Hai Pemuda, Beginilah Cara Rasulullah Isi Masa Muda!

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 26 Januari 2018 15:01
Hai Pemuda, Beginilah Cara Rasulullah Isi Masa Muda!
Sama seperti pemuda seusianya, Rasulullah pun ingin mengikuti gaya hidup tapi....

Dream - Kaum muda identik dengan jiwa yang bersemangat dan tubuh yang selalu energik. Di fase ini, seseorang punya banyak potensi yang besar untuk membuat perubahan.

Sayangnya, banyak kaum muda yang lebih tertarik dengan kegiatan senda gurau. Bahkan ada yang menyombongkan diri berbekal harta orangtuanya.

Ada baiknya kita menengok masa muda Rasulullah Muhammad SAW. Ini bisa menjadi cermin dan tolok ukur bagaimana kaum muda melewati masanya.

Rasulullah adalah manusia dengan etos kerja yang tinggi. Semasa muda, Rasulullah menghabiskannya untuk bekerja.

Sebelum menikah dengan Khadijah, setidaknya ada dua pekerjaan yang dijalani Rasulullah, penggembala kambing dan berdagang. Dalam hadis riwayat Bukhari, Rasulullah bersabda mengakui pernah menjadi penggembala kambing.

Dari Abu Hurairah RA berkata, Rasulullah SAW bersabda, " Tidaklah Allah mengurus seorang nabi, melainkan (sebelumnya berprofesi) sebagai penggembala kambing." Mendengar jawaban Nabi, sahabat bertanya, " Apa engkau juga?" " Ya. Dulu aku menggembala kambing pendududk Mekah dengan upah sejumlah uang."

Profesi mengembala kambing ternyata membawa dampak sendiri bagi Rasulullah. Selain berlatih mandiri, menggembala kambing ternyata cara Rasulullah belajar memimpin umat manusia.

Hal ini seperti penjelasan Ibnu Hajar Al 'Asqalani dalam kitab Fathul Bari.

" Hikmah diilhaminya para nabi menggembala kambing sebelum diutus menjadi nabi karena (supaya mereka pengalaman sebelum mengurus umat)."

Sedangkan profesi berdagang dijalani Rasulullah sejak berusia 12 tahun. Dalam catatan sejarah, Rasulullah pernah diajak pamannya berdagang ke Negeri Syam.

Saat berusia 25 tahun, Rasulullah menjadi pengelola bisnis internasional Khadijah. Sebagai seorang pengusaha, Rasulullah dikenal ulet, hingga membuat Khadijah jatuh hati.

Sebenarnya, Rasulullah di masa muda memiliki karakter yang sama dengan anak muda lainnya. Rasulullah juga punya keinginan mengikuti tren yang sedang hits zaman itu, namun selalu dijaga oleh Allah SWT sehingga urung melakukannya.

Dalam sebuah riwayat disebutkan Rasulullah pernah berjanji kepada teman sesama penggembala kambing untuk menyaksikan hiburan usai bekerja. Tetapi, Allah SWT selalu membuat Rasulullah terlelap sehingga tidak bisa melihat hiburan. Akhirnya, Rasulullah tidak pernah mau pergi ke tempat hiburan.

Selengkapnya...

Beri Komentar