Doa untuk Anak Baru Lahir Perempuan dan Laki-laki Agar Berakhlak Mulia

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 7 September 2022 06:00
Doa untuk Anak Baru Lahir Perempuan dan Laki-laki Agar Berakhlak Mulia
Saat bayi baru lahir, orang tua disunahkan membacakan adzan dan doa untuknya.

Dream - Kebanyakan pasangan yang sudah menikah pasti menginginkan buah hati untuk meneruskan keturunan. Ketika seorang anak lahir ke dunia akan disambut perasaan bahagia yang menyelimuti keluarga besar.

Sebagai ungkapan kebahagian atas bayi yang telah lahir dengan selamat, setiap umat Islam dianjurkan membaca doa untuk anak yang baru lahir sekaligus rasa syukur kepada Sang Pencipta.

Membaca doa untuk anak yang baru lahir merupakan perbuatan yang mulia di sisi Allah SWT. Sahabat Rasulullah yang juga periwayat hadist, Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, berkata, " Tidak ada sesuatu yang lebih mulia di sisi Allah daripada doa."

Saat bayi baru lahir, orang tua disunahkan membacakan adzan dan doa untuknya. Berikut bacaan doa untuk anak yang baru lahir baik perempuan maupun laki-laki.

1 dari 4 halaman

Doa untuk Anak Baru Lahir

Anak merupakan anugerah dari Allah yang harus dijaga dan dikasihi. Selain itu, kaum Muslim dianjurkan membacakan doa untuk anak yang baru lahir. Bacalah doa berikut ini saat kamu menjenguk bayi yang baru dilahirkan:

Barakallahu laka fil mauhubi laka wasyakartal-wahiba wa balagha asyuddahu wa ruziqta birrohu

Artinya:

“ Keberkahan bagimu atas anugerah yang telah diberikan padamu. Kamu bersyukur pada Sang Pemberi sebab telah sampailah kesenangan dari-Nya dan (semoga) diberikan rizki atas kebaikannya-Nya.”

Ilustrasi© Unsplash.com

Orang tua si bayi yang mendengarkan bacaan doa itu dari orang lain, sebaiknya menjawabnya dengan doa yang baik pula. Berikut jawaban doa orang tua si bayi:

Barrakallahu laka wa baraka 'alaika wa jazakallahu khairan wa razaqallahu mitslahu au ajzalallahu tsawabaka

Artinya:

“ Semoga kamu diberkahi Allah, semoga keberkahan Allah tercurah kepada dirimu, semoga Allah membalas segala kebaikanmu, semoga Allah memberikan rizki dan menyegerakan pahala bagimu.”

 

2 dari 4 halaman

Doa Anak Baru Lahir Perempuan

Apapun jenis kelaminnya, kita patut bersyukur dengan kelahiran jabang bayi. Rasulullah SAW mengajarkan bacaan doa untuk anak yang baru lahir, baik berjenis kelamin laik-laki maupun perempuan. Berikut bacaan doanya:

U’iidzuki bikalimaatillahit tammati min kulli syaithanin wa hammatin wa min kulli ‘ainin lammah

Artinya:

“ Aku memohon pelindungan dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari godaan setan, binatang beracun mematikan, dan dari segala pandangan mata yang membawa kejelekan, keburukan, ataupun bahaya.”

3 dari 4 halaman

Doa untuk Anak Baru Lahir Lainnya

Bayi yang baru lahir biasanya akan kebanjiran doa-doa baik. Orang-orang terdekat akan mendoakan agar bayi tersebut tumbuh menjadi anak yang saleh atau salehah. Agar anak menjadi saleh, bacakan doa berikut ini saat menjenguk bayi yang baru lahir:

Allahummaj‘al awladana awladan sholihiin haafizhiina lil qur’ani wa sunnati fuqaha fiddin mubarokan hayatuhum fid-dun-ya wal akhirah

Artinya:

“ Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang sholeh sholehah, termasuk orang-orang yang hal Al-Qur’an maupun Sunnah, orang-orang yang paham dalam agama, sehingga dibarokahi kehidupan mereka di dunia dan akhirat.”

4 dari 4 halaman

Doa untuk Anak Baru Lahir agar Bertakwa

Doa-doa yang baik pantas dipanjatkan kepada anak-anak yang baru lahir. Salah satunya doa agar anak senantiasa beriman dan bertakwa kepada Allah SWT selama hidupnya. Berikut bacaan doanya seperti dikutip dari Surat Al-Furqan ayat 74:

Rabbana hablana min azwajina wa dzurriyatina qurrota a’yun waj’alna lil muttaqina imama

Artinya:

“ Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kami, isteri-isteri kami, dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikan kami imam bagi orang-orang bertaqwa.”

Itulah kumpulan doa untuk anak yang baru lahir, baik perempuan maupun laki-laki. Bayi lahir ke dunia dalam keadaan suci, sudah sepantasnya kita memberikan doa-doa terbaik untuknya.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More