Doa Minta Keturunan yang Sholeh dan Sholehah, Pernah Dibaca Nabi Ibrahim dan Nabi Zakariya

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 9 Februari 2022 15:01
Doa Minta Keturunan yang Sholeh dan Sholehah, Pernah Dibaca Nabi Ibrahim dan Nabi Zakariya
Dengan mengamalkan doa ini, insya Allah Allah SWT akan mengabulkannya.

Dream – Hadirnya keturunan adalah hal yang sangat dinantikan-nantikan oleh sebagian besar keluarga. Karena dengan adanya keturunan, maka nantinya akan memiliki generasi penerus dalam keluarga tersebut. Meski begitu, memiliki keturunan atau seorang anak tidaklah bisa dianggap ringan. Ini adalah bentuk tanggung jawab besar yang diberikan oleh Allah SWT.

Sebagai orang tua wajib untuk memenuhi hak-hak dari anak tersebut. Bukan saja dari segi materi, tetapi juga hak akan kasih sayang serta pendidikan yang baik. Dan tentu saja setiap orang tua menginginkan agar keturunannya kelak menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah. Sehingga hal tersebut perlu untuk dipersiapkan sejak awal, bahkan sebelum adanya sang janin di dalam kandungan.

Sahabat Dream yang sedang merencanakan kehamilan, maka bisa memanjatkan doa minta keturunan yang sholeh dan sholehah. Dan ketika sedang mengandung, maka doa ini pun juga penting untuk selalu diamalkan. Doa minta keturunan yang sholeh dan sholehah juga dibaca oleh beberapa nabi. Misalnya saja Nabi Ibrahim as dan Nabi Zakariya as.

Nah, berikut adalah beberapa bacaan doa minta keturunan yang bisa sahabat Dream amalkan sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui merdeka.com.

1 dari 2 halaman

Doa Minta Keturunan

Doa Minta Keturunan© Shutterstock.com

Dzikir agar Dianugerahi Anak

Islam mengajarkan kepada setiap umatnya agar selalu berdzikir. Dzikir sendiri adalah mengingat Allah SWT. Di mana dengan berdzikir maka kita sebagai umat Islam akan bisa merasakan kekuasaan Allah SWT.

Oleh karena itu, saat sahabat Dream memohon kepada-Nya, termasuk saat memanjatkan doa minta keturunan, maka hendaknya disertai dengan memohon ampun kepada-Nya. Dengan begitu, harapan sahabat Dream untuk memiliki anak pun akan segera diwujudkan Allah SWT. Berikut adalah bacaan dzikir yang bisa kamu amalkan:

 اسْتَغْفِرُوْارَبَّكُمْاِنَّهٗكَانَغَفَّارًاۙ

Artinya: Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, Sungguh, Dia Maha Pengampun,” (QS. Nuh: 10).

Doa Minta Keturunan yang Sholeh dan Sholehah

Salah satu harapan orang tua kepada anak-anaknya adalah memiliki keturunan yang sholeh dan sholehah. Bahkan tidak sedikit dari para calon orang tua yang sudah mempersiapkannya jauh-jauh hari saat masih merencanakan kehamilan. Di mana selain menambah pengetahuan tentang cara merawat dan mendidikan anak, juga tak lupa selalu memanjatkan doa minta keturunan yang sholeh dan sholehah.

Bagi sahabat Dream yang sedang merencanakan kehamilan atau pun saat ini sedang mengandung, maka berikut ini adalah doa minta keturunan yang sholeh dan sholehah yang bisa kamu amalkan:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَاحِبِ النَّسَبِ الشَّرِيْفِ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allahumma sholli 'ala sayyidina muhammadin shohibin nasabisy syarifi wa 'ala alihi wa shohbihi wa sallim.

Artinya:Ya Allah, berikanlah shalawat dan salam sejahtera kepada pemimpin kami Nabi Muhammad, pemilik nasab yang mulia dan semoga shalawat tercurah kepada para keluarga dan para sahabat beliau, dan juga berikanlah keselamatan.

Doa Minta Keturunan yang Dibaca Nabi Ibrahim

Nabi Ibrahim as pernah memanjatkan doa kepada Allah SWT untuk memohon keturunan yang sholeh dan sholehah. Karena dengan hadirnya anak yang sholeh dan sholehah, maka hal tersebut bisa semakin mendekatkan orang tuanya kepada Allah SWT.

Sahabat Dream pun juga bisa memanjatkan doa yang dibaca oleh Nabi Ibrahim as tersebut. Berikut adalah doa minta keturunan yang sholeh dan sholehah yang dibaca oleh Nabi Ibrahim as:

رَبِّ هَبْ لِيْ مِنَ الصّٰلِحِيْنَ

Robbi hablii minash shoolihiin.

Artinya:Ya Rabb anugerahkanlah padaku dari sisi-Mu keturunan yang thoyyib yaitu anak yang sholeh. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa. 

2 dari 2 halaman

Doa Minta Keturunan

Doa Minta Keturunan© Shutterstock.com

Doa Minta Keturunan yang Dibaca Nabi Zakariya

Tidak hanya Nabi Ibrahim as saja, Nabi Zakariya as pun juga pernah membaca doa untuk memohon keturunan pada Allah SWT. Bahkan di balik doa tersebut, ada kisah dan perjuangan Nabi Zakariya yang sangat luar biasa serta mengharukan untuk bisa mendapatkan keturunan. Berikut adalah bacaan doa minta keturunan yang dibaca oleh Nabi Zakariya as dan terdapat dalam Al-Quran surat Ali Imron ayat 38: 

رَبِّ هَبْ لِيْ مِنْ لَّدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةًۚ اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاۤءِ

Robbi hab lii min ladunka dzurriyyatan thoyyibatan, innaka samii’ud du’aa.

Artinya:Ya Rabbku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Mengdengar doa (QS. Ali Imron: 38).

Doa Minta Keturunan dalam Surat Al-Furqon Ayat 74

Doa minta keturunan yang bisa sahabat Dream amalkan juga ada dalam Al-Quran surat Al-Furqon ayat 74. Berikut adalah bacaan doa minta keturunan yang bisa kamu baca:

وَالَّذِيْنَيَقُوْلُوْنَرَبَّنَاهَبْلَنَامِنْاَزْوَاجِنَاوَذُرِّيّٰتِنَاقُرَّةَاَعْيُنٍوَّاجْعَلْنَالِلْمُتَّقِيْنَاِمَامًا

Robbanaa hab lanaa min azwajinaa wa dzurriyatinaa qurrota a’yun waj’alnaa lil muttaqiina imaamaa.”

Artinya:Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al Furqon: 74).

Beri Komentar