Sholat dalam Sejarah Para Nabi

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 30 Januari 2018 17:00
Sholat dalam Sejarah Para Nabi
Sholat merupakan syariat wajib bagi umat Islam.

Dream - Sholat merupakan ibadah wajib bagi umat Islam. Perintah ibadah ini diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad dalam peristiwa Isra' Miraj.

Dalam satu hari, umat Islam wajib melaksanakan lima kali sholat yaitu Subuh, Zuhur, Asar, Maghrib, dan Isya'. Semua dijalankan dalam satu hari satu malam.

Rupanya, ibadah sholat bukanlah pertama kali dikerjakan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Sholat sudah dikerjakan oleh para nabi sebelumnya, bahkan sejak Nabi Adam AS.

Hal ini dijelaskan oleh Syeikh An Nawawi Al Bantani dalam kitabnya Sullam Al Munajat Syarah Safinah Ash Shalat.

Sholat subuh pertama kali dilakukan oleh Nabi Adam AS. Ketika diturunkan dari surga dan mengetahui begitu gelapnya malam di bumi, Nabi Adam ketakutan.

Begitu fajar muncul, Nabi Adam sholat dua rakaat. Dua rakaat pertama sebagai syukur karena masih diberi keselamatan dari malam. Rakaat ke dua sebagai ungkapan syukur atas kembalinya cahaya.

Sholat Zuhur pertama kali dikerjakan oleh Nabi Ibrahim AS usai menyembelih kambing kurban penganti anaknya, Ismail. Saat melaksanakan perintah Allah SWT untuk menyembelih Ismail, Nabi Ibrahim melakukannya ketika matahari mulai tergelincir.

Nabi Ibrahim menjalankan sholat dalam empat rakaat. Rakaat pertama sebagai ungkapan syukur atas digantinya Ismail dengan kambing. Rakaat ke dua sebagai syukur atas hilangnya semua kesedihan.

Rakaat ke tiga bentuk pengharapan kepada Allah. Dan rakaat keempat syukur karena mendapatkan kenikmatan berupa domba yang merupakan milik Habil bin Adam.

Sholat Asar pertama kali dikerjakan oleh Nabi Yunus saat keluar dari perut ikan paus. Ketika keluar dari perut ikan, waktu sedang Asar. Sebelumnya, Nabi Yunus mengalami beberapa kegelapan yaitu kegelapan perut ikan, kegelapan dalamnya lautan, kegelapan malam.

Begitu keluar dari perut ikan, Nabi Yunus mendirikan sholat Asar. Sholat ini merupakan perwujudan rasa syukur atas keselamatannya dari kegelapan.

Sholat Maghrib pertama kali dikerjakan oleh Nabi Isa AS. Ketika keluar dari kaumnya, waktu menunjukkan saat Maghrib. Nabi Isa kemudian melaksanakan sholat tiga rakaat sebagai bentuk peniadaan tuhan selain Allah SWT.

Sholat Isya' pertama kali dikerjakan Nabi Musa AS. Suatu hari, Nabi Musa tersesat saat di perjalanan dari Madyan. Saat itu, Nabi Musa mengalami empat kesedihan yaitu kesedihan atas istrinya, kesedihan atas Nabi Harun AS, kesedihan atas putra-putranya, dan kesedihan atas kekuasaan Fir'aun.

Allah SWT menyelamatkan Nabi Musa di waktu Isya'. Kemudian, Nabi Musa menjalankan sholat empat rakaat sebagai ungkapan syukur atas hilangnya kesedihan yang dialami.

Selengkapnya...

Beri Komentar