`Sinetron Anak Jalanan` Rajai Trending Topics

Reporter : Kusmiyati
Senin, 11 April 2016 19:31
`Sinetron Anak Jalanan` Rajai Trending Topics
Tak hanya tayangannya, proses produksi sinetron yang melibatkan sederet artis diantaranya Stefan William, Natasha Wilona dan Cut Meyriska ini juga sempat diprotes netizen.

Dream - Sejak tayang Oktober 2015, sinetron 'Anak Jalanan' menjadi sorotan para peselancar dunia maya. Ini lantaran dianggap membawa pengaruh negatif untuk penontonnya. Bahkan sinetron yang dibintangi Stefan William ini sudah dua kali ditegur Komisi Penyiaran Indonesia (KPI)

Protes keras dari netizen terhadap sinetron tersebut juga menjadi trending topic hari ini, Senin 11 April 2016 di twitter dengan tagar #stopSinetrnAJrcti.

" Tontonan anak sekarang kian tak mendidik,di situ kadang saya merasa sedih,"  tulis akun Eka.

" Moral anak bangsa itu harusnya dibangun, bukan malah dirusak dengan acara televisi macam sinetron,"  kata akun Rosihan.  

Tapi pada saat yang hampir bersamaan, tagar #SupportAnakJalananRCTI juga menyusul menjadi trending topics Tanah Air. 

 

 Sinetron Anak Jalanan Rajai Trending Topics

Tak hanya tayangannya, proses produksi sinetron yang melibatkan sederet artis diantaranya Stefan William, Natasha Wilona dan Cut Meyriska ini juga sempat diprotes netizen.

Akun @So's Waifu memprotes lantaran syuting di salah satu masjid mengganggu orang-orang yang ingin beribadah. Protes itu pun diunggah ke facebook. 

" Ini kejadian tepat di depan mata gue. Jadi ajakin emak ke TMII mumpung emak masih di Jakarta. Nah, pas sampe disana ternyata sudah ashar kita cari mesjid buat sholat. Eh di depan mesjid ada ramai-ramai enggak taunya lagi ada syuting. Katanya syuting mas boy, sinetron anak jalanan. Kita ya masa bodo saja, syuting lanjut kita sholat juga lanjut. Sudah selesai sholat, tiba-tiba ada keributan di teras mesjid pada minta foto, ternyata ada artisnya yang mau masuk mesjid, kirain mau sholat juga tapi numpang make-up saja," ungkapnya, Januari 2016 lalu. 

Menurut akun itu, saat pemeran utama Stefan William yang berperan sebagai Boy itu masuk ke masjid, keadaan semakin gaduh. " Ini orang lagi pada sholat, masih waktu ashar. Ribut banget sumpah gangguin orang lagi sholat saja," ujarnya.

Akun itu pun mengatakan salah satu keluarganya sudah mencoba menegur agar tidak mengganggu yang lainnya. Namun jawaban dari tim sinetron itu mengejutkan netizen tersebut.

" Kakak gue protes sama salah satu kru nya, 'mas ini kok make-up nya di dalam masjid. Kan masih banyak yang lagi sholat. Gangguin banget mas'. Eh si masnya jawab pakai nada tinggi 'iya ini kita lagi ada adegan sholat. Kita ngajarin sholat juga'. Kakak gue kagetlah ditanya baik-baik kok jawabnya jutek," ungkapnya.

Hingga kini belum ada konfirmasi dari pihak produks sinetron Anak Jalanan, juga dari pihak televisi. (Ism) 

1 dari 3 halaman

Sinetron `Anak Jalanan` Dua Kali Ditegur KPI

Dream - Mendapat rating tertinggi rupanya tidak membuat sinetron 'Anak Jalanan' lepas dari pantauan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Sinetron yang dibintangi aktor muda Stefan Wiliam ini kembali mendapat teguran dari KPI.

Teguran tertulis yang diberikan KPI untuk sinetron garapan sutradara Akbar Bhakti itu diterbitkan pada Jumat, 12 Febuari 2016.

Dalam situs kpi.go.id, teguran tertulis itu berisi :

KPI Pusat berdasarkan kewenangan menurut Undang-Undang No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran (UU Penyiaran), pengaduan masyarakat, pemantauan, dan hasil analisis telah menemukan pelanggaran Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI Tahun 2012 pada Program Siaran “ Anak Jalanan” yang ditayangkan oleh stasiun RCTI pada tanggal 22 Januari 2016 pukul 19.28 WIB.

Program tersebut menayangkan adegan 2 (dua) orang pria yang melakukan freestyle menggunakan motor. Selain itu, terdapat adegan kejar-kejaran antara 3 (tiga) orang pria yang menggunakan motor dengan kecepatan tinggi di jalan raya.

KPI Pusat menilai muatan demikian dapat memberikan dampak negatif dan berpotensi ditiru oleh khalayak yang menonton khususnya remaja. Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas perlindungan remaja dan penggolongan program siaran

Berdasarkan hal tersebut, KPI Pusat memutuskan menjatuhkan sanksi administratif (berupa) Teguran Tertulis Kedua.

Dalam surat teguran itu pun KPI mengaku telah menerima banyak keluhan dari masyarakat. Mereka mengkhawatirkan dampak tayangan 'Anak Jalanan' terhadap perilaku anak-anak dan remaja.

Saudara wajib segera melakukan evaluasi internal agar tidak mengulangi kesalahan yang sama, baik pada program sejenis maupun program lainnya. Saudara juga wajib menjadikan P3 dan SPS KPI Tahun 2012 sebagai acuan utama dalam penayangan sebuah program siaran. Demikian agar sanksi administratif teguran tertulis kedua ini diperhatikan dan dipatuhi.

(Ism) 

2 dari 3 halaman

Perjuangan Stefan William `Anak Jalanan` Hidup Mandiri

Dream - Hidup mandiri dirasakan pesinetron muda Stefan William sejak usianya 17 tahun. Pria kelahiran Amerika, 11 Agustus 1993 ini mengaku memprioritaskan pekerjaan di dunia seni peran untuk kelangsungan hidupnya.

“ Aku melihat pekerjaan ini sebagai prioritas. Sejak SMA aku sudah tinggal di Jakarta sendiri. Memang orangtua melepasku supaya aku mandiri. Kebetulan Papa orang Amerika, jadi menurutnya laki-laki yang sudah berusia 17 tahun harus tinggal sendiri," tutur Stefan, Kamis 10 Desember 2015.

Walaupun jauh dari keluarga, Stefan mengaku selalu menjaga komunikasi dengan kedua orangtuanya.

“ Orang tua selalu menanyakan kabarku, meminta aku supaya menjaga diri dengan baik,” katanya.

Penghasilannya di dunia sinetron dan film dikatakan Stefan bukan semata untuk dirinya sendiri.

" Mama dan Oma (nenek) sering bolak-balik ke Jakarta untuk menengok. Honor main film juga ada yang diberikan untuk keluarga," ujarnya.

Hidup seorang diri di Jakarta diakui pemeran Boy dalam sinetron 'Anak Jalanan' tidaklah mudah. Terlebih, kehidupan sebagai artis yang kerap diidentikan dengan gaya hidup mewah.

Untuk menghindari agar tidak terjebak dengan hal negatif, putra pasangan Clinton Avery dan Ellen Thelma Umboh ini harus pintar menjaga diri.

“ Aku menjaga diri dengan baik, misalnya menjaga pergaulan dan memilih-milih teman. Kalau memang dia baik, maka saya yakin dia membawa positif buatku,” ungkapnya. (Ism) 

3 dari 3 halaman

Steven William `Anak Jalanan` yang Tak Diasuh Ayah dan Ibu

Dream - Perannya di sinetron 'Anak Jalanan' membuat nama Steven William semakin dikenal masyarakat. Kini banyak yang cukup penasaran dengan kehidupan pribadinya.

Ternyata pria kelahiran Amerika, 11 Agustus 1993 ini memiliki perjalanan hidup yang cukup berbeda dengan anak-anak sebayanya. Putra dari pasangan Clinton Avery dan Ellen Thelma Umboh ini sejak kecil tidak diasuh ayah ibunya.

Hal itu dikarenakan Steven terpisah dari orangtuanya yang menetap di Amerika serikat. Sementara pemeran Boy ini, menjalani hari-harinya di Indonesia.

" Dari kecil sama oma sampai gede kayak sekarang," ungkap sang Oma, Nieke Ivana kepada wartawan, Kamis 10 Desember 2015.

Meskipun begitu menurut Oma, Steven tidak pernah menanyakan tentang masa kecil dan keberadaan orangtuanya. Dan bagi Oma menjaga Steven menjadi kebahagiaan yang luar biasa untuknnya.

" Awalnya, bukan orangtua Steven yang meninggalkan buah hatinya. Melainkan karena Oma Nieke yang ke Amerika. Dari umur enam bulan, sebetulnya setelah sampai di sana karena oma yang jaga, jadi pas oma pulang ke Indonesia, Steven ikut," ungkapnya. (Ism) 

Beri Komentar
Dari Jakarta Hingga Bekasi, Ini Situasi Pemukiman yang Terkena Dampak Banjir