Singgung Pemilu 2024 di Sidang Tahunan MPR, Jokowi: `Jangan Ada Lagi Politisasi Agama`

Reporter : Okti Nur Alifia
Selasa, 16 Agustus 2022 13:01
Singgung Pemilu 2024 di Sidang Tahunan MPR, Jokowi: `Jangan Ada Lagi Politisasi Agama`
“Saya ingatkan, jangan ada lagi politik identitas. Jangan ada lagi politisasi agama. Jangan ada lagi polarisasi sosial," kata Presiden Jokowi.

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung soal Pemilu Umum (Pemilu) 2024 dalam pidato kenegaraannya di Sidang MPR Tahunan 2022 hari ini, Selasa, 16 Agustus 2024.

Jokowi mengatakan kepada masyarakat untuk mendukung sepenuhnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pihak penyelenggara dalam pelaksanaannya.

“ Adapun tahapan Pemilu yang sedang dipersiapkan oleh KPU harus kita dukung sepenuhnya,” katanya dikutip dari YouTube DPR RI.

Kepala Negara juga mengingatkan terkait hal-hal yang berhubungan dengan politik di dalam pelaksaan Pemilu 2024, dengan tegas dia mengimbau jangan ada lagi politik identitas, politisasi agama, juga polarisasi sosial.

“ Saya ingatkan, jangan ada lagi politik identitas. Jangan ada lagi politisasi agama. Jangan ada lagi polarisasi sosial. Demokrasi kita harus semakin dewasa. Konsolidasi nasional harus diperkuat,” ucapnya.

1 dari 4 halaman

Secara khusus Presiden juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh kebudayaan, yang telah berkontribusi besar memperkokoh fondasi kebangsaan, serta merawat persatuan dan kesatuan nasional.

" Saya juga mengharapkan dukungan dari semua lembaga negara untuk menjaga dan membangun demokrasi di negeri tercinta ini, untuk memperkokoh ideologi bangsa,"  

Secara khusus, Presiden menghargai upaya MPR dalam mendorong pengamalan Pancasila, mengkaji substansi dan bentuk hukum Pokok-Pokok Haluan Negara, serta menggagas kerja sama internasional dalam mengatasi permasalahan global.

Terkait persiapan Pemilu 2024, belum lama ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah secara resmi menutup pendaftaran partai politik (Parpol) pada 14 Agustus 2022. Tercatat sebanyak 40 Parpol telah mendaftarkan diri dan 24 parpol diantaranya telah dinyatakan telah lolos karena kelengkapan administrasi ke tahap verifikasi administrasi. 

Berikut daftar parpol yang lolos ke tahap verifikasi administrasi: 

1. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) 

2. Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) 

3. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 

4. Partai Bulan Bintang (PBB) 

5. Partai Persatuan Indonesia (Perindo) 

6. Partai Nasdem 

7. Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) 

8. Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda) 

9. Partai Demokrat 

10. Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) 

11. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) 

12. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) 

13. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 

14. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) 

15. Partai Amanat Nasional (PAN) 

16. Partai Golongan Karya (Golkar) 

17. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 

18. Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) 

19. Partai Buruh 

20. Partai Republik 

21. Partai Ummat 

22. Partai Republiku Indonesia 

23. Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo) 

24. Partai Republik Satu 

2 dari 4 halaman

Sementara itu, KPU juga masih memeriksa kelengkapan berkas pendaftaran dari 16 partai politik lain, yakni: 

1. Partai Reformasi 

2. Partai Negeri Daulat Indonesia (Pandai) 

3. Partai Demokrasi Rakyat Indoensia (PDRI) 

4. Partai Kedaulatan Rakyat (PKR) 

5. Partai Beringin Karya (Berkarya) 

6. Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo) 

7. Partai Indonesia Bangkit Bersatu (Ibu) 

8. Partai Karya Republik (Pakar) 

9. Partai Bhineka Indonesia 

10. Partai Pandu Bangsa 

11. Partai Pergerakan Kebangkitan Desa 

12. Partai Masyumi 

13. Partai Damai Kasih Bangsa 

14. Partai Kongres 

15. Partai Pemersatu Bangsa 

16. Partai Kedaulatan

3 dari 4 halaman

Jokowi Tampil Cerah Berbalut Baju Adat Bangka Belitung di Sidang Tahunan MPR 2022

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin telah tiba di Kompleks Gedung DPR, MPR, Jakarta, untuk menghadiri Sidang Tahunan MPR 2022 yang digelar hari ini, Selasa 16 Agustus 2022.

Seperti di tahun sebelumnya, pasangan Presiden dan Wakil Presiden ini datang di momen kenegaraan tersebut dengan baju adat.

Jokowi, yang akan menyampaikan pidato kenegaraaanya, tampil cerah dengan baju adat Bangka Belitung bernuansa hijau. Dia didampingi istrinya, Iriana Jokowi, yang mengenakan kebaya dominan merah muda.

Orang nomor satu Indonesia ini tiba sekitar pukul 08.55 WIB dengan iringan alunan musik marching band Kepolisian Republik Indonesia.

Berdasarkan jadwal, Jokowi rencananya akan berpidato sebanyak dua kali, yakni mulai pukul 10.18-11.03 WIB, dilanjutkan 13.50 -14.35 WIB. 

4 dari 4 halaman

Sementara Wapres Ma’ruf Amin tiba di lokasi sekitar pukul 08.45. Dia mengenakan pakaian daerah beskap hitam dilengkapi blankon cokelat dan keris. Sedangkan istrinya, Wury dia mengenakan kebaya warna cokelat.

sidang tahunan mpr© YouTube DPR RI

Sejumlah menteri juga sudah tiba seperti Menkominfo Johnny G Plate, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri KLHK Siti Nurbaya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Hadir pula pejabat publik lainnya yakni Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla, serta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Beri Komentar