Bagaimana Mencegah Nikah Siri Online?

Reporter : Amrikh Palupi
Rabu, 18 Maret 2015 07:44
Bagaimana Mencegah Nikah Siri Online?
Fenomena pernikahan siri online membuat sejumlah kalangan merasa prihatin. Namun tak gampang untuk mencegah praktik semacam ini.

Dream - Fenomena pernikahan siri online membuat sejumlah kalangan merasa prihatin. Namun tak gampang untuk mencegah praktik semacam ini. Sebab, tergantung pada kesadaran masyarakat.

“ Pencegahan harus tahu bagaimana menilai baik dan buruknya pernikahan itu. Semuanya kembali lagi ke masalah agama sebagai patokannya, apakah penting melakukan pernikahan tersebut,” kata psikolog perkawinan dan keluarga, Widiawati Bayu, saat berbincang dengan Dream.co.id.

Masyarakat, kata dia, sebaiknya tidak mengikuti fenomena ini. Masyarakat harus merujuk pada ajaran-ajaran agama yang melarang praktik semacam ini. “ Prinsip harus kuat dalam diri supaya tidak mudah terpengaruh,” tutur dia.

Widi menambahkan, pernikahan siri online juga merusak kesakralan pernikahan. “ Pernikahan seharusnya dilakukan secara sakral ada prosenya untuk lebih mengenalkan kedua pasangan dengan keluarga mereka,” ujar Widi.

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga mengecam praktik pernikahan siri online ini. Menurut MUI, pernikahan siri melanggar undang-undang meski sah menurut agama. Apalagi dilakukan secara online, sehingga semakin tidak jelas hukumnya. (Ism)  Baca Juga: Dua Artis Cantik Ini Sesalkan Nikah Siri 'Online' MUI Kecam Nikah Siri `Online` Ini Biang di Balik Maraknya Pernikahan Siri 'Online' Kisah Suami Bongkar Perselingkuhan Istri Pakai Alat Pelacak Tersindir Status WhatsApp Istri, Suami Gugat Cerai Kenalan di Facebook, Setelah Menikah Wanita Itu Bunuh Diri Sehari Setelah Menikah, Pengantin Wanita Tewas Mengenaskan

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More