Ilmuwan: Ada DNA 'Alien' di Tubuh Manusia

Reporter : Sandy Mahaputra
Selasa, 17 Maret 2015 13:01
Ilmuwan: Ada DNA 'Alien' di Tubuh Manusia
Penelitian ini masih diperdebatkan dan banyak yang menentang. Mengapa?

Dream - Menurut para ilmuwan dari University of Cambridge, Inggris, dalam penelitian terbarunya, manusia mengandung gen 'alien' atau gen 'asing' yang tidak diwariskan dari nenek moyang.

Menurut mereka, kita mendapat gen 'asing' penting dari mikroorganisme yang hidup bersama di lingkungan mereka pada zaman kuno.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Genome Biology ini menantang pandangan konvensional bahwa evolusi binatang tergantung sepenuhnya pada gen yang diwariskan melalui jalur nenek moyang. Mereka mengatakan proses akuisisi gen masih terus berlangsung.

Penelitian yang dipimpin oleh Alastair Crisp ini fokus pada transfer gen secara horisontal, yakni transfer gen antara organisme yang hidup di lingkungan yang sama.

" Ini adalah penelitian pertama yang menunjukkan betapa luasnya transfer gen horisontal (HGT) berlangsung pada binatang, termasuk Manusia. Aktivitas transfer gen model ini memunculkan puluhan hingga ratusan gen asing yang aktif," kata Crisp dikutip Dream.co.id dari Daily Mail, Selasa 17 Maret 2015.

Crisp menjelaskan, anehnya, jauh dari kejadian langka, terlihat bahwa HGT telah memberikan kontribusi terhadap banyak evolusi, mungkin pada semua hewan dan bahwa proses ini masih berlangsung.

" Yang berarti, bahwa kita mungkin perlu mengevaluasi kembali bagaimana kita berpikir tentang evolusi."

Teori HGT memainkan peran penting dalam evolusi beberapa hewan, termasuk cacing nematoda yang telah memperoleh gen dari mikroorganisme dan tanaman di sekitarnya. Beberapa kumbang juga memperoleh gen bakteri untuk menghasilkan enzim untuk mencerna buah kopi.

Namun, gagasan bahwa HGT terjadi pada hewan yang lebih kompleks, seperti manusia, bukan semata-mata mewarisi gen langsung dari nenek moyang, masih diperdebatkan dan banyak yang menentang.

Beri Komentar