Doa yang Penting Dibaca untuk Anak Perempuan Kesayangan

Reporter : Mutia Nugraheni
Minggu, 23 Oktober 2022 18:01
Doa yang Penting Dibaca untuk Anak Perempuan Kesayangan
Anak perempuan bisa menjadi penghalang bagi ayahnya dari api neraka.

Dream - Doa tulus dari orangtua untuk anak-anaknya merupakan kekuatan luar biasa. Bisa menjadi pelindung dan aliran keberkahan jika Allah SWT meridhoinya. Untuk itu, sejak anak masih dalam kandungan baik ayah maupun ibu dianjurkan banyak-banyak membaca Alquran dan berdoa.

Saat anak yang lahir berjenis kelamin perempuan, pastinya suasana rumah jadi sangat hangat dan menyenangkan. Sebagai orangtua, kita ingin kelak anak perempuan tumbuh menjadi anak yang soleha dan bisa menjadi muslimah yang baik.

Memiliki anak perempuan merupakan sebuah keistimewaan. Sebuah riwayat dari sahabat Uqbah bin Amir berkata, “ Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Barangsiapa yang mempunyai tiga anak perempuan kemudian dia bersabar, memberi makan, minum, dan pakaian dari jerih payahnya, niscaya mereka bagi ayahnya akan menjadi penghalang dari neraka" . 
(HR. Ahmad 17403, Ibnu Majah 3669, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth)

1 dari 4 halaman

Untuk itu semaksimal mungkin orangtua harus bersama dalam mendidik dan mengasuh anak perempuan. Ada satu doa yang sangat penting dibaca setelah selesai solat untuk anak perempuan kesayangan agar kelak ia menjadi seorang soleha. Berikut doanya:

 Doa untuk anak perempuan© Iqra.id


Allahummaj ‘al awladana awladan sholihiin haafizhiina lil qur’ani wa sunnati fuqoha fid diin mubarokan hayatuhum fid dun-ya wal akhirah.

Artinya: “ Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang soleh sholehah, orang-orang yang hafal Al-Qur’an dan Sunnah, orang-orang yang paham dalam agama, dibarokahi kehidupan mereka di dunia dan di akhirat" .

Sumber: Iqra

2 dari 4 halaman

Doa untuk Anak agar Berani dan Percaya Diri Beserta Cara yang Dilakukan Orang Tua untuk Melatihnya

Dream – Setiap anak tentunya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Tugas orang tua adalah mengarahkan dan mebimbing putra-putrinya agar bisa memanfaatkan kemampuan dengan lebih baik. Misalnya saja dengan mengikutsertakan latihan-latihan, di mana aktivitas tersebut adalah hal yang disukai oleh sang anak.

Orang tua juga sebaiknya tidak membandingkan kelebihan antara anak yang satu dengan anak yang lain. Tetap berikan dorongan semangat kepada sang anak agar kekurangannya tidak menjadi penghambat besar dalam meraih cita-cita.

Meskipun ada anak yang keberanian maupun rasa percaya dirinya kurang, kondisi tersebut jangan dianggap sebagai masalah besar dalam diri sang anak. Penting bagi orang tua untuk bisa menerima bahwa itulah karakteristik buah hatinya, kemudian bimbinglah agar ia bisa mengeksplor diri dengan baik, dan jangan lupa juga mengiringinya dengan doa untuk anak.

Nah, berikut adalah bacaan doa untuk anak agar menjadi orang yang pemberani dan percaya diri serta beberapa usaha yang bisa dilakukan oleh orang tua kepada sang anak sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

3 dari 4 halaman

Doa untuk Anak agar Berani dan Percaya Diri

Doa untuk Anak agar Berani dan Percaya Diri© Shutterstock.com

Orang tua tentu saja berharap yang baik-baik kepada buah hatinya. Harapan itulah yang bisa disampaikan melalui lantunan doa yang ditujukan kepada Allah SWT. Insya Allah dengan niat yang baik, ikhlas, dan hanya mengharap ridho Allah SWT, maka akan dikabulkan oleh Allah SWT. Berikut adalah bacaan doa untuk anak agar berani dan percaya yang bisa sahabat Dream amalkan:

Allahumma inna naj’aluka fi nuhurihim wa na’udzubika min syururihim.

Artinya: “ Ya Allah, sesungguhnya aku menjadikan Engkau di leher mereka (agar kekuatan pada orang jahat itu tidak berdaya saat berhadapan dengan kami) dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan mereka. (HR. Ahmad, Abu Dawud, An-Nasai, Baihaqi, Hakim, dll, dari Abu Musa Al-Asy’ari).

Selain itu, ada juga doa untuk anak agar berani dan percaya diri yang lainnya: 

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ

Subhaanallaah, walhamdu lillaah, wa laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar.

Artinya: “ Maha Suci Allah, segala puji milik Allah, tiada Tuhan selain Allah, dan Allah Maha Besar.

4 dari 4 halaman

Cara yang Dilakukan Orang Tua agar Anak Percaya Diri

Setelah mengetahui bacaan doa untuk anak agar berani dan percaya diri, sahabat Dream juga jangan lupa untuk menyertainya dengan ikhtiar. Ikhtiar itu dilakukan melalui usaha-usaha atau cara yang bisa membuat anak tidak merasa minder dan menjadi lebih percaya diri. Berikut adalah beberapa cara agar anak lebih percaya diri seperti dikutip dari hellosehat.com:

Hindari Mengomeli Anak

Usahakan untuk tidak mengomeli anak, apalagi jika menggunakan sindiran dan umpatan. Karena hal inilah yang bisa membuat anak menjadi tidak percaya diri. Tahan lisan agar tidak mengeluarkan kata-kata yang kasar. Misalnya saja “ Kamu nakal ya”.

Menyadari bahwa seorang anak mudah sekali menerima apa yang disampaikan oleh orang lain, terutama orang tua. Jika orang tua memberikan kata-kata yang buruk, maka sang anak akan menganggap bahwa dirinya buruk.

Mengajari Cara Menyelesaikan Masalah

Masalah tidak hanya dihadapi oleh orang dewasa saja. Anak kecil pun juga akan berhadapan dengan masalah dan tentu sesuai dengan porsinya. Namun, sebagai orang tua hendaknya mengajari sang anak untuk bisa menyelesaikan masalah sejak kecil. Misalnya saja tugas anak yang terlalu sulit dan belum selelsai atau ketika berebut mainan dengan anak lainnya.

Nah, tugas orang tua adalah menuntun sang anak mengenai cara menyelesaikan masalah tersebut. Cara ini akan melatih anak agar kelak bisa menyelesaikan masalahnya sendiri dengan lebih percaya diri.

Fokus pada Kelebihan Anak

Setiap anak tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jangan sampai sebagai orang tua justru membanding-bandingkan antara anak yang satu dengan yang lainnya. Berusahalah untuk tetap fokus pada kelebihan anak dan mengasahnya sebaik mungkin.

Untuk menemukan kelebihan anak, sahabat Dream bisa mengikutsertakan sang anak pada latihan-latihan pada beberapa bidang. Seperti olahraga, musik, seni lukis, dan sebagainya. Ketika sudah ditemukan hobinya, maka temanilah untuk melakukan hobi tersebut. Ini bisa menjadi cara untuk meningkatkan rasa percaya diri sang anak.

Menghargai Ide Anak

Terkadang karena usia anak masih dini, ide-ide yang keluar dari pikirannya tidak dipedulikan oleh orang dewasa. Sebaiknya hal ini dihindari dan mencoba untuk menghargai ide anak. Karena seorang anak di balik kesederhanaannya bisa saja mengeluarkan ide yang unik dan menarik.

Jangan tertawakan atau mengejek ide mereka karena bisa membuat mereka tidak percaya diri dan anak pun akan takut jika suatu waktu harus mengeluarkan pendapat. Tapi jika ide mereka dihargai, maka sang anak akan berani untuk mengungkapkan apa yang dipikirkannya. Dan seiring berjalannya waktu, ide-ide itu akan semakin baik untuk ia sampaikan di hadapan orang tua maupun orang lain.

Beri Komentar