Kondisi Keluarga Marshanda Saat Dengar Ayah Dirazia Mengemis

Reporter : Amrikh Palupi
Senin, 28 Maret 2016 17:16
Kondisi Keluarga Marshanda Saat Dengar Ayah Dirazia Mengemis
Menurut Marshanda, pemberitaan tentang sang ayah yang dirazia karena menjadi pengemis itu tidak memberatkannya.

Dream - Kehidupan ayah Marshanda, Irwan Yusuf cukup memprihatinkan. Untuk bertahan hidup, pria paruh baya terpaksa mengais rezeki dari belas kasihan orang-orang di jalan kawasan Bangka.

Petugas Pelayanan Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Suku Dinas Sosial DKI Jakarta pun mengamankannya dan membawa Irwan ke panti sosial.

Kabar terjaringnya Irwan Yusuf pun langsung ramai menjadi perbincangan di media sosial. Meski kabar itu cukup mengejutkan, namun Marshanda merasa pemberitaan tentang sang ayahnya itu tidak memberatkannya.

" Aku enggak merasa dirugikan sama sekali. Dari keluarga papa agak kurang enak sama aku. Tadi tante Lusi sempat panik. Aku coba konfirmasi Tante Lusi dia panik," tandas wanita yang akrab disapa Caca itu, Senin 28 Maret 2016.

Caca juga berusaha bijak menghadapi kejadian ini. Menurutnya semua kejadian sudah diatur Sang Pencipta.

" Ini yang ngatur maha perencana, Allah. Aku enggak ngerasa ada hal buruk soal kejadian papa ke media," kata ibu satu anak ini.

1 dari 5 halaman

Mengenal Sosok Irwan Yusuf, Ayah Marshanda

Dream - Nama Irwan Yusuf menjadi sorotan publik. Ini lantaran pria yang jarang dikenal publik ini merupakan ayah kandung aktris Marshanda, yang terjaring razia pengemis. 

Irwan `dijangkau` Dinas Sosial saat sedang mengemis di kawasan Bangka, Jakarta Selatan. Para peselancar dunia maya pun terkejut dengan kabar itu. Semua bertanya-tanya, benarkah?

Marshanda, dengan tanpa rasa malu mengakui bahwa itu memang adalah ayahnya. Ayah yang terakhir ditemuinya sekitar 15 tahun lalu. 

Marshanda memang sedang mencari-cari sang ayah kandung. Entah dimana. Meski ayahnya 'ditemukan' saat sedang mengemis, Marshanda senang bukan kepalang.

" Buat aku ini bukan sesuatu yang memalukan buat aku," ujar janda satu anak yang kerap disapa Caca itu.

" Dimanapun juga itu papahku dan aku sayang sama papah apa adanya."  Caca menemui sang ayah di Panti Sosial Bina Bangun Daya 2, Kawasan Cipayung, Jakarta Timur. 

Sebelum kabar ini mencuat, sosok Irwan memang tidak pernah terlihat tampil di hadapan media mendampingi Marshanda. Terakhir Irwan muncul saat kasus pertikaian antara Marshanda dan ibundanya, Riyanti Sofyan.

Irwan menemani putrinya, wanita yang akrab disapa Caca itu saat sedang depresi. Ia berkunjung ketika Caca harus menerima perawatan di salah satu rumah sakit. Usai pertikaian Caca dan ibunya mereda, keberadaan Irwan pun tidak diketahui. 

Lalu, siapa sebenarnya Irwan Yusuf?

Baca selengkapnya di tautan ini

2 dari 5 halaman

Reaksi Ibunda Marshanda Dengar Mantan Suami Jadi Pengemis

Dream - Berbeda dengan putri sulungnya, Andriani Marshanda yang langsung menjenguk sang ayah, Irwan Yusuf usai diamankan petugas karena mengemis. Mantan istri Irwan, Riyanti Sofyan tidak banyak berkomentar mengenai hal tersebut.

" Saya enggak tahu, jadi tidak bisa kasih statement. Nanti ya," kata Riyanti kepada wartawan, Senin 28 Maret 2016.

Putri dari 'Raja Hotel Kecil', mendiang Sofyan Ponda ini mengatakan akan mengonfirmasi hal ini ke keluarga mantan suaminya itu.

" Saya konfirmasi dulu ke orangtuanya (Irwan Yusuf)," kata ibu tiga anak ini.

Seperti diketahui Irwan kini berada di Panti Sosial Bina Bangun Daya 2, Kawasan Cipayung, Jakarta Timur. Marshanda sendiri berencana akan membawanya pulang dan menyediakan kebutuhan sang ayah termasuk pekerjaan.

3 dari 5 halaman

`Aku Sayang Papa`

Dream - Tak ada rasa malu ditunjukkan artis Marshanda saat mengetahui sang ayah kandung terjaring razia karena mengemis. Malah, Marshanda bersyukur karena bisa bertemu muka dengan sang ayah, setelah 15 tahun. 

" Bukan hal buruk buat aku. Kalau ada anggapan hal miris, bukan hal seperti prihatin,"  kata wanita yang akrab disapa Caca itu saat ditemui di Panti sosial Bina Insan Bangun Daya 2, Kawasan Cipayung, Jakarta Timur, Senin 28 Maret 2016.

Bagi Marshanda, sang ayah yang diketahui mengemis bukanlah hal buruk. Bukan juga aib bagi dirinya. 

" Ini buatku bukan sesuatu yang kurang baik dibandingkan hal-hal lainnya," ujar janda satu anak ini. 

Wanita yang akrab disapa Caca ini malah bahagia bisa dipertemukan lagi dengan sang ayah.

" Aku malah senang bisa ketemu lagi. Karena ketika heboh berpisah aku ganti nomor handphone, dan aku kehilangan nomor Papa. Papa hilang nomor aku," kata Caca.

Di sisi lain Caca justru merasa bangga dengan sosok sang ayah. Caca begitu mencintainya meski sudah lama berpisah.

" Buat aku bukan memalukan sama sekali. Buat aku bangga. Aku sayang saja sama Papa," pungkas pacar dari Egi John ini. (Ism) 

4 dari 5 halaman

Ayah Mengemis, Marshanda: Aku Ngga Kaget...

Dream - Artis Marshanda tak sedikitpun menampik bahwa pria yang terjaring razia saat mengemis adalah sang ayah, Irwan Yusuf. Caca, panggilan akrabnya, awalnya mengetahui pemberitaan soal sang ayah, Irwan Yusuf dari sahabatnya yang mengirim link berita dan foto Irwan.

" Semalam aku kabar dari temanku. Kirim link berita tentang Papa. Ada fotonya. Dan emang bener," kata Marshanda bersama Egi John saat ditemui di Panti Sosial Bina Bangun Daya 2, Kawasan Cipayung, Jakarta Timur, Senin 28 Maret 2016.

Caca mengaku tak terkejut. Kata dia, selama belasan tahun, ia memang hilang kontak dengan ayahnya.

" Aku ngga kaget karena ini udah cerita lama di keluargaku. Memang pada saat Mama Papa pisah hilang kontak. Sama Papa jadi baru umur 15 tahun aku temu lagi sama Papa. Dan hilang kontak lagi umur 20 tahun, ketemu papa lagi," ujarnya.

Ibu satu anak itu mengakui, setiap bertemu dengan ayahnya, keadaan ekonomi sang ayah sangat minim.

" Sekarang aja aku abis hilang kontak sama Papa hari ini. Jadi buat aku bisa ketemu Papa lagi. Dari dulu pas ketemu sama papa emang keadaan ekonomi papa sangat minim banget," kata pacar Egi John ini. (Ism) 

5 dari 5 halaman

Ayah Mengemis, Inikah Ungkapan Hati Marshanda?

Dream - Pemberitaan mengenai seorang pria mengaku ayah Marshanda, Irwan Yusuf yang diciduk petugas pada Minggu, 27 Maret 2016 saat sedang mengemis di kawasan Bangka, Jakarta Selatan, menghebohkan jagat maya.

Para peselancar dunia maya pun kembali menyorot Marshanda. Rasa penasaran netizen pun membanjiri akun media sosial wanita yang akrab disapa Chacha itu.

Tidak sedikit yang menanyakan kebenaran sosok pria itu. Ada juga yang berkomentar miring tentang Chacha.

Di hari pencidukan sang ayah, Chacha pun menulis tentang 'musibah dan menerima kekurangan' di akun tumblrnya. Netizen pun menduga tulisan itu ungkapan isi hati Chacha :

'Kalau kita percaya bahwa Allah punya rencana besar untuk kita, maka kita nggak akan malu dengan setitikpun bagian dari perjalanan hidup kita. Kalo kata sebagian orang kekurangan itu ‘aib’, dan aib harus ditutup rapat-rapat. Let’s check within ourselves. Ada nggak sedikit aja alasan kita nutupin 'aib’ tersebut karena rasa malu? Rasa tidak mau menerima dan mengakui hal itu dalam diri atau hidup kita?.

Bukankah kita diajarkan untuk menerima kekurangan dan malah belajar darinya? Menjadi orang yang lebih baik karena pernah salah, mencintai lebih besar dan sungguh-sungguh karena pernah kecewa dan terluka?

Musibah bisa menjadi surga bagi yang percaya kalo borok itu diterima, kalo luka itu diakui keberadaannya, dan kita cintai sebagai bagian dari hidup kita… justru “ borok” itu akan jadi pelajaran paling keren dan berharga buat kita.

ENgga ada sekolahnya. Mau dibayar berapa milyarpun, nggak ada yang jual.

And trust me.. Kalo kamu percaya Yang Maha Perencana itu adalah Yang Maha Hebat dan smart, bijak, dan brilliant dibanding segala perhitungan dan rencana hebatmu..

Berpeganglah pada tanganNya. Cinta kasih-Nya akan datang. Pasti. 
Akan datang.'

Sontak Chacha pun dinasihati netizen untuk menjenguk dan membawa pulang sang ayah.

" Bila itu benar ayahmu. Sayangilah Ia biarpun atau bila pernah menyakitimu @marshanda,"  kata akun Azhar.

" @marshanda jenguk, rawatlah dengan baik orangtuamu sayangilah mereka, miris saya lihatnya sudah tua waktunya dia bersenang-senang bahagia apalagi punya anak serba berkecukupan,"  ujar akun Lizma. (Ism) 

Beri Komentar