Geger Diduga Perawat di Jakarta Utara Suntikkan Vaksin Kosong

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Senin, 9 Agustus 2021 19:00
Geger Diduga Perawat di Jakarta Utara Suntikkan Vaksin Kosong
Vaksinator hanya melayangkan kata maaf dan melakukan suntik ulang setelah diprotes warga.

Dream - Polisi tengah menyelidiki kabar dugaan penyuntikan vaksin kosong di kawasan Pluit, Jakarta Utara. Polisi pun memeriksa sejumlah saksi.

" Sudah minta keterangan beberapa orang tapi kan belum lengkap," kata Kapolres Jakarta Utara, Kombes Guruf Arif.

" Anggota kami masih laksanakan lidik di lapangan. Sudah ada beberapa keterangan yang kita ambil keterangannya," tambah dia.

Kabar penyuntikan vaksin kosong ini beredar setelah ada sebuah cuitan di Twitter. Hingga kini Dinas Kesehatan setempat belum memberikan klarifikasi lebih lanjut mengenai kejadian tersebut.

1 dari 4 halaman

Sebelumnya dalam unggahan akun Twitter @Irwan2yah, membagikan sebuah video berdurasi 15 detik memperlihatkan seorang warga yang mengenakan kaos berwana putih tengah menggulung lengan kiri dan siap disuntik.

Dalam video tersebut pemompa suntik terlihat dalam posisi di ujung dan tanpa ada isi cairan. Meski begitu, tenaga medis tidak menggubris dan tetap menyuntik warga tersebut.

" Saya ingin berbagi informasi. Kejadian di Sekolah IPK Pluit Timur. Tgl. 6/8/21. Jam 12.30 suntikan vaksinasi, ternyata suntik kosong. Setelah Protes dan cuma kata maaf, akhirnya disuntik kembali. Agar dpt diperhatikan. Sebarkan agar suster tersebut diproses," tulis keterangan unggahan.

 

 

2 dari 4 halaman

Pernah Ramai di Indonesia, Isu Vaksinasi Jarum Kosong Covid-19 Muncul di Ekuador

Dream - Pelaksanaan vaksin yang diwarnai informasi meresahkan masyarakat tak hanya terjadi di Indonesia. Belakangan beredar di media sosial video yang memperlihatkan seorang pria tengah mendapat suntikan vaksin Covid-19 dari tenaga kesehatan. 

Namun informasi yang beredar dalam video yang diunggah akun Twitter @paultutiven, tenaga kesehatan itu dituding hanya menyuntikkan jarum ke lengan bapak tersebut tanpa menginjeksikan cairan vaksin di dalamnya.

Kabar yang beredar menyebutkan peristiwa tersebut terjadi di Ekuador.

Dalam video tersebut, tampak seorang pria yang diduga sudah lansia, menerima suntikan vaksin. Seorang nakes itu membersihkan lengan pria tersebut dengan alkohol sebelum menusukkan jarum suntik.

3 dari 4 halaman

Cairan Masih Terlihat di Jarum Suntik?

Selang beberapa saat setelahnya, sang nakes hanya menusukan jarum dan jelas cairan vaksin tersebut tidak masuk ke dalam tubuh pria itu.

Beberapa detik kemudian, nakes itu menarik jarum suntik dengan cairan yang masih berada di dalam suntikannya.

 

4 dari 4 halaman

Menkes Sampai Turun Tangan

Video ini kemudian viral dan diketahui terjadi di Guayaquil, Ekuador. Menteri Kesehatan setempat turun tangan menyelidiki apakah peristiwa ini sudah berulang kali terjadi atau tidak.

Nakes yang melakukan penyuntikan vaksin terhadap pria yang berusia 55 tahun itu telah diidentifikasi.

 

Beri Komentar