Bukan Bulan Rasul Hijrah, Mengapa Muharram Jadi Awal Hijriah?

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 20 September 2018 09:01
Bukan Bulan Rasul Hijrah, Mengapa Muharram Jadi Awal Hijriah?
Hijrah Rasulullah terjadi pada bulan Rabiul Awwal.

Dream - Umat Islam memiliki sistem penanggalan Hijriah yang salah satu fungsinya adalah untuk patokan ibadah. Kalender ini disusun berdasarkan sistem peredaran bulan.

Kalender Hijriah ditetapkan sebagai sistem penanggalan resmi ketika Umar bin Khattab RA menjabat sebagai khalifah selama dua tahun. Kala itu, kalender ini sudah berjalan selama 16 tahun.

Ini karena Umar, dengan persetujuan para sahabat, menetapkan peristiwa hijrah Rasulullah Muhammad SAW dari Mekah ke Yatsrib (sekarang Madinah) sebagai tahun pertama. Bukan saat Rasulullah lahir atau diangkat sebagai nabi.

Sementara, peristiwa hijrah tersebut terjadi pada Rabiul Awwal. Lantas, mengapa Muharram jadi bulan pertama tahun Hijriah?

 

1 dari 1 halaman

Ini Penjelasannya

Dikutip dari bincangsyariah, hal ini dibahas oleh Ibnu Hajar Al Asqalani dalam kitab Fathul Bari. Menurut Ibnu Hajar, Rasulullah memang berhijrah pada Rabiul Awwal, namun semangatnya sudah muncul sejak Muharram.

" Dan sungguh mereka (Rasulullah SAW dan sahabat) mengakhirkannya (tanggal hijrah) dari (yang seharusnya) bulan Rabiul Awwal ke bulan Muharram karena sesungguhnya permulaan tekad untuk hijrah itu di bulan Muharram. Ketika itu baiat (janji setia kepada Nabi SAW) sudah terjadi di tengah bulan Dzulhijjah. Dan inilah pendahuluan adanya niat hijrah. Dan awal bulan setelah baiat mulailah adanya tekad yang kuat untuk hijrah pada bulan Muharram. Oleh karena itulah bulan Muharam dijadikan sebagai penisbatan awal tahun Hijriah. Dan inilah pendapat yang kuat, saya menetapkannya penisbatan awal bulan Hijriah dengan bulan Muharam."

Inilah mengapa Muharram dijadikan bulan pertama di tahun Hijriah. Sebab, pada Muharram, Rasulullah sudah bertekad untuk hijrah.

Tetapi, hijrah baru terlaksana pada Rabiul Awwal. Tepatnya dua bulan setelah.

Selengkapnya...

Beri Komentar