Surat Edaran `Salat Tepat Waktu` Gubernur NTB Panen Pujian

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 9 November 2015 16:16
Surat Edaran `Salat Tepat Waktu` Gubernur NTB Panen Pujian
Selain memerintah untuk tepat waktu dalam salat, Zainul juga meminta pengamanan dan pemeliharaan tempat ibadah umat Muslim.

Dream - Beberapa hari lalu netizen ramai berbincang mengenai keluarnya surat edaran dari Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) M Zainul Majdi. Surat yang dikeluarkan oleh Zainul pada tanggal 2 November 2015 itu berisi mengenai anjuran untuk melaksanaan salat tepat pada waktunya bagi umat Muslim.

" Khususnya yang beragama Islam, sangat dianjurkan melaksanakan sholat tepat waktunya, sebab jika sholatnya baik maka seluruh amalnya yang lain menjadi baik dan salah satu ciri sholat yang baik adalah menjalankannya tepat waktu dan dengan berjamaah," ungkap Zainul dalam surat edaran yang diterima Dream 9 November 2015.

Permintaan itu dilakukan untuk mewujudkan visi masyarakat NTB yang beriman, berdaya saing, berbudaya, sejahtera. Untuk mendukung usahanya itu, dirinya meminta Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan jajarannya yang Muslim untuk menjaga sistem pengamanan dalam waktu-waktu salat. Tak hanya itu, dirinya pun meminta pada jajarannya untuk merawat tempat ibadah yang ada.

" Melihara tempat ibadah di lingkungan kantor agar tetap bersih sehingga dapat dipergunakan dengan baik," paparnya.

Beredarnya surat edaran itu ditanggapi secara positif oleh netizen. Seorang netizen bernama Fitriatul Fuad menuliskan komentarnya soal surat edaran ini.

" Semoga anjuran pak gubernur ditaati oleh semua intansi khususnya yang beragama Islam karena amat sangat baik sekali," tulisnya.

Seorang pengguna Facebook lain Arta Wan pun turut menyumbangkan komentarnya. Dia secara kritis berharap pada pimpinan SKPD untuk menjalankan instruksi ini.

" Semoga bisa dipatuhi oleh semua pimpinan SKPD," tulisnya. (Ism) 

1 dari 5 halaman

Foto Pengantin Wanita Salat Gegerkan Jagat Maya

Dream - Riuh jadinya bila sebuah foto menampilkan sepasang pengantin yang baru saja menikah menunaikan salat 'bersama'.

Foto tersebut memicu berbagai reaksi akibat kesalahan yang ditunjukkan pengantin wanita yang menjadi makmum. Posisi pengantin wanita bisa dikatakan kurang tepat dari segi syariat.

Selain itu potongan gaun pengantin wanita yang digunakan untuk salat juga agak ketat. Sehingga menampilkan bentuk tubuh dan pinggulnya. Apalagi mereka melakukan salat di tempat terbuka sehingga menjadi pandangan bagi yang bukan muhrim.

Memang memakai mukena bukan wajib. Namun bagi wanita, pakaian untuk salat harus longgar dan tidak menampakkan secara nyata bentuk tubuh demi menghindari bahaya 'fitnah' mata.

Dari segi posisi, pengantin wanita juga kurang tepat. Di dalam metode disiplin salat, seorang suami yang mengimami istri ketika salat jamaah harus berada di depan istri dan posisi istri harus di belakang suami, bukannya di tepi suami.

Posisi di tepi imam lazimnya untuk seorang makmum pria jika salat dilakukan secara berdua, sementara jika bertiga atau lebih, barisan saf harus dalam keadaan lurus melintang panjang di belakang imam.

Semoga masalah salat pengantin wanita ini bisa dijadikan renungan buat kita semua agar tidak berulang lagi.

(Ism, Sumber: mynewshub.cc)

2 dari 5 halaman

Jangan Tidur Usai Salat Shubuh dan Sebelum Isya

Dream - Tidur menjadi sesuatu intipati dalam kehidupan kita. Karena dengan tidur, kita menjadi segar kembali. Tubuh yang letih, urat-urat yang mengerut dan otot-otot yang digunakan untuk bekerja seharian dapat diremajakan kembali melalui tidur.

Namun, di balik manfaat itu ternyata ada beberapa mitos yang melarang waktu magrib dan pagi hari untuk tidur. Apabila tidur lewat waktu petang akan menyebabkan kebodohan dan linglung. Benarkah demikian? Di sini kita menguak fakta mengapa waktu-waktu itu dilarang untuk tidur.

Dr Alyssa Cairns pada Associated Professional Sleep Societies di Minneapolis, Amerika Serikat meneliti kebiasaan tidur 738 anak-anak yang berusia dua tahun ke atas.

Hasilnya, mereka yang tidur lewat petang terbukti sukar untuk tidur malam dan gagal memainkan puzzle dan kemahiran organisasi. Akibat kebiasaan tidur di lewat petang, mereka akan lewat tidur 39 menit berbanding dengan rekan sebaya yang tidak tidur.

Apabila tidur antara lewat petang dan waktu maghrib, maka manfaatnya akan semakin berkurang dan memudaratkan.

Selain itu, waktu-waktu yang dimakruhkan untuk tidur adalah waktu antara sesudah salat subuh dan terbitnya matahari. Secara ringkas, tidur yang paling bermanfaat adalah tidur selama setengah malam yang pertama dan seperenam yang terakhir, kira-kira delapan jam.

Ingin tahu lebih lanjut penejelasannya? Yuk selengkapnya Baca di sini. (Ism)

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini!

3 dari 5 halaman

Hukum Memejamkan Mata Saat Salat

Dream - Mendirikan salat merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang sehat secara jasmani dan rohani. Selain khusyuk, pentingnya mematuhi bacaan serta gerakan salat yang benar.

Sesungguhnya amal salatlah yang akan mendampingimu saat tubuh sudah menyatu dengan tanah. Pernahkah diantara anda memejamkan mata saat mendirikan salat?

Dalam ar-Raudhul Murbi-Kitab fikih madzhab, memejamkan mata saat salat dikatakan makruh.

Sejumlah ulama mengatakan, hal itu merupakan perbuatan orang-oang Yahudi dan bertentangan dengan sunnah Rasulullah SAW, yakni mengarahkan pandangan ketika salat ke tempat sujud.

Kemakruhan memejamkan mata saat salat, karena bisa saja menyebabkan seseorang tertidur.

Lain halnya bila pandangan ketika salat di depannya menggangu konsentrasi, misalnya saja ada yang memakai pakaian dengan gambar atau ilustrasi kata-kata yang membuat konsentrasi sirna, pejamkanlah mata agar tidak menghilangkan kekhusyu'an. Selengkapnya Klik di sini(Ism, Sumber: darussolihin.net

 

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini!

4 dari 5 halaman

Mahasiswa Non Muslim Lindungi Teman dari Hujan Saat Salat

Dream - Foto yang menunjukkan kerukunan empat mahasiswa Universiti Malaysia Perlis (UniMAP) berlainan ras dan agama menghebohkan Negeri Jiran. Dalam foto terlihat empat mahasiswa berkebangsaan Cina dan India melindungi tiga mahasiswa Islam yang sedang salat berjamaah dari terkena hujan.

Melalui foto tersebut dapat dilihat bahwa perbedaan ras dan agama tidak membatasi hubungan ketujuh mahasiswa UniMAP sewaktu di Kem PPMS UniMAP di Kaki Bukit, Perlis.

Sikap mahasiswa non-muslim tersebut mendapat pujian dari netizen serta dianggap sebagai karakter asli Malaysia yang harus ada di dalam hati setiap warga negara tersebut.

" Ini sebabnya saya suka menjadi warga Malaysia ... kalian yang terbaik!!! Saya suka Cina, India, Melayu dan lain-lain," kata Nur Atika Hisham.

" Walaupun hanyalah 'kem', kenapa tidak kita doakan agar semua ini tetap abadi dalam semangat persatuan? Come'on Malaysia, inilah waktunya generasi baru untuk tumbuh," kata Rasyid Razak.

Sikap keempat mahasiswa tersebut dianggap sebagai penerapan slogan Sehati Sejiwa yang dipakai untuk merayakan kemerdekaan Malaysia yang jatuh pada 31 Agustus.

Selain itu, sikap tersebut merupakan semangat setiakawan serta toleransi agama yang dibutuhkan oleh seluruh rakyat Malaysia yang terdiri dari multi-ras dan agama.

5 dari 5 halaman

Golongan Orang Rajin Salat tetapi Sia-sia

Dream - Pada saat hari perhitungan amal pada hari kiamat kelak, hal yang pertama kali akan dihisab adalah salat. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya ibadah yang satu ini. Di dalam Alquran, perintah yang paling sering Allah katakan adalah perintah tentang salat. Ada banyak ayat yang memerintahkan kita untuk selalu mendirikan salat.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda, " Sesungguhnya pertama kali yang dihisab (ditanya dan diminta pertanggungjawaban) dari segenap amalan seorang hamba di hari kiamat kelak adalah salatnya. Bila salatnya baik maka beruntunglah ia dan bilamana salatnya rusak, sungguh kerugian menimpanya." [HR. Tirmidzi]

Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk selalu mendirikan salat. Namun, di zaman yang sudah modern seperti sekarang ini tampaknya banyak orang yang sudah mulai memandang remeh salat. Bahkan hanya karena suatu alasan yang sepele saja, seseorang dapat dengan mudah meninggalkan salat.

Bahkan saat ini banyak orang yang menganggap bahwa salat itu hanya sebagai rutinitas ibadah semata. Ada juga seseorang yang melaksanakan salat karena terpaksa dan lain sebagainya. Hal-hal seperti inilah penyebab seseorang yang rajin salat tetapi masuk neraka, karena dalam melaksanakan ibadah tersebut mereka tidak secara ikhlas melakukannya.

Dan berikut ini ada beberapa golongan orang yang rajin salat tetapi masuk neraka:

1. Salat tetapi suka berdusta
2. Salat tetapi suka minum minuman keras
3. Salat tetapi percaya dukun
4. Salat tapi suka bergunjing keburukan orang lain
5. Salat tetapi mengabaikan anak yatim.

Penasaran dengan penjelasannya lebih lanjut? Yuk selengkapnya Baca di sini 

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini!

Beri Komentar