Tayangkan Curhat Salmafina, Sunan Kalijaga Adukan Rumpi ke KPI

Reporter : Nur Ulfa
Sabtu, 20 Juli 2019 07:30
Tayangkan Curhat Salmafina, Sunan Kalijaga Adukan Rumpi ke KPI
Sunan menganggap Rumpi menayangkan wawancara Salmafina tanpa seizinnya

Dream - Sunan Kalijaga, melaporkan pengelola tayangan Rumpi ke Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) karena telah menayangkan video rekaman wawancara putrinya, Salmafina Chairunnisa, tanpa seizinnya. 

Pengacara kondatng yang didampingi kuasa hukum, Agustinus Nahak, itu juga menilai pengelola tayangan tersebut tak melakukan klarifikasi terhadap informasi yang disiarkan tersebut. 

Sepeti diketahui, Salmafina belum lama ini memutuskan pindah agama dan menceritakan kisahnya di acara yang dipandu Feni Rose tersebut.

" Kedatangan saya ke KPI kapasitasnya sebagai orangtua Salmafina. Mengadukan salah satu program TV swasta yang mengundang dan mewawancari putri kami secara eklusif," kata Sunan Kalijaga saat di Kantor KPI, Jakarta Pusat, Jumat, 19 Juli 2019.

Menurut Sunan, tayangan wawancara Salmafina tersebut dianggap sudah di luar batas. Mereka juga memprotes tayangan ekslusif itu disiarkan tanpa seizinnya sebagai orang tua.

" Kami selaku orangtua merasa keberatan, karena tidak ada konfirmasi dan izin kami selaku orangtua,"   ujarnya.

Sunan menilai video rekaman wawancara tersebut bukan merupakan program live sehingga isi konten yang akan disiarkan seharusnya bisa diedit terlebih dahulu.

Sementara kuasa hukum Sunan, Agustinus Nahak, menambahkan kliennya memutuskan mengadukan pengelola tayangan tersebut ke KPI karena menganggap isi wawancara Salma sangat meresahkan dan tidak patut untuk ditayangkan.

" Program Rumpi sangat tidak bermanfaat, justru itu menimbulkan kegaduhan dan itu sudah terjadi. Karena ada isu SARA disitu," paparnya.(Sah)

1 dari 5 halaman

Salmafina Pindah Agama, Sunan Kalijaga: Saya Harus Lihat Sendiri

Dream -  Sunan Kalijaga, ayah Salmafina Khairunissa atau Alma atau Salma, belum percaya putri pertamanya berpindah keyakinan. Pasalnya, dia belum melihat langsung Alma ibadah ke gereja dan mengenakan kalung salib.

" Tidak, tidak ada (pindah agama). Soal kalung salib saya belum pernah lihat. Saya harus lihat dengan mata kepala saya sendiri," ujar Sunan Kalijaga, di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan, Senin 15 Juli 2019.

Sunan meyakini Alma masih menjadi putri kesayangannya seperti dulu. Dia juga belum berbincang langsung dengan Alma soal pindah agama. 

" Saya belum masuk ke tahap itu, karena saya meyakini sampai detik ini Salma masih seperti dulu. Sebelumnya saya bilang hoax karena saya belum bicara dengan Salma dari hati ke hati," ucapnya.

 Sunan Kalijaga

Bukti keyakinan Sunan karena selama bulan Ramadan lalu, mantan istri Taqy Malik itu masih berpuasa dan sholat. Jadi kabar Alma pindah agama Sunan belum percaya, kecuali putrinya yang mengutarakan langsung kepadanya.

" Saya masih ada videonya waktu saya istri saya dan Salma melakukan ibadah sholat di masjid Sunter. Jadi buat saya orang ngomong soal Salma pindah agama saya tidak percaya,"   tuturnya.

2 dari 5 halaman

Tak Mau Kehilangan Salmafina, Sunan Kalijaga Minta Bantuan Imigrasi

Dream - Sunan Kalijaga mendatangi kantor pusat imigrasi di Jakarta Selatan, Senin 15 Juli 2019. Dia meminta bantuan untuk mencegah sang putri, Salmafina, agar tidak bepergian ke luar negeri.

" Hari ini saya mendatangi kantor imigrasi dalam rangka memohon sebagai seorang ayah menunda kepergian putrinya. Karena kemungkinan Salma akan keluar dari Indonesia," ujar Sunan Kalijaga.

Sejak tanggal 2 Juli 2019, kata Sunan Kalijaga, Salmafina keluar dari rumah tanpa sepengetahuannya. Dia juga mendatangi kantor polisi pada 12 Juli 2019 dan membuat laaporan telah kehilangan anak.

" Pada 12 Juli saya melaporkan ke Polres Metro Jakarta Barat terkait dengan saya tidak mengetahui keberadaan Salma setelah meninggalkan rumah," tuturnya.

Sunan Kalijaga memang sangat berharap Salmafina, yang sedang santer dikabarkan berpindah agama, untuk pulang. Dia bahkan menyampaikan pesan kepada putrinya itu melalui Instagram.

Pengacara kondang itu tidak ingin Salamafina bertindak lebih jauh dengan meninggalkan Indonesia. " Ya memang sudah ada tanda-tanda Salma ingin meninggalkan Indonesia," ujar Sunan Kalijaga.

 

 

3 dari 5 halaman

Sunan Kalijaga Bongkar Sebab Perceraian Salmafina & Taqy Malik

Dream - Sunan Kalijaga mengungkap penyebab putrinya, Salmafina, bercerai dari Taqy Malik. Pengacara kondang ini memastikan Salmafina tak sepenuhnya bersalah dalam perceraian tersebut.

"  Demi Allah dalam urusan perceraian anak saya tidak salah 100 persen," tulis Sunan Kalijaga, dikutip dari Instagram Story @sunan_kalijagash, Senin 15 Juli 2019.

Sunan Kalijaga seolah tidak percaya dengan penyebab buyarnya rumah tangga yang baru seumur jagung itu. Dia menyebut perceraian itu terjadi karena Salmafina memakai celana.

"  Masa gara gara pakai celana di medan pegunungan salju swiss itu menjadi persoalan untuk menceraikan anak saya...Bukan main," tambah dia.

  salmafinan sunan kalijaga

Sunan Kalijaga juga mengaku sangat menyesal telah menikahkan Salmafina dengan Taqy Malik. Baca juga: Sunan Kalijaga Menyesal Menikahkan Salmafina

 

4 dari 5 halaman

Sunan Kalijaga Curiga Ada Dalang Dibalik Perubahan Salmafina

Dream - Sunan Kalijaga menuding ada dalang dibalik perubahan sikap putrinya, Salmafina. Menurut dia, perubahan sikap Salmafina sangat drartis, sampai-sampai tidak mau mendengarkan orangtuanya lagi.

" Saya menduga ada pengaruh dari seseorang atau komunitas yang berpengaruh kurang baik terhadap Salma. Sampai Salma berubah drastis seperti ini," tutur Sunan Kalijaga di Kantor Imigrasi Pusat, Jakarta Selatan, Senin 15 Juli 2019.

  Sunan

Sunan Kalijaga (Dream/ Nur Ulfa)

Sikap Salmafina saat ini, tambah Sunan Kalijaga, sangat berbanding terbalik dari sebelumnya. Perilaku Salmafina membuatnya kecewa. " Kami sebagai orang tua merasa kalau ini bukan Salma," katanya.

Sunan Kalijaga mengaku selama ini tidak bermasalah dengan Salmafina. Namun, belakangan sikap anaknya itu tak bisa dia pahami. " Kemarin ibunya sakit Salma tidak datang. Pasti ada orang yang memberikan pengaruh buruk," tutur Sunan Kalijaga.

 

 

5 dari 5 halaman

Pesan Sunan Kalijaga ke Salmafina: Sadar Anakku Sayang

Dream - Sunan Kalijaga rupanya sangat terpukul dengan kabar bahwa putrinya, Salmafina, telah berpindah agama. Pengacara itu menyampaikan pesan kepada Salmafina meelalui Instagram Story.

Sunan Kalijaga mengunggah simbol hati yang terbelah. Entah apa maksud simbol tersebut, yang jelas Sunan Kalijaga menyebut akun Instagram sang putri, @salmafinasunan.

    Unggahan Sunan Kalijaga

Tak hanya sekali, Sunan Kalijaga juga membuat unggahan lain untuk sang putri. Dia bahkan berharap Salmafina sadar dengan kondisinya. "  Sadar anakku sayang @salmafinasunan," tulis Sunan.

Sunan bahkan menginginkan Salmafina pulang ke rumah. Mereka tetap menunggu kehadiran Salmafina. "  Siapapun kamu saat ini, ayah, ibu dan sean tetap menunggumu, kembali ke pelukan kami," kata Sunan.

    Unggahan Sunan Kalijaga

 

 

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik