Doa Buka Puasa Ayyamul Bidh dan Keutamaan Menjalankannya

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 12 Agustus 2022 06:01
Doa Buka Puasa Ayyamul Bidh dan Keutamaan Menjalankannya
Pahala menjalankan puasa sunah ini setara dengan melakukan puasa satu tahun.

Dream - Puasa Ayyamul Bidh adalah amalan sunnah berupa puasa yang dikerjakan selama tiga hari setiap pertengahan bulan. Puasa ini biasanya dilaksanakan tanggal 13, 14 dan 15 di setiap bulan.

Pahala menjalankan puasa Ayyamul Bidh disebutkan setara dengan melakukan puasa satu tahun meski hukumnya hanya bersifat sunnah. Keutamaan ini sebagaimana disampaikan hadis riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim.

“ Sungguh, cukup bagimu berpuasa selama tiga hari dalam setiap bulan, sebab kamu akan menerima sepuluh kali lipat pada setiap kebaikan yang kaulakukan. Karena itu, maka puasa Ayyamul Bidh sama dengan berpuasa setahun penuh.”

Badruddin Al 'Aini Al Hanafi dalam kitab 'Umdatul Qari' Syarhu Shahihil Bukhari menjelaskan dinamai Ayyamul Bidh untuk tiga hari di tengah bulan karena terkait kisah Nabi Adam AS. Ketika diturunkan ke bumi, tubuh Nabi Adam hitam legam karena terbakar matahari.

Lalu Allah menurunkan wahyu agar Nabi Adam berpuasa selama tiga hari. Ini agar tubuh Nabi Adam dapat putih dan bercahaya.

Puasa ini tentunya diawali dengan niat dan ditutup dengan bacaan buka puasa ayyamul bidh. Berikut bacaan doa buka puasa ayyamul bidh yang dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Dalil Pelaksanaan Puasa Ayyamul Bidh

Puasa ayyamul bidh adalah salah satu puasa sunah yang dianjurkan. Hal ini berdasarkan beberapa hadis Nabi SAW berikut ini:

Hadis Riwayat Imam Bukhari

“ Kekasihku (yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam) mewasiatkan padaku tiga nasehat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati: berpuasa tiga hari setiap bulannya, mengerjakan shalat Dhuha, mengerjakan shalat witir sebelum tidur." (HR. Bukhari)

Hadis Riwayat An-Nasa'i

Dari Ibnu ‘Abbas ra yang mengatakan bahwa: “ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada ayyamul biidh ketika tidak bepergian maupun ketika bersafar." (HR. An-Nasai)

Hadis Riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah

Mu’adzah bertanya pada Aisyah, " Apakah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa tiga hari setiap bulannya?” ‘Aisyah menjawab, “ Iya. “ Mu’adzah lalu bertanya, “ Pada hari apa beliau melakukan puasa tersebut?” ‘Aisyah menjawab, “ Beliau tidak peduli pada hari apa beliau puasa (artinya semau beliau)." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

2 dari 5 halaman

Lafal Niat Puasa Ayyamul Bidh

Berikut bacaan niat doa puasa ayyamul bidh yang dapat dihafalkan dengan mudah:

Nawaitu shauma ayyaamal bidh sunnatan lillaahi ta'ala.

Artinya:

“ Saya niat puasa pada hari-hari putih, sunnah karena Allah ta'ala.”

3 dari 5 halaman

Doa Buka Puasa Ayyamul Bidh

Ilustrasi© Shutterstock.com

Doa buka puasa baik sunah maupun wajib sebenarnya sama saja. Inti dari doa buka puasa adalah wujud syukur dan bahagia karena bisa melakukan puasa sesuai perintah Allah SWT.

Adapun bacaan doa buka puasa Ayyamul Bidh adalah sebagai berikut:

Doa buka puasa Ayyamul Bidh yang pertama adalah doa yang berasal dari hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim:

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa 'ala rizqika afthartu, birrahmatika yaa arhamar rahimin

Artinya:

" Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang."

Doa buka puasa Ayyamul Bidh yang kedua berasal dari hadis riwayat Abu Dawud, dari Ibnu Umar ra Rasulullah SAW ketika berbuka puasa mengucapkan:

Dzahabat zhama-u wabtallatil 'uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah

Artinya:

" Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, insya Allah."

4 dari 5 halaman

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Menjalankan ibadah puasa Ayyamul Bidh memiliki keutamaan yang besar. Di antara keutamaannya adalah sebagai berikut:

1. Seakan Berpuasa Sepanjang Tahun

Keutamaan puasa Ayyamul Bidh yang pertama adalah berpahala seperti puasa sepanjang tahun. Hal ini berdasarkan keterangan hadis riwayat Imam Bukharii.

“ Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun.” (HR. Bukhari)

2. Dijamin Surga Ar-Rayan

Bagi umat muslim yang berpuasa akan masuk melalui pintu Ar-Rayyan, termasuk orang yang melakukan puasa Ayyamul Bidh.

“ Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya ‘Ar-Rayyan,’ yang akan di masuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. Di katakan : Manakah orang-orang yang suka berpuasa? maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu di tutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi.” (HR Bukhari dan Muslim)

3. Balasan Langsung dari Allah

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah SAW bersabda: " Allah 'Azzawajalla berfirman (dalam hadits qudsi): " Semua amal perbuatan anak Adam itu adalah untuknya, melainkan berpuasa, karena sesungguhnya puasa itu adalah untuk-Ku dan Aku yang akan memberikan balasan dengannya. Puasa adalah sebagai perisai -dari kemaksiatan serta dari neraka. Maka dari itu, apabila pada hari seseorang diantara engkau semua itu berpuasa, janganlah ia bercakap-cakap yang kotor dan jangan pula bertengkar. Apabila ia dimaki-maki oleh seorang atau dilawan dengan bermusuhan, maka hendaklah ia berkata: " Sesungguhnya saya sedang berpuasa.”

5 dari 5 halaman

4. Terlindungi dari Api Neraka

Menjalankan puasa sunnah termasuk Ayyamul Bidh akan menjadi amalan yang melindungi pelakunya dari siksa api neraka.

5. Mendapat Kebahagiaan

Dalam hadis riwayat Imam Muslim: " Orang yang berpuasa itu meninggalkan kesyahwatannya, juga makanannya semata-mata karena ketaatannya pada perintahKu. Seorang yang berpuasa itu mempunyai dua macam kegembiraan, sekali kegembiraan di waktu berbukanya dan sekali lagi kegembiraan di waktu menemui Tuhannya.”

6. Senantiasa dalam Kebaikan Selama Berbuka

Dari Sahal bin Saad radhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah SAW, bersabda: “ Orang-orang itu senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR Muslim)

Demikian tulah bacaan doa buka puasa Ayyamul Bidh lengkap dengan keutamaan menjalankannya bagi umat Islam.

Beri Komentar