Ikan Tilapia Bakar Sambal Matah Bikin Semangat Buka Puasa

Reporter :
Kamis, 23 Mei 2019 14:13
Ikan Tilapia Bakar Sambal Matah Bikin Semangat Buka Puasa
Sangat kaya protein dan rendah lemak.

Dream - Menu ikan bakar dengan aroma yang nikmat, pasti bisa membangkit hasrat makan dalam sekejap. Bagaimana kalau Sahabat Dream, mengolah ikan tilapia untuk dijadikan menu berbuka.

Ikan Tilapia sebenarnya adalah nama lain dari ikan nila. Di Indonesia, selain bisa ditemukan di alam liar, ikan tilapia juga termasuk komoditas perikanan yang banyak dibudidayakan di danau dan waduk air jernih.

Sangat kaya protein dan rendah lemak. Cocok untuk dijadikan menu berbuka. Simak saja resep ikan tilapia bakar sambal matah, yang sangat menggugah selera.

Bahan-bahan:
- 6 potong fillet ikan Tilaipa
- 1 buah jeruk nipis
- Garam secukupnya

Sambal Matah:
- 8 buah cabai rawit merah, iris
- 8 buah cabai rawit hijau, iris
- 5 siung bawang merah, iris tipis
- 2 batang serai, iris
- 5 lembar daun jeruk, iris
- Garam secukupnya
- Gula pasir secukupnya
- 50 ml minyak goreng

Cara membuat:
- Untuk membuat sambal, campur cabai, bawang, serai, daun jeruk, garam dan gula pasir ke dalam wadah tahan panas lalu aduk rata, kemudian siram dengan minyak goreng panas. Angkat dan sisihkan.
- Lumuri fillet ikan Tilapia dengan jeruk nipis dan garam, diamkan selama 20 menit agar bumbu meresap, kemudian panggang di atas pan antilengket hingga kecokelatan.
- Sajikan dengan sambal matah di atasnya.

Salah satu produsen ikan tilapia terbesar di dunia adalah Regal Springs. Regal Springs Indonesia membudidayakan ikan tilapia di danau di Sumatera Utara dan beberapa waduk air jernih di Jawa Tengah dengan teknik jaring apung, yakni sistem budidaya perikanan air tawar yang ramah lingkungan.

Beri Komentar
Sekarang Bang Ijal Hidup Kayak Atta Halilintar - Smartfren Milenial Males Jadi Miliuner Eps Spesial