Doa Rabithah adalah Amalan Pengikat Hati, Ketahui Bacaan dan Keutamaannya

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 21 Juli 2022 06:00
Doa Rabithah adalah Amalan Pengikat Hati, Ketahui Bacaan dan Keutamaannya
Doa rabithah berisi permohonan kepada Allah agar terlindungi dari segala marahabaya dan tindakan buruk.

Dream – Doa rabithah adalah doa yang biasanya dipanjatkan setelah berakhirnya suatu acara. Doa rabithah adalah termasuk kumpulan dari doa-doa al-Ma’tsurat.

Secara bahasa, rabithah artinya berkait, bertali atau berhubungan. Sehingga doa rabithah diyakini sebagai doa pengikat hati antara hamba dengan Tuhannya.

Tak hanya itu, doa rabithah adalah rangkaian ayat yang disusun oleh Syahidul Islam, Hasan Al Banna rahimahullah.

Doa rabithah termasuk ke dalam kumpulan dzikir pagi dan petang yang juga tergabung dalam wirid al-Ma’tsurat. Doa ini berisi permohonan kepada Allah agar terlindungi dari segala marahabaya dan tindakan buruk.

Keutamaan membaca doa rabithah adalah bisa memberikan keselaman bagi kaum Muslim karena Allah senantiasa menjaganya.

Supaya lebih jelas, simak ulasan berikut ini tentang pengertian, hukum, keutamaan dan bacaan doa rabithah yang berhasil Dream rangkum dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Hukum Mengamalkan Doa Rabithah

Jumhur ulama menyebutkan hukum membaca doa rabithah adalah boleh. Sebagaimana disebutkan dalam kitab Raudhatu Thalibin yang artinya:

“ Mayoritas ahli fikih (fuqaha) berpendapat bolehnya setiap doa duniawi dan ukhrawi, tetapi doa yang ma’tsur lebih utama daripada yang lainnya.”

Sebenarnya doa rabithah adalah doa yang tidak bertentangan dengan syariat Islam. Sebab doa ini berisi kebaikan dan permohonan. Setiap doa yang baik tidak akan tertolak oleh Allah, sebagaimana hadis riwayat Tirmidzi berikut:

“ Tidaklah ketetapan Allah dapat ditolak kecuali dengan doa, dan tidaklah menambahkan usia kecuali dengan berbuat kebaikan.”

2 dari 3 halaman

Keutamaan Mengamalkan Doa Rabithah

Mengetahui keutamaan doa rabithah juga tak kalah penting dari mengetahui bacaannya. Doa rabithah adalah salah satu doa yang sering dibaca, sehingga doa ini menyimpan banyak keutamaan, di antaranya:

  1. Doa rabithah adalah doa yang dapat membantu seseorang dalam menyelesaikan pertikaian dengan saudara sendiri serta saudara sesama muslim.
  2. Amalan untuk mempererat tali persaudaraan karena dianggap mampu melembutkan hati seseorang.
  3. Doa ini dapat melembutkan hati seorang muslim yang tadinya keras maka akan menjadi lunak, yang suram tak bercahaya akan menjadi terang benderang.
  4. Rutin membaca doa rabithah akan meningkatkan simpati seseorang kepada makhluk Allah, sehingga lebih suka membantu dan mudah memaafkan.
  5. Dipercaya sebagai doa pengikat hati, bukan dalam arti mencari jodoh apalagi dianggap sebagai doa mendapatkan jodoh, tapi untuk menyambung rasa persaudaraan sesama muslim dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.
3 dari 3 halaman

Bacaan Doa Rabithah

Doa rabithah adalah doa yang penting diketahui bagi umat Islam sebagai doa untuk mempererat tali persaudaran dan menumbuhkan kasih sayang kepada makhluk Allah SWT.

Sahabat Dream dapat mengamalkan doa rabithah sebagaimana hukum yang dijelaskan pada pembahasan sebelumnya. Berikut lafal doa rabithah yang bisa kamu amalkan:

Allahumma innaka ta'lamu anna hadzihil qulub, qadijtama-at 'alaa mahabbatik wal taqat 'alaa tha'atik, wa tawahhadat 'alaa da'watik wa ta'ahadat ala nashrati syari'atik

Fawatsiqillahumma rabitha taha, wa adim wuddaha, wah dihaa subulahaa wamla'haa binuurikalladzi laa yakhbu wasy-syrah shuduroha bi faidil imaanibik wa jamiilit tawakkuli 'alaik wa ahyiha bi ma'rifatik, wa amitha 'alaa syahaadati fii sabiilika

Innaka ni'mal maula wa ni'man nashiir. Allahumma Aamiin.

Artinya:

" Ya Allah, sesungguhnya engkau Maha Mengetahui bahwa hati-hati berkumpul atas dasar cinta kepada-Mu; bertemu atas dasar taat pada-Mu; bersatu atas dasar dakwah kepada-Mu, dan berjanji setia untuk membela syariat-Mu. Maka kuatkanlah yaa Allah, ikatan pertaliannya; lestarikanlah kasih sayangnya; tunjukkanlah jalannya; dan penuhilah dengan cahaya-Mu yang tiada redup; lapangkanlah dadanya dengan limpahan iman kepada-Mu dan indahnya tawakal pada-Mu; hidupkanlah ia dengan makrifat kepada-Mu; dan matikanlah ia sebagai syahid di jalan-Mu. Sesungguhnya Engkau sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong. Aamiin Ya Allah."

Doa rabithah adalah doa yang baik untuk dipanjatkan. Doa ini berisi permohonan atas kekuatan Allah SWT. Mengamalkan doa rabithah setiap hari juga akan memberikan keutamaan yang luar biasa seperti telah dijelaskan di atas. Dengan mengetahui bacaan doa rabithah lengkap hukum dan keutamaannya, semoga bisa menjadi sarana agar kita senantiasa dilindungi dan ditolong oleh Sang Maha Kuasa.  

Beri Komentar