Surah yang Dibaca Rutin KH Quraish Shihab dan Diajarkan Pada Anak Cucunya

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 15 September 2022 17:12
Surah yang Dibaca Rutin KH Quraish Shihab dan Diajarkan Pada Anak Cucunya
Ia selalu membaca rutin surah ini dan menanamkan tauhid serta kekuatan doa pada anak-anaknya.

Dream - Mendidik dan mengasuh anak sesuai tuntunan Islam merupakan ibadah yang panjang dan tak mudah. Para orangtua kerap diuji banyak hal, terutama dalam hal kesabaran dan kelapangan ketika mengasuh buah hatinya.

Anak merupakan amanah dari Allah SWT yang di akhirat nanti para orangtua akan diminta pertanggungjawabannya. Quraish Shihab, cendikiawan muslim yang juga pendiri pesantren Bayt Al-Quran mengingatkan para orangtua untuk membesar anak-anaknya dengan dilandasi aqidah dan cinta.

Quraish Shihab© Instagram Quraish Shihab

“ Salah satu obyek cinta yang ditetapkan oleh agama dan menjadi naluri manusia adalah mencintai anak. Itu dicontohkan Nabi saw saat putranya Ibrahim wafat, Nabi bersedih dan menitikan air mata,” kata Profesor Quraish dikutip dari NU Online.

Ia selalu menekankan pada anak-anaknya akan keesaan Allah SWT dan kekuatan doa. Ada salah satu surah yang selalu dibacanya untuk memohon kelapangan dari Allah SWT dalam mendidik anak, yaitu Al Insyirah.

 

1 dari 8 halaman

Memberi Teladan

“ Dari kecil kami juga membiasakan tentang kekuatan doa. Salah satu surat yang sampai saat ini masih rutin dibaca adalah Surat Al-Insyirah,” ungkap lulusan Al Azhar Kairo ini.

Beliau juga menjelaskan, orangtua (baik ayah maupun ibu) berkewajiban mendidik, melindungi, dan memberi teladan kepada anaknya. Dalam pandangan agama, pendidikan agama pada anak sebaiknya sudah dilakukan sejak sebelum anak lahir.

“ Pendidikan terhadap anak harus dilibatkan jauh sebelum anak lahir sampai anak itu lahir; dengan memperdengarkan adzan dan iqamat. Adzan dan iqamat adalah isyarat pendidikan ketauhidan oleh kedua orang tua kepada anak mereka,” jelasnya.

 

2 dari 8 halaman

Tauhid

Pendidikan ketauhidan menurut Profesor Quraish akan memberi pengetahuan akan kuasa dan cakupan ilmu-Nya yang sangat luas. Ini menjadi hal signifikan untuk diajarkan dan ditanamkan sejak dini. Tauhi akan menjadi bekal terbesar bagi seorang anak.

“ Memperkuat aqidah terhadap anak perlu ditanamkan sejak dini, tanamkan dalam jiwa anak-anak tentang kepercayaan dan keesaan Allah swt. Kemudian, lengkapi kehidupan anak dengan ilmu pengetahuan yang berguna untuk masa depannya,” ujarnya.

Penjelasan selengkapnya baca di sini.

3 dari 8 halaman

5 Doa Rasulullah untuk Anak yang Perlu Dipanjatkan, Orangtua Wajib Tahu!

Dream – Orangtua pasti mengharapkan anak-anaknya dalam keadaan aman dan terlindungi. Kekhawatiran orangtua kepada anaknya adalah hal yang wajar. Terlebih jika anak berada jauh dari rumah seperti menempuh di luar kota atau mondok di pesantren.

Untuk meredakan kekhawatiran tersebut, sebaiknya orangtua membaca doa untuk anak-anak mereka. Doa untuk anak dibaca tak hanya untuk anak yang jauh dari rumah, melainkan juga untuk anak yang di rumah.

Doa untuk anak dipanjatkan agar anak selalu kuat dan tabah menjalani kehidupan. Rasulullah SAW banyak mengajarkan doa untuk anak yang perlu dibaca oleh para orangtua.

Berikut doa Rasulullah SAW untuk anak yang perlu diketahui dan diamalkan demi kebahagiaan buah hati.

4 dari 8 halaman

1. Doa Rasulullah untuk Anak

Orangtua merupakan pelindung utama anak. Sebisa mungkin kita ingin selalu di dekat anak untuk melindunginya dari perbuatan jahat, baik itu dari manusia, binatang hingga makhluk halus.

Faktanya, kita tak bisa selama 24 jam bersama anak, sebab mereka juga harus melakukan aktivitasnya. Hanya doa dan memohon perlindungan dari Allah SWT yang bisa dilakukan.

Berikut doa Rasulullah untuk anak agar senantiasa dilindungi Allah SWT:

U'idzukum bikalimatillahit taammati min kulli syaithonin wa hammatin wa min kulli 'ainin laammatin

Artinya:

" Aku memohon perlindungan kepada Allah untuk kalian dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari setiap kejahatan setan terkutuk, binang berbisa yang mematikan dan dari setiap pandangan mata yang dengki."

5 dari 8 halaman

2. Doa Rasulullah untuk Anak Agar Saleh/Salehah

Ilustrasi© Shutterstock.com

Setiap Muslim pasti menginginkan keturunannya menjadi orang yang baik. Orangtua perlu berusaha keras untuk mendidik anak-anaknya agar memiliki akhlak yang mulia.

Ikhtiar harus dilakukan, di antaranya memberikan teladan yang baik, lalu memastikan anak mendapat pendidikan agama yang mumpuni. Tak ketinggalan, lantunan doa kepada Allah SWT untuk anak agar menjadikan mereka sebagai anak-anak yang berbudi pekerti luhur.

Berikut doa Rasulullah untuk anak agar saleh dan salehah dikutip dari Surat Ali Imran ayat 38:

Rabbi Habblii minladunka dzurriyatan thayyibah, innaka samii’ud-du’aa.

Artinya:

" Ya Tuhanku, berikan aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha mendengar doa."

6 dari 8 halaman

3. Doa Rasulullah untuk Anak Agar Dicintai Allah

Rasulullah SAW selalu memperlihatkan teladan kepada umatnya, termasuk dalam hal kasih sayang terhadap anak-anak. Beliau SAW kerap mengusap kepala anak-anak yatim, memeluk, mencium hangat di pipi. Selain itu Rasulullah juga mengajarkan bacaan doa kepada Allah SWT yang berisi permohonan bagi keberkahan anak.

Terdapat doa khusus yang diucapkan Rasulullah saat memeluk Sayidina Hasan, cucunya. Beliau melantunkan doa berikut:

Allahumma innaa hadzaa ibnii wa ana uhibbuhuu fa ahbibhu wa ahibba man yuhibbuhu

Artinya:

" Ya Allah, ini adalah anakku dan aku sangat mencintainya. Karena itu, cintailah dia, dan cintailah orang yang mencintainya."

7 dari 8 halaman

4. Doa Rasulullah untuk Anak Agar Mudah dalam Belajar Agama

Ilustrasi© Shutterstock.com

Berikut bacaan doa untuk anak agar dimudahkan dalam belajar agama dan selalu dalam lindungan Allah SWT:

اَللَّهُمَّ فَقِّهْهُ فِى الدِّيْنِ وَعَلِّمْهُ التَّأْوِيْلَ

Allahumma faqqihhu fid dini wa 'allimhut ta'wila

Artinya:

" Ya Allah, berikanlah pemahaman baginya dalam urusan agama, dan ajarkanlah dia takwil (tafsir ayat Alquran)."

8 dari 8 halaman

5. Doa Rasulullah untuk Anak yang Mondok di Pesantren

Tentu berat bagi orang tua untuk melepas anaknya belajar di pesantren. Ini wajar, mengingat anak selalu ada dalam kehidupan orangtua sejak mereka lahir dan tumbuh.

Namun begitu, orangtua perlu memahami bahwa menitipkan anak di pondok akan lebih banyak manfaatnya. Sebab anak akan tumbuh menjadi pribadi yang berakhlak mulia dan berpengetahuan agama. Ini penting sebagai bekal hidupnya di masa mendatang.

Berikut bacaan doa saat melepas anak mondok di pesantren:

اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

Allahummamla' quluba auladina nuran wa hikmatan wa ahlihim liqabuli ni'matin wa ashlihhum wa ashlih bihimul ummah

Artinya:

" Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka."

Demikian itulah kumpulan doa Rasulullah untuk anak yang perlu dipanjatkan para orangtua. Setiap orangtua pasti menginginkan yang terbaik untuk sang anak. Agar anak lancar dalam mengarungi kehidupan ini, sebaiknya orangtua selalu memberikan dukungan dan doa untuk mereka.

Beri Komentar