Pesan Rasulullah Usai Sholat Gerhana

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 29 Januari 2018 20:01
Pesan Rasulullah Usai Sholat Gerhana
Di masa Rasulullah, banyak yang mengaitkan gerhana dengan kematian Ibrahim.

Dream - Di masa Rasulullah Muhammad SAW pernah terjadi gerhana. Rasulullah pun mengajarkan Umat Islam untuk berjemaah menjalankan sholat sunah gerhana.

Kala itu, banyak yang mengaitkan fenomena gerhana dengan kematian Ibrahim, putra kesayangan Rasulullah. Rasulullah membantah dengan mengatakan gerhana itu tidak ada hubungannya dengan kehidupan ataupun kematian siapapun.

Rasulullah pun mengingatkan gerhana hanyalah fenomena alam biasa yang terjadi karena kehendak Allah SWT. Rasulullah lalu berpesan, seperti dalam riwayat Bukhari dan Muslim.

Apabila kalian mendapati fenomena ini (gerhana), ingatlah Allah.

Cara terbaik mengingat Allah adalah dengan sholat. Sehingga, hal inilah yang menjadi dasar kesunahan sholat gerhana.

Ada perbincangan menarik antara Rasulullah dengan para sahabat usai melaksanakan sholat gerhana. Obrolan itu tercantum dalam kitab Shahih Muslim, dari Ibnu Abbas yang mengikuti sholat tersebut.

" Wahai Rasulullah, kami melihat engkau sepertinya mendapatkan sesuatu di tempat Anda berdiri ini. Kami juga melihat Anda menahan kedua tangan?” tanya sahabat.

" Sesungguhnya aku melihat surga. Aku mendapati satu tandan darinya. Sekiranya kuambil, niscaya kalian akan memakannya selama dunia ini berputar. Aku juga melihat neraka, sebuah pemandangan mengerikan yang belum pernah kusaksikan sebelumnya. Kulihat kebanyakan penghuninya adalah kaum wanita," kata Rasulullah SAW.

" Apa sebabnya?"

" Lantaran kekufuran mereka," jawab Rasul.

" Apakah mereka kufur kepada Allah?"

" Mereka kufur terhadap suaminya dan mengingkari kebaikannya. Andaikan kalian berbuat baik kepada salah seorang di antara mereka sepanjang zaman, lalu dia mendapati satu kekuranganmu, ia akan mengatakan, 'Saya belum pernah melihat kebaikanmu sama sekali'," kata Rasul.

Selengkapnya...

(ism) 

Beri Komentar