Ini Biang di Balik Maraknya Pernikahan Siri 'Online'

Reporter : Amrikh Palupi
Rabu, 18 Maret 2015 10:31
Ini Biang di Balik Maraknya Pernikahan Siri 'Online'
Jasa pernikahan siri online kian marak. Sejumlah faktor diduga menjadi biang di balik menjamurnya jasa pernikahan siri di tersebut.

Dream - Jasa pernikahan siri online kian marak. Sejumlah faktor diduga menjadi biang di balik menjamurnya jasa pernikahan siri di tersebut. Di antaranya motif ekonomi.

“ Ada kemungkinan penikahan siri online terjadi karena masalah tuntutan ekonomi, kebutuhan status, dan bukan kebutuhan seksual saja,” kata psikolog perkawinan dan keluarga, Widiawati Bayu, saat berbincang dengan Dream.

Menurut dia, pernikahan tak hanya sebatas urusan pasangan pengantin saja. Pernikahan merupakan perkenalan antara keluarga pasangan pengantin. Selain itu, pernikahan memiliki sifat sakral bagi seluruh agama.

Jasa-jasa pernikahan siri di internet itu, tambah perempuan yang karib disapa Widi ini, seolah menghapus kesakralan perkawinan. Di samping itu, praktik semacam ini bakalan banyak merugikan kaum perempuan.

“ Pernikahan siri saja membatasi hak perempuan, apalagi dilakukan secara online, misalnya pihak lelaki sudah mempunyai istri sebelumnya, tentunya istri siri harus berdiam diri agar tidak diketahui pernikahannya itu,” ujar dia.

Widi menambahkan, sebagian perempuan bahkan tidak mempertimbangkan dampak jangka pendek dari pernikahan siri. Meski demikian, untung rugi pernikahan siri itu tergantung pada pandangan masing-masing orang.

“ Untung atau rugi pernikahan siri online ini tergantung dengan individunya karena sifatnya sangat personal,” ujar psikolog yang membuka praktik di kawasan Jakarta Selatan ini. 

Baca Juga: Dua Artis Cantik Ini Sesalkan Nikah Siri 'Online' MUI Kecam Nikah Siri `Online` Tersindir Status WhatsApp Istri, Suami Gugat Cerai Kenalan di Facebook, Setelah Menikah Wanita Itu Bunuh Diri Sehari Setelah Menikah, Pengantin Wanita Tewas Mengenaskan Salah Jawab '15+6', Mempelai Pria Ditinggal Kabur Calon Istri Ceraikan Istri karena Cemburu pada Seekor Unta Lihat Wajah Istri Kali Pertama, Suami Langsung Minta Cerai Jangan Pernah Remehkan Kalimat `Aku Tidak Mencintaimu`

Beri Komentar