Jangan Terlambat, Kenali Tanda Minus Mata Pada Anak

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 24 November 2022 12:12
Jangan Terlambat, Kenali Tanda Minus Mata Pada Anak
Seringkali gejala ini dianggap hal biasa, penting untuk melakukan skrining mata anak secara rutin.

Dream - Myopia atau yang sering disebut dengan mata minus merupakan kondisi ketika penglihatan kabur pada jarak jauh dan jelas pada jarak dekat. Kondisi ini terjadi tidak hanya pada orang dewasa, namun kini banyak dapat terjadi pada anak-anak.

Kondisi mata minus pada anak cenderung sulit dideteksi, karena banyak anak mungkin tidak menyadari mengalami gangguan penglihatan. Penting bagi orangtua untuk mengenali gejalanya, terutama pada anak-anak yang suka main gadget berjam-jam.

Dokter Zoraya A. Feranthy, spesialis mata, menjelaskan kalau terdapat kecenderungan pada anak yang mengalami mata minus dan harus diperhatikan orang tua. Salah satunya adalah sering memicingkan mata, terutama ketika melihat sesuatu yang jauh.

MiYOsmart© Dream

Ciri lainnya adalah Abnormal Head Position, yaitu ketika anak memiringkan kepala dari posisi normalnya. " Mungkin kalau suka lihat anaknya, nonton TV makin seru, sampai miring-miring – itu merupakan suatu tanda-tanda,” ujar dr. Zoraya dalam konferensi pers Miyosmart di Jakarta Selatan, 23 November 2022.

1 dari 1 halaman

Dokter juga menjelaskan bahwa mendekatkan benda ke wajah untuk melihat merupakan tanda-tanda lainnya dari mata minus. “ Kalau memegang suatu objek, misalnya handphone, atau gawai lainnya, dia sukanya dari dekat,” ungkapnya.

Terakhir, anak suka kedip-kedip lebih sering dari biasanya untuk melihat suatu objek. Perhatikan juga frekuensi kedipan saat anak melihat sesuatu.

“ Suka kedip-kedip, Jadi terkadang karena penglihatannya yang kurang jelas sehingga mereka perlu memicingkan atau mengedipkan matanya lebih banyak dari biasanya untuk memfokuskan cahaya,” kata dr. Zoraya.

Jika orang tua menemukan tanda-tanda tersebut pada anak, penting untuk memeriksakannya ke dokter. Seringkali gejala tersebut dianggap hal biasa, ternyata saat diperiksa minus mata anak sudah tinggi.

" Skrining kesehatan mata anak sangatlah penting. Bagi orangtua yang anaknya memiliki gejala myopia, segera periksakan mata anak Anda untuk memastikan diagnosa agar terdeteksi dan dirawat sejak dini," ujarnya.

Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita

Beri Komentar