Bacaan Doa untuk Kesembuhan Anak, Ajaran Rasulullah yang Insya Allah Manjur

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Sabtu, 24 September 2022 18:01
Bacaan Doa untuk Kesembuhan Anak, Ajaran Rasulullah yang Insya Allah Manjur
Doa-doa ini tidak hanya bisa dibacakan kepada anak yang sakit saja, tapi juga kepada siapapun yang sakit.

Dream – Kesehatan adalah nikmat dan anugerah dari Allah SWT yang harus disyukuri salah satunya dengan memanjatkan doa. Namun sebagai makhluk yang tak luput dari khilaf, tidak sedikit manusia yang baru menyadari nikmat sehat itu saat sedang didera ujian berupa penyakit yang mendera tubuhnya.

Sebagai orang tua, nikmat sehat itu semakin lebih bermakan ketika buah hati tercinta jatuh sakit. Ayah dan ibu akan merasakan kecemasan yang mendalam dan selalu memanjatkan doa agar penyakit bisa diangkat dari tubuh putra atau putrinya.

Selain menyadari nikmat sehat, sakit yang dihadirkan Allah SWT juga harus dipandang sahabat Dream sebagai rasa syukur. Dengan penyakit Sang Maha Kuasa sedang mengingatkan umat-Nya untuk menyadari bahwa menjaga kesehatan itu penting.

Saat seorang anak yang biasanya bermain dengan riang dan gembira, lalu tiba-tiba sakit, maka setiap orang tua akan berusaha sebisa mungkin untuk membuat anaknya sembuh kembali. Baik itu dengan membawa ke dokter, memberikan obat, dan yang tak kalah penting adalah membacakan doa untuk kesembuhan anak. Karena segala ikhtiar yang dilakukan akan percuma saja jika tidak diiringi dengan doa.

Nah, berikut adalah bacaan doa untuk kesembuhan anak yang bisa diamalkan sebagaimana dirangkum Dream melalui merdeka.com.

1 dari 2 halaman

Doa untuk Kesembuhan Anak

Doa untuk Kesembuhan Anak© Shutterstock.com

Doa saat Anak Sakit

Ketika anak sedang jatuh sakit, sebagai bagian dari usaha agar sang anak sehat kembali adalah membacakan doa untuk kesembuhan anak. Bahkan dahulu Nabi Muhammad saw juga membaca doa yang ditujukan kepada anggota keluarganya yang sedang sakit seperti yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Aisyah dengan bacaan berikut ini:

Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.

Artinya:Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri."

Selain itu, ada juga riwayat lainnya, di mana Rasulullah saw membaca doa saat meruqyah seorang sahabat beliau dengan bacaan berikut:

Imsahil ba’sa rabban nāsi. Bi yadikas syifā’u. Lā kāsyifa lahū illā anta.

Artinya: “ Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau,"

Doa saat Anak Sakit dengan Menyebutkan Namanya

Doa untuk kesembuhan anak juga bisa sahabat Dream panjatkan dengan menyebutkan nama anak yang sedang sakit tersebut. Doa ini juga dibaca oleh Nabi Muhammad saw saat sedang menjenguk sahabat beliau, yakni Sa’ad bin Abi Waqqash yang diriwayatkan oleh Imam Muslim berikut:

Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan.

Artinya: “ Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad,”

Nama “ Sa’ad” di atas bisa sahabat Dream ganti sesuai dengan nama anak yang sedang sakit.

Selain itu, ada juga doa untuk kesembuhan anak yang bisa sahabat Dream baca sebanyak tujuh kali. Doa ini bisa kamu baca saat berada di depan orang yang sakit sembari berharap kepada Allah SWT agar orang tersebut diberikan kesembuhan. Berikut adalah bacaannya:

As’alullāhal azhīma rabbal ‘arsyil ‘azhīmi an yassfiyaka.

Artinya: “ Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu."

Kemudian ada juga bacaan doa lainnya yang ditujukan kepada semua jenis penyakit. Bacaan ini juga diamalkan oleh Nabi Muhammad saw saat beliau menjenguk seorang Badui yang sedang sakit demam. Berikut adalah bacaan doanya yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Ibnu Abbas:

Lā ba’sa thahūrun insyā’allāhu.

Artinya:(Semoga) tidak apa-apa (sakit), semoga suci dengan kehendak Allah,"

2 dari 2 halaman

Doa untuk Kesembuhan Anak

Doa yang Dibaca pada Tubuh yang Sakit

Ketika ada seorang anak yang tubuhnya sedang sakit dan jika anak tersebut sudah bisa membaca Al-Quran, maka cobalah untuk memintanya membaca doa berikut ini:

Bismillâh, bismillâh, bismillâh. U‘îdzuka bi izzatillâhi wa qudratihi min syarri mâ ajidu wa uhâdziru (dibaca tujuh kali). As’alullâhal ‘adhîma rabbal ‘arsyil ‘adhim an yasyfiyaka (dibaca tujuh kali).

Artinya: “ Dengan nama Allah, dengan nama Allah, dengan nama Allah, aku lindungi kamu berkat kemuliaan Allah dan qudrah-Nya dari kejahatan barang yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan (dibaca tujuh kali). Aku memohon kepada Allah Yang Maha Besar, Tuhan Arasy yang maha besar agar Dia menyembuhkanmu (dibaca tujuh kali),"

Kemudian ada juga sunah lainnya yang bisa sahabat Dream baca sebagai bagian dari doa untuk kesembuhan anak adalah dengan membaca surat Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas yang ditujukan pada tubuh yang sakit.

Itulah beberapa bacaan doa untuk kesembuhan anak serta bisa dibaca untuk siapa saja yang sedang mengalami sakit. Insya Allah dengan membacakan doa tersebut disertai dengan harapan besar kepada Allah SWT, maka Allah SWT akan mengangkat penyakitnya dan menyehatkannya kembali.

Beri Komentar