Doa Hujan Lebat dan Angin Kencang, Lengkap Dzikir Serta Doa Rasulullah Agar Terhindar dari Banjir

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 3 November 2022 08:00
Doa Hujan Lebat dan Angin Kencang, Lengkap Dzikir Serta Doa Rasulullah Agar Terhindar dari Banjir
Bacaan doa hujan lebat dan angin kencang agar terhindar dari banjir serta marabahaya.

Dream - Hujan masih sering turun dengan intensitas berbeda-beda meski sudah memasuki bulan Maret. Selain fenomena alam biasa, air yang turun dari langit diyakini umat Islam sebagai sebuah rezeki sehingga banyak yang memanjatkan doa ketika turun hujan.

Berdoa adalah bukti bahwa manusia tidak ada apa-apanya tanpa pertolongan Allah. Membaca doa ketika turun hujan dianjurkan dengan harapan air yang turun dari langit akan menjadi berkah dan membawa manfaat bagi makhluk hidup. Apalagi jika hujan turun dengan sangat lebat disertai angin kencang membuat beberapa orang cemas sehingga membaca doa meredakan hujan.

Doa hujan lebat dan angin kencang dipanjatkan agar fenomena alam ini bisa diajak bersahabat dan tidak menimbulkan bencana. Tak hanya sebagai bacaan, doa hujan lebat dan angin kencang yang diucapkan diharapkan bisa membuat kita lebih menghayati dan memahami maknanya.

Simak bacaan doa hujan lebat dan angin kencang berikut ini lengkap dzikir dan doa Rasulullah agar terhindar dari banjir.

1 dari 5 halaman

Doa Hujan Lebat dan Angin Kencang

Membaca doa adalah kebiasaan orang muslim, termasuk ketika turun hujan. Terlebih jika hujan turun dengan sangat lebat disertai angin kencang. Pasti orang akan merasa ketar-ketir dengan kondisi tersebut. Khawatir akan robohnya pepohonan hingga rumah-rumah.

Maka dari itu ketika hujan lebat disertai angin kencanga, doa yang perlu dibaca adalah seperti hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim berikut ini. Dikabarkan bahwa Rasulullah SAW selalu membaca doa ini ketika turun hujan disertai angin kencang.

Allohumma inni as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a’udzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.

Artinya:

" Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan dari angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau datangkan bersamanya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya."

2 dari 5 halaman

Doa Hujan Lebat dan Angin Kencang Lainnya

Tak hanya itu, masih ada bacaan doa hujan lebat dan angin kencang lainnya, yaitu sebagai berikut:

Allahumma hawalaina wala ‘alaina. Allahumma ‘alal akami wad-dhiraabi, wa buthunil auwdiyati, wa manabitis-syajari.

Artinya:

" Ya Allah turunkan hujan ini di sekitar kami jangan di atas kami. Ya Allah curahkanlah hujan ini di atas bukit-bukit, di hutan-hutan lebat, di gunung-gunung kecil, di lembah-lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan."

3 dari 5 halaman

Doa Rasulullah Agar Terhindar dari Banjir

Selain doa hujan lebat dan angin kencang, umat Islam juga dianjurkan memanjatkan doa agar terhindar dari banjir. Karena biasanya hujan lebat beberapa jam saja sudah bisa menimbulkan banjir, terutama di daerah padat penduduk.

Maka dari itu Rasulullah Saw mengajarkan doa agar terhindar dari banjir meskipun hujan lebat. Berikut bacaan doanya:

Allohumma hawaalainaa wa laa ‘alainaa, allahumma ‘alal ahkaami wadh dhiroobi, wa buthuunil audiyati, wa manaabitsis-syajarati.

Artinya:

“ Ya Allah berilah hujan dis ekitar kami, jangan kepada kami. Ya Allah berilah hujan ke dataran tinggi, beberapa anak bukit, perut lembah dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.”

4 dari 5 halaman

Dzikir Setelah Hujan Lebat dan Angin Kencang

Setelah hujan lebat dan angin kencang, bacalah dzikir berikut ini sebagai ucapan syukur atas karunia dan rahmat yang Allah berikan.

Berikut dzikir setelah turun hujan:

Muthirna bi fadhlillaahi wa rohmatihi.

Artinya:

“ Kita diberi hujan dari langit karena karunia dan rahmat Allah.”

5 dari 5 halaman

Kenapa Islam Menganjurkan Berdoa saat Hujan Lebat dan Angin Kencang?

Islam memerintahkan kepada setiap umatnya untuk selalu berdoa kepada Allah SWT. Bahkan ketika seseorang memiliki keinginan, maka mintalah kepada Allah SWT. Begitu juga ketika sahabat Dream dihadapkan pada suatu kondisi yang menakutkan atau mengkhawatirkan seperti hujan lebat dan angin kencang.

Karena sesungguhnya semua yang terjadi di dunia ini adalah atas kehendak-Nya. Jadi, sudah seharusnya sahabat Dream memohon perlindungan hanya kepada Allah SWT. Sebelumnya telah dibahas bagaimana doa yang diamalkan ketika ada hujan lebat dan angin kencang. Lalu, kenapa Islam menganjurkan untuk berdoa saat hujan lebat dan angin kencang?

Islam sendiri melarang umatnya untuk tidak mengutuk hadirnya hujan lebat dan angin kencang. Mungkin ada beberapa orang yang marah karena ada hujan lebat dan angin kencang. Hal tersebut karena mendatangkan kerugian bagi kehidupan manusia. Misalnya saja menyebabkan banjir, kesulitan beraktivitas di luar rumah, hingga merusak bangunan.

Namun, kesemua itu sebaiknya tidak menjadi alasan untuk mengutuk hadirnya hujan lebat dan angin kencang. Namun, berdoalah kepada Allah SWT untuk memohon kebaikan dan perlindungan kepada-Nya. Hal ini seperti doa Rasulullah yang artinya:

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang ada di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi di dalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.” (HR. Muslim)

Beri Komentar