Fashion Show Bahan Daur Ulang, Azwar Anas: Ini Cara Kami

Reporter : Maulana Kautsar
Selasa, 18 Juli 2017 15:02
Fashion Show Bahan Daur Ulang, Azwar Anas: Ini Cara Kami
Acara ini sejalan dengan upaya Banyuwangi mengurangi sampah rumah tangga.

Dream - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengapresiasi gelaran fashion show berbahan barang-barang bekas yang didaur ulang. Acara dengan tajuk Catwalk Fashion Green and Recycle itu menarik perhatian pengunjung yang datang ke Gedung Seni Budaya, Banyuwangi, Jawa Timur.

Anas mengatakan ratusan pakaian yang ditampilkan tak hanya sekadar untuk ajang penampilan, namun juga menjadi kampanye menumbuhkan kepedulian pada lingkungan dengan mengurangi sampah.

" Event ini bukanlah sekedar pagelaran fesyen semata. Ini adalah cara kami untuk memberikan edukasi bagaimana memanfaatkan limbah yang tak bernilai menjadi sesuatu yang bermanfaat," kata Anas, kepada Merdeka.com, beberapa waktu lalu.

Para peserta berlomba mendesain pakaian berbahan baku barang-barang daur ulang itu dengan sangat cantik. Keserasian warna dan material melahirkan bermacam-macam gaun yang indah dipandang.

Salah satu peserta yang pernah mengikuti acara ini, yang seorang siswi SMKN Darul Ulum, Muncar, Ayuni Dwi Yanti mendesain busana memanfaatkan berbagai bahan bekas yang ada di gudang sekolahnya.

" Saya pakai barang-barang yang ada di gudang sekolah seperti kalender tahun kemarin dan kertas bekas ujian. Saya juga pakai sedotan bekas yang dipakai buat penutup dada dan tas kresek untuk hiasan bunga bunga," kata Ayuni.

Dengan memanfaatkan semua bahan bekas itu, kata Ayuni, biaya yang dikeluarkannya untuk membuat satu busana bertema pesta tersebut hanya sebesar Rp100 ribu.

Saat ini, Banyuwangi sedang berupaya mengurangi jumlah sampah dengan menggiatkan penggelolaan oleh masyarakat. Saat ini setiap orang di Banyuwangi menghasilkan sampah 2,7 kilogram per rumah tangga, atau sekitar 400 ribu ton sampah per tahunnya. Acara ini menjadi salah satu cara untuk mengampanyekan gerakan daur ulang sampah.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More