan, melainkan menjadi “ Abah” ayah dari “ Iteung”.

Saat dunia film tanah air lesu, Dedi juga turut meramaikan dunia sinetron di berbagai stasiun televisi swasta. Sejak berkarier di dunia film, Didi Petet tercatat sudah bermain dalam puluhan film. Selain itu, juga banyak sinetron yang dia bintangi. Selamat jalan Didi, semoga tenang di sisi-Nya.....

Beri Komentar