Perjalanan Mualaf Regina Rengganis, Saat Dengar Bacaan Quran...

Reporter : Amrikh Palupi
Senin, 11 Mei 2020 03:28
Perjalanan Mualaf Regina Rengganis, Saat Dengar Bacaan Quran...
Usai memeluk Islam Regina mengatakan menemukan ketenangan hati, ia pun belajar memperdalam agama islam dengan berbagai literatur.

Dream - Aktis Regina Rengganis memutuskan menjadi mualaf sejak ayahnya meninggal dunia. Aktirs asal Medan ini mengatakan ia bersama ibu dan kedua adiknya telah menjadi musli.

" Aku jadi mualaf sejak Papa meninggal. Jadi setelah Papa meninggal, Mama, aku dan kedua adikku pada mualaf. Mama dulu Islam, pas nikah sama Papa dia pindah agama jadi non-Muslim. Nah sekarang dia balik lagi ke Islam. Semua sekarang Islam," kata Regina Rengganis.

Pemeran utama film Demona ini menceritakan proses menjadi mualaf. Dia dan keluarganya mengucapkan Syahadat di sebuah masjid di Medan, Sumatera Utara.

Aku baca Syahadat di mesjid daerah Medan, aku, Mama dan kedua adikku jadi mualaf. Saat itu, aku dibimbing oleh ustad masjid, " Regina menambahkan.

 Regina Rengganis© Regina Rengganis

Foto : Agus Apriyanto/Kapanlagi.com

1 dari 6 halaman

Tenteram Saat Dengar Orang Baca Quran

Wanita 22 tahun ini mengaku tidak pernah beribadah menurut agama yang dulu dia anut sebelum menjadi seorang muslim. " Aku di sekolah Medan, memang dapat pelajaran agama, tapi aku nggak ngerti,"

Usai memeluk Islam, Regina mengatakan menemukan ketenangan hati. Dia pun belajar memperdalam agama Islam dengan berbagai literatur. Termasuk buku sampai belajar memahami iqro dan membacanya.

 Regina Rengganis© Regina Rengganis

Foto : @Muhammad Akrom Sukarya

" Jadi, saat aku dengar orang baca Alquran, aku merasa ketenteraman dan lihat orang sholat hatiku merasa damai."

" Aku dikasih buku bacaan sholat, tata cara sholat, aku baca-baca dan belajar sendiri. Terus aku belajar iqro juga, biasanya belajar iqro seminggu sekali," imbuhnya.

2 dari 6 halaman

Perjalanan Marcell Siahaan Menjadi Mualaf

Dream - Marcell Siahaan harus melalui perjalanan panjang dalam pencariannya terhadap Sang Pencipta. Penyanyi 42 tahun ini sempat bergonta-ganti keyakinan sampai akhirnya memilih Islam.

Marcell mengaku sangat menikmati proses menjadi seorang muslim yang dijalaninya sudah empat tahun belakangan ini.

" Sekitar empat sampai lima tahun yang lalu tanggalnya saya lupa sih. Karena itu semuanya sudah diarahkan saja. Saya menikmati dan ikut saja,"  kata Marcell di Studio Rossi Musik, Kawasan Fatmawati Jakarta Selatan, Jumat 26 Agustus 2016 silam. 

  marcell siahaan© marcell siahaan

Foto : @marcellsiahaans

Menurut Marcell perjalanan spirutual itu tidak harus semua orang tahu, termasuk kisahnya menjadi mualaf.

" Saya punya prinsip kalau saya belum bisa memanusiakan diri saya, jangan ngaku muslim. Apalagi mukmin jauh banget, benar buat saya. Berserah yang saya lakukan tanpa saya sadari. Ketika jalan seperti ini. Kemudian saya dinikahkan ulang ya saya jalanin dan nikmati," tuturnya.

Setelah memeluk Islam diungkapkan pria kelahiran Bandung, 21 September 1977 ini, jadi lebih banyak belajar dan bisa berkomunikasi dengan banyak orang.

" Buat saya keuntungannya bisa berkomunikasi dengan banyak orang. Saya jadi banyak tahu, saya menjalankan dari yang saya yakini," kata suami dari Rima Melati Adam ini.

 

   

3 dari 6 halaman

Berulang Kali Pindah Keyakinan, Ini Alasan Marcell Siahaan

Dream - Banyak artis yang memutuskan untuk pindah agama dengan alasan menjadi jati diri. Juga tak sedikit yang pindah agama demi cinta.

Seperti Marcell Siahaan, penyanyi berkepala plontos ini sudah beberapa kali berpindah keyakinan, mulai dari Kristen ke Budha kemudian terakhir diketahui mantan suami Dewi Lestari ini akhirnya memeluk agama Islam.

Dilansir Kapanlagi.com, Marcell mengaku, dirinya adalah seorang yang sering penasaran dan tipikal pencari. Termasuk urusan masalah spiritual. Tak peduli omongan kanan kiri, Marcell terus mencari apa yang terbaik untuknya.

" Saya tipe pencari dan mencari. Pencarian spiritual yang sendiri banget dan pencari yang personal hubungan antara saya dan yang maha kuasa. Saya tidak pernah kompromi dengan omongan orang." katanya saat ditemui di Yogyakarta, Sabtu (20/8) malam.

" Terserah orang mau ngomong apa dan ini hidup saya. Bagi saya, saya akan terus mencari yang terbaik,"  

Banyak hal yang dilalui oleh penyanyi ini dalam proses pencarian tersebut. Lebih dari sekadar toleransi, Marcell justru .....

4 dari 6 halaman

Jangan Judge

Dream - mendapatkan ilmu dan mengajarkan sang anak mengenai kesetiaan dan tidak menghakimi apa yang dipercaya oleh orang lain.

" (Dari pencarian tersebut) Saya lebih apresiatif dengan banyak orang dan pilihan hidup, bukan hanya toleransi. Kita tidak perlu mengkritik dan jangan judge," katanya.

" Dan bagi saya lebih menantang mengajarkan anak saya untuk setia dengan apa yang mereka yakini tanpa judge orang lain," pungkasnya.

5 dari 6 halaman

Heboh Video Nania `Idol` Pindah Keyakinan

Dream - Nania Kurniawati Yusuf atau yang dikenal dengan Nania 'Idol' menghebohkan jagat maya. Ini lantaran beredarnya video kesaksian hidupnya meninggalkan Islam.

Video itu diunggah akun Riswinanti, Rabu 2 Maret 2016 pada pukul 16.50 WIB.

" Kesaksian Nania Idol bahwa dia telah melepas islam..."  tulis akun itu melengkapi unggahan video berdurasi 15 menit 9 detik ini.

" Saya Nania Yusuf berasal dari muslim, Mami saya Pakistan, Bapak Jawa. Saya sekarang sudah memasuki tahun kedua terima Yesus,"   tutur wanita kelahiran Jombang, 1 September 1983 ini.

Dalam video berdurasi 15 menit 7 detik itu Nania menceritakan panjang lebar alasan dia pindah keyakinan. Nania juga memaparkan adanya penolakan keras dari keluarga. 

" Kalau kamu berani datang ke rumah saya, saya bakal bunuh kamu," ujar Nania mengutip sang ayah yang menolak keras dirinya pindah keyakinan. 

Melihat video ini para peselancar dunia maya pun dibuat terkejut, tidak sedikit penggemarnya yang mengaku sedih dengan keputusannya itu.  

 

 

6 dari 6 halaman

Kata Manager

Dikonfirmasi terpisah, sang manajer, Diantika, membenarkan bahwa Nania sudah pindah keyakinan. Dan video yang beredar serta memberikan kesaksian itu memang Nania, Grand Finalis Indonesian Idol 2004. 

" Iya benar itu Nania. Kayanya sudah hampir tujuh tahun kok mbak," ujar Diantika kepada Dream. 

Beri Komentar