Diperiksa Terpisah dengan Paula Verhoeven, Baim Wong Kaget Ada yang Melaporkan Konten Prank KDRT

Reporter : Nur Ulfa
Jumat, 7 Oktober 2022 17:23
Diperiksa Terpisah dengan Paula Verhoeven, Baim Wong Kaget Ada yang Melaporkan Konten Prank KDRT
Baim dan Paula diperiksa di Polres Jakarta Selatan

Dream -  Baim Wong terkejut mendengar ada pihak yang melaporkannya ke polisi terkait konten laporan prank Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) yang dilakukannya bersama sang istri, Paula Verhoeven.   

Pernyataan Baim tersebut disampaikan saat memenuhi panggilan penyidik Polres Jakarta Selatan terkait pengaduan tersebut. Dalam kesempatan itu Baim didampingi Paula.

" Iya kaget," tutur Baim, Jumat, 7 Oktober 2022..

Baim© Dream.co.id

Datang dengan wajah tersenyum, Baim mengaku tidak memiliki persiapan khusus untuk menjalani pemeriksaan kali ini.

" Doain aja. Tidak ada persiapan, jalani saja dulu,"  ujarnya

Diketahui Baim Wong diperiksa pada pukul 14.00 WIB, sementara Paula Verhoeven pukul 16.00 WIB.

1 dari 6 halaman

Konten prank KDRT yang dibuat Baim Wong memancing reaksi keras dari berbagai pihak. Sebab, konten tersebut dianggap merendahkan polisi.

Kapolsek Kebayoran Lama, Kompol Beddy Suwendi, pun ikut angkat bicara. Dia mengecam keras konten prank Baim Wong.

Dalam unggahan di akun Instagram-nya, @beddy_ratakan, Beddy menyatakan bahwa konten prank KDRT itu sangat tidak layak untuk ditiru.

Ia mengatakan bahwa kantor Polisi adalah kantor pelayanan masyarakat dan tidak layak untuk dijadikan main-main.

" Jangan jadikan kantor polisi untuk main-main karena kantor polisi adalah kantor pelayanan masyarakat , PAHAM...!!!!"

3 dari 6 halaman

Sebelumnya, Baim Wong dan istrinya, Paula Verhoeven, tengah menjadi sorotan publik usai membuat video prank kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Dalam video yang kini telah dihapus, Paula mendatangi kantor Polsek Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, untuk melaporkan kasus KDRT yang dialaminya.

Ia bersama tim membawa kamera tersembunyi. Sementara itu, Baim menunggu di dalam mobil. Paula mengarang cerita untuk meyakinkan polisi.

4 dari 6 halaman

Hingga akhirnya polisi percaya dan memberikan arahan Paula untuk melanjutkan laporannya tersebut. Mengetahui hal tersebut, pihak kepolisian pun terkejut.

Apalagi yang datang untuk melapor pada saat itu adalah artis Paula Verhoeven. Sementara itu, Baim yang menyaksikan di dalam mobil melalui kamera tersembunyi tampak asyik tertawa.

Meski sudah diakui Baim sebagai lelucon, polisi akan menyikapi serius. Konten itu terancam dibawa ke jalur hukum. Kepolisian menilai aksi Baim dan Paula bisa dikategorikan sebagai perbuatan pidana.

5 dari 6 halaman

" Iya nanti kita koordinasikan lagi dengan Kapolsek Kebayoran Lama. Cuma itu mengarah pidana itu, karena dia sudah membuat pemalsuan laporan," kata Kasi Humas Polres Metro Jakarta Selatan, AKP Nurma Dewi, dikutip dari merdeka.com, Senin 3 Oktober 2022.

Nurma menerangkan, ada sanksi bagi siapapun yang membuat laporan palsu. Pelapor dapat dijerat dengan Pasal 220 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

" Mengarah Pasal 220 soal laporan palsu. Mengarah betul pidana karena kan dia bohong. Lain kalau betulan," ujar dia.

6 dari 6 halaman

Nurma menerangkan, dalih prank tidak bisa jadi alasan untuk lolos dari jerat hukum. Nurma kembali menegaskan, konten prank Baim Wong dan Paula Verhoeven soal KDRT masuk perbuatan pidana .

" Dia telah melakukan pemalsuan laporan. Itu kan bohong. Walaupun bilangnya prank. Kan kaga bisa main main apalagi kejadiannya bohong," ujar dia.

Adapun bunyi Pasal 220 KUHP: " Barang siapa memberitahukan atau mengadukan bahwa telah dilakukan suatu perbuatan pidana, padahal mengetahui bahwa itu tidak dilakukan diancam dengan pidana penjara paling lama satu tahun empat bulan."

Beri Komentar