Herv Renard, Mantan Petugas Kebersihan yang Bawa Arab Saudi Kalahkan Argentina

Reporter : Nabila Hanum
Rabu, 23 November 2022 13:00
Herv Renard, Mantan Petugas Kebersihan yang Bawa Arab Saudi Kalahkan Argentina
Untuk menambah penghasilan, ia bekerja paruh waktu sebagai petugas kebersihan.

Dream - Arab Saudi meraih kemenangan bersejarah atas Argentina di Piala Dunia 2022. Tim Elang Hijau melibas Tango dengan skor 2-1.

Kemenangan Timnas Arab Saudi memang mengejutkan. Salah satu kunci di balik kemenangan itu adalah pelatih Arab Saudi, Herv Renard.

Pelatih asal Prancis itu dipercaya menangani Arab Saudi sejak 2019 dan membawa tim menuju kesuksesan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

1 dari 4 halaman

Perjalanan karier Renard sendiri cukup unik. Lahir di daerah Aix-les-Bains, Prancis, 54 tahun lalu, Herv Renard mulai menjajaki dunia sepak bola dengan menjadi pemain bek di Timnas Prancis di era 1980-an.

Namun, cedera lutut yang dialaminya pada 1998 memupuskan karier Renard untuk selama-lamanya. Dirinya harus pensiun sebagai pemain.

Herv Renard© Twitter @brfootball

2 dari 4 halaman

Pada usia 30, ia memutuskan menjadi pelatih klub Draguignan SC, sebuah tim amatir di Prancis Selatan. Untuk menambah penghasilan, ia bekerja paruh waktu sebagai petugas kebersihan.

Sebagai seorang pelatih, dirinya sama sekali tak pernah membayangkan akan memimpin sebuah tim yang berlaga di Piala Dunia.

Karier kepelatihan Herv Renard hanya berkutat untuk menangani klub-klub sementana. Karir internasionalnya dimulai saat ia dipercaya melatih Timnas Zambia.

3 dari 4 halaman

Bersamanya, Zambia sukses memenangkan Piala Afrika pada tahun 2012. Selanjutnya pada 2015, Herv Renard juga berhasil membawa Timnas Pantai Gading juara Piala Afrika.

arab saudi vs argentina© Twitter @brfootball

Pada Juli 2019, Renard telah menandatangani kesepakatan untuk menjadi pelatih Timnas Arab Saudi. Dirinya memimpin negara Teluk Arab itu meraih kemenangan telak melawan Argentina di Piala Dunia 2022.

Hasil itu, membuat Arab Saudi mematahkan rekor 36 laga tak terkalahkan Argentina.

4 dari 4 halaman

 

Beri Komentar