Kala Ade Irawan Tak Mampu Baca Puisi di Tahlilan Ria Irawan

Reporter : Nur Ulfa
Jumat, 17 Januari 2020 18:55
Kala Ade Irawan Tak Mampu Baca Puisi di Tahlilan Ria Irawan
Dia ingin membacakan puisi untuk Ria Irawan

Dream - Sebelum meninggal dunia, Ade Irawan rupanya ingin mengenang masa lalu saat masih berjaya sebagai artis. Dia ingin kembali muda dengan mengenakan wig, seperti masa lalunya.

" Dia tuh ingin nyobain wig. Karena keartisannya kali ya, dia kangen," ujar anak Ade Irawan, Adi Bambang Irawan, di rumah duka, Lebak Bulus, Jakarta, Jumat 17 Januari 2020.

" Jadi fantasi dia itu dia ingin cantik gitu, dia minta ambilin wig dan dandan sendiri," lanjut Adi.

Menurut Adi, peristiwa itu baru terjadi beberapa hari lalu. Ade bahkan mengabadikan momen tersebut melalui foto.

" Terus difotoin sama suster. Itu di minggu ini kok kejadiannya, lupa tapi harinya," tambah dia.

1 dari 6 halaman

Keinginan Tak Terwujud

Namun, tak semua keinginan Ade Irawan terwujud sebelum mengembuskan napas terakhirnya. Sebab, dia batal membacakan puisi pada hari ke tujuh wafatnya sang putri, Ria Irawan.

Padahal, sebelumnya Ade sangat ingin membacakan puisi untuk almarhum anaknya tersebut.

" Kemarin tuh waktu tujuh harian juga dia ingin bacain puisi untuk Ria di tahlilan Ria. Tapi karena kondisi dia kurang fit enggak jadi. Padahal dia ingin banget, tapi kitanya juga yang lupa saat itu," ungkap Adi.

2 dari 6 halaman

Firasat Sholat Jemaah Terakhir Sang Putra Bersama Ade Irawan

Dream - Setelah ditinggal pergi sang adik, Ria Irawan, Adi Bambang Irawan harus kembali berduka kehilangan ibunda tercintanya, Ade Irawan karena penyakit komplikasi. Sebelum berpulang, Adi merasakan firasat akan ditinggal pergi selama-lamanya oleh sang ibunda.

Firasat yang datang kali ini hampir sama dengan pengalaman saat sang adik akan meninggalkannya untuk selama-lamanya. 

" Firasat ya kayak Ria aja ya,"  kenang Adi Bambang Irawan di rumah duka kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Jumat, 17 Januari 2020.

Saat ajal hendak menjemput Ria Irawan, Adi menceritakan adiknya mengajak untuk sholat berjamaah dengannya. Kala itu Adi diminta untuk menjadi imam.

" Ternyata ibu sudah menunggu di kursi roda untuk shalat bareng sama saya, diimamin gitu. Ibu di kursi roda, Ria dibelakang saya imamin. Itu 7 januari kejadiannya."

 4 Potret Momen Kebersamaan Ade irawan dan Ria4 Potret Momen Kebersamaan Ade irawan dan Ria © © DREAM.CO.ID

3 dari 6 halaman

Firasat Lain yang Dirasakan

Tidak hanya itu. Adi mengungkapkan mendiang Ade Irawan di hari-hari terakhirnya selalu memberikan wejangan agar dia menjaga adik-adiknya. Almarhumah juga berpesan agar Adi dan kakak prianya tidak berbuat nakal. 

" Di rumah pasti banyak ngasih nasihat supaya saya dan kakak saya yang laki jangan nakal, jagain adik yg perempuan, harus jadi imam keluarga. Karena kan masih ada Dewi dan Atri ya, adik perempuan," kata dia.

Meski ditinggal dua orang terkasih dalam waktu hamppir berdekatan, Adi dan keluarga mengaku ikhlas dengan kepergiaan sang ibunda. Terlebih usia Ade Irawan yang tak lagi muda dan sering dibekap sakit.

" Tadi di rumah sakit juga sudah doa dan ikhlasin. Ya, kalau nggak bisa sembuh, kita semua siap," ungkap dia.(Sah)

4 dari 6 halaman

Ini Penyebab Ibunda Ria Irawan Meninggal Dunia

Dream - Ade Irawan meninggal dunia saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan, Jumat 17 Januari 2019. Ibunda almarhum Ria Irawan tersebut mengidap penyakit komplikasi, mulai paru-paru hingga jantung.

" Memang penyakit tua ya, usia kan hampir 83 tahun. Jadi, komplikasi jantung dan sudah pernah operasi juga. Terakhir itu ada paru-paru juga sudah kerendam," kata anak Ade Irawan, Adi Bambang Irawan, di rumah duka, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Jumat 17 Januari 2020.

Menurut Adi, kondisi ibunya beberapa hari belakangan memang menurun. Dua hari lalu Ade bahkan dilarikan ke rumah sakit.

" Awalnya ibu saya itu masuk rumah sakit dua hari lalu karena sesak napas. Itu kejadiannya pukul 2.20 pagi dan kebetulan adik langsung berangkatkan beliau ke RS. Tapi tadi setelah ditangani di rumah sakit sudah drop," ungkap dia.

Adi menambahkan, riwayat penyakit jantung yang diidap ibunya memang sudah ada sejak lama. " Kondisinya sudah lemas ya karena fisiknya sudah kurang kuat untuk menanggung penyakit itu," imbuh Adi.

5 dari 6 halaman

Cerita Pertemuan Terakhir Aming dan Ade Irawan Bikin Menangis

Dream - Aming turut berduka dengan meninggalnya, Ade Irawan. Sebelum berpulang, artis dan komedian tersebut sempat bertemu dengan ibunda dari sahabatnya, almarhum Ria Irawan. 

Pria bernama lengkap Aming Supriatna Sugandhi tak menyangka jika pertemuannya dengan Ade Irawan akan menjadi momen terakhir.

Kesedihan Aming tersebut ditumpahkan di akun Instagramnya. Aming menuliskan kisah pertemuan terakhirnya lewat sebuah foto saat almarhum Ade Irawan duduk di kursi roda dan mengenakan mukena.

Mantan suami Evelyn Nada Anjani ini mengatakan pertemuan dengan almarhumah Ade dilakukan delapan hari sejak berpulangnya Ria Irawan.

" Akhirnya membulatkan tekad pas hari ke 8 ktemu oma...cape letih seharian g tidur ...mata kering...tp ttp pas ktmu oma Ade...liat denger ngobrol ttg kondisi kesehatannya dan betapa kuat dan ikhlasnya dia,"  tulis Aming dikutip Dream dri akun instagramnya, Jumat 17 Januari 2020.

 

6 dari 6 halaman

Tak Terasa Air Mata Menetes

Tak terasa pertemuan dengan artis senior kala itu membuat Aming meneteskan air mata. Pada pertemuan terakhir itu, Aming sempat mencium tangan dan kening dari almarhum Ade.

 Aming SugandhiAming Sugandhi © Aming Sugandhi

" Tidak kerasa airmata netes...Msh betah sebenernya ...tp oma harus istirahat dan mau solat isya...sy cium tangannya pipinya keningnya...sebelum sy pulang...ternyata itu pertemuan terkahir kt ya oma,"  ucapnya.

Pada akhir kalimat, pria asal Bandung ini menuliskan salam perpisahan terakhir. Dia juga berdoa almahum wanita yang disapa Oma itu bisa bertemu dengan putrinya Ria Irawan di Surga.

" Umur...bnr2 g ada yg tau... Alloh lbh syang oma Ade ama ibu @riairawan. Perempuan2 kuat kaya kalian pantas menghuni surga. Selamat jalan oma dan titip salam bt bu Ria Alfatihah," tuturnya.(Sah)

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak