Pengacara Ahmad Dhani: Masak Cuma Berucap Idiot Dipenjara 1 Tahun

Reporter : Nur Ulfa
Selasa, 11 Juni 2019 15:20
Pengacara Ahmad Dhani: Masak Cuma Berucap Idiot Dipenjara 1 Tahun
Ahmad Dhani divonis satu tahun lewat kasus ujaran kebencian di Surabaya

Dream - Pengacara Ahmad Dhani, Hendarsam, mengaku sangat kecewa karena kliennya divonis satu tahun penjara dalam kasus ujaran kebencian. Dia menilai hukuman itu tidak layak ditimpakan kepada Ahmad Dhani.

" Ya kecewa, cuma berucap idiot karena dipersekusi tapi dihukum satu tahun," kata Hendarsam saat dihubungi, Selasa 11 Juni 2019.

Atas putusan yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Negeri Surabaya tersebut, Hendarsam memastikan bahwa Ahmad Dahni akan mengajukan banding. " Kita secepatnya pasti banding," imbuhnya.

Sebelumnya, hakim PN Surabaya menyatakan pentolan Dewa 19 itu terbukti bersalah dalam kasus ujaran kebencian.

Dhani diketahui dilaporkan ke polisi setelah dianggap membuat ujaran kebencian dengan mengunggah video ucapan " idiot" . Video itu diambil ketika Dhani berada di Hotel Majapahit dan hendak menghadiri sebuah acara di Surabaya.

Dalam putusan tersebut, hakim mempertimbangkan hal-hal yang memberatkan dan meringankan Ahmad Dhani.

" Hal-hal yang memberatkan, terdakwa tidak menyesali perbuatannya karena tidak merasa bersalah," kata Hakim Anton.

Sementara hal yang meringankan, Hakim Anton menyebut Dhani bersikap sopan selama menjalani persidangan. " Terdakwa kooperatif menjalani persidangan," kata dia.

 

1 dari 3 halaman

Sidang Ahmad Dhani Ricuh, Ini Penyebabnya

Dream - Sidang Ahmad Dhani di Pengadilan Negeri Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis 11 April 2019, berakhir dengan ricuh. Video kericuhan itu menjadi viral di media sosial.

Dalam video itu, Ahmad Dhani terlihat berontak saat hendak dimasukkan ke dalam mobil tahanan. Para petugas terus memaksa suami Mulan Jameela itu, hingga akhirnya masuk ke dalam mobil.

Dhani sempat berdiri di pintu mobil dan meneriakkan takbir di hadapan massa pendukungnya. " Allahuakbar," pekik Ahmad Dhani yang mengenakan baju dan blangkon hitam.

 Ahmad Dhani

Terkait insiden itu, pengacara Ahmad Dhani, Aldwin Rahadian, membeberkan penyebabnya. Menurut dia, kericuhan terjadi saat kliennyaingin menemui wartawan untuk sesi wawancara. Tapi ayah lima anak itu justru ditarik oleh salah satu petugas.

" Itu barusan kenapa ricuh, ditarik lehernya sama Jaksa, masa ditarik-tarik kaya apaan," kata Aldwin Rahaduan dalam video yang tersebar di sosial media.

Menurut Aldwin tak sepantasnya jaksa melakukan tindakan seperti itu. Sebab, Dhani pada saat itu ingin menemui wartawan yang sudah menunggunya untuk sesi wawancara.

" Orang mau menemui wartawan kok, sebentar, ditarik-tarik begitu apa-apaan," ucapnya.

2 dari 3 halaman

Sakit di Tahanan, Ahmad Dhani Tak Bisa Jalan

Dream - Ahmad Dhani yang sedang meringkuk di Rumah Tahanan Medaeng, Sidoarjo, Jawa Timur, sempat sakit. Terdakwa kasus ujaran kebencian tersebut bahkan sampai tak bisa jalan.

" Sempat sakit, asam urat dan enggak bisa jalan," ujar pengacara Ahmad Dhani, Hendarsam, dikutip dari laman Liputan6.com, Rabu 27 Maret 2019.

Meski sakit, tambah Hendarsam, keluarga Ahmad Dhani tidak panik. Sebab bukan kali ini saja pentolan Dewa 19 itu menderita asam urat.

Dia sudah bertahun-tahun mengidap penyakit tersebut. " Keluarga paham sakit kambuhnya, tapi bisa diatasi," kata Hendarsam.

Keluarga Ahmad Dhani sebenarnya berharap suami Mulan jameela tersebut bisa menjalani perawatan di rumah sakit. Tapi tak mendapat izin dari petugas rutan. Sebab, ada dokter rutan yang bisa menanganinya.

" ‎Sebelumnya keluarga juga mengajukan agar dirujuk ke rumah sakit, untuk rawat jalan. Tapi kan di Lapas ada dokter jaga," tutur Hendarsam.

3 dari 3 halaman

Kondisi Memprihatinkan

Dream - Kondisi Ahmad Dhani yang mendekam di Rumah Tahanan Medaeng, Sidooarjo, Jawa Timur, rupanya sangat memprihatinkan. Terdakwa kasus ujaran kebencian itu dikabarkan tengah sakit.

" Tadi sempat sakit, sempat diinfus, tanggal 31 aku sekalian jenguk ayah," kata putra pertama Ahmad Dhani, Al Ghazali, dikutip dari Liputan6.com, Selasa 26 Maret 2019.

Namun, Al Ghazali mengaku tiidak mengetahui sakit yang diderita oleh bos Republik Cinta Management tersebut. Belum jelas pula apa yang menyebabkan mantan suami Maia Estianty itu jatuh sakit.

Padahal, tambah Al Ghazali, selama di dalam tahanan Ahmad Dhani suka makan. Dia tidak pilih-pilih makanan. " Ayah makan apa aja, lontong balap, makan apa aja," ujar Al Ghazali.

Sementara, putra ke dua Ahmad Dhani, El Rumi, berharap hakim akan mengabulkan pengajuan penahanan Ahmad Dhani. " Kita usahakan sedekat ini," ucap kakak El Rumi ini.

" Saya minta doa dan support-nya buat ayah semoga masalah ini bisa cepat selesaikan dan buat ayahku kuat dan tegar," tambah dia.

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara