Terkuak, Jumlah Uang Dibayar Syahrini untuk Umroh First Travel

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Senin, 9 Oktober 2017 16:02
Terkuak, Jumlah Uang Dibayar Syahrini untuk Umroh First Travel
Syahrini menegaskan tak pernah menerima bayaran dari First Travel.

Dream - Pelantun 'Maju Mundur Cantik' Syahrini kembali menjalani pemeriksaan terkait kasus First Travel di Bareksim Polri. Dalam pemeriksaan kali ini, Syahrini ditemani pengacara kondang, Hotman Paris Hutapea.

Hotman mengatakan Syahrini tidak pernah menerima bayaran dari First Travel.

" Syahrini tidak pernah dibayar lima perak pun dari First Travel, tapi Syahrini membayar sampai Rp200 juta lebih," kata Hotman di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Senin 9 Oktober 2017.

Menurut Hotman, saat menjalankan ibadah umroh Syahrini menggunakan jasa First Travel dengan membayar kelas regular. Tetapi, lanjut Hotman, Syahrini memang mendapat layanan kelas VVIP dari biro umroh milik Andika Surachman dan Anniesa Desvitasari Hasibuan itu.

Layanan VVIP diberikan karena Syahrini bersedia 

" Syahrini bukan umrah gratisan," ucap Hotman.

Saat pemeriksaan pertama Rabu, 27 September 2017. Syahrini mengakui mendapatkan potongan sebesar 50 persen dari First Travel.

" Kerjasamanya adalah saya pastinya dapat diskon dari misalkan (harusnya) satu, menjadi setengah untuk saya," kata Syahrini di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Rabu 27 September 2017.

irektorat Tindak Pidana Umum Bareskrim terus melacak aliran dana First Travel, termasuk sejumlah uang yang diduga untuk kerja sama promosi dengan beberapa artis.

" Kita jadi tahu ke mana saja dana-dana yang dipakai yang patut diduga hasil kejahatan. Itu data buat kami. Kami ingin mengungkap bahwa perbuatan melawan hukum ketiga tersangka dilakukan dengan modus, cara-cara yang memang dibuat sebuah niat," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Martinus Sitompul.

Artis lain yang telah menjalani pemeriksaan yakni penyanyi Vicky Shu pada Senin, 2 Oktober 2017 lalu. Rencananya, penyidik juga akan memanggil Ria Irawan untuk diperiksa.

Saat ini, polisi telah menetapkan tiga tersangka kasus ini yakni Andika Surrachman, Anniesa Desvitasari Hasibuan serta Siti Nuraidah Hasibuan alias Kiki Hasibuan.

1 dari 4 halaman

Biaya Umroh Syahrini dari First Travel Versi Polisi

Dream - Kasubdit V Direktorat Tindak Pidana Umum Bares Polri, Kombes Dwi Irianto, mengatakan, First Travel mengeluarkan biaya miliaran rupiah untuk memberangkatkan Syahrini dan 11 anggota keluarganya umroh ke Tanah Suci.

" Kalau menurut keterangan dari staff --First Travel-- yang menggurus keberangkatan, mereka kurang lebih itu miliaran," kata Dwi saat dikonfirmasi, Sabtu 7 Oktober 2017.

Tak hanya Syahrini, menurut Dwi, First Travel juga mengeluarkan biaya tak sedikit untuk memberangkatkan artis Vicky Shu ke Tanah Suci. " Kalau Vicky Shu itu Rp108 juta," ucap dia.

Saat menjalani pemeriksaan pada Jumat 29 September 2017, adik sekaligus manager Syahrini, Aisyahrini, mengakui, ada 12 anggota keluarganya yang berangkat ke Tanah Suci.

" Sebagian lagi yang 5 orang adalah tim dari First Travel sendiri, bukan dari tim saya. Jadi keluarga saya yang brangkat hanya 12 orang termasuk anak-anak saya," ujar Aisyahrani.

2 dari 4 halaman

Syahrini Mengakui Diskon, Vicky Shu Malah Bayar...

Sementara, Syahrini mengaku mendapat potongan harga dari First Travel saat pergi umroh. " Kerjasamanya adalah saya pastinya dapat diskon dari misalkan satu menjadi setengah untuk saya," ujar Syahrini.

Dia mengatakan tak akan sudi bekerja sama dengan First Travel bila tahu biro umroh ini menipu jemaah. Baca: Syahrini: Naudzubillahi Min Dzalik Saya Makan Uang Jemaah!

Sementara, pelantun Vicky Shu mengaku sama sekali tidak di-endorse oleh perusahan milik Andika Surachman dan Anniesa Desvitasari Hasibuan itu.

" Saya enggak di-endorse, saya bayar full," tegas Vicky di Bareskrim Polri, Jakarta, Senin 2 Oktober 2017.

3 dari 4 halaman

Barang Mewah Bos First Travel Ternyata Banyak yang KW

Dream - Ternyata tidak semua barang mewah Anniesa Hasibuan dan Andika Surrachman yang disita polisi merupakan produk asli. Selain dibeli bekas, di antara barang-barang yang jadi bukti kasus penipuan jemaah umroh First Travel itu adalah barang palsu alias KW.

" Dari yang disita itu ada yang ori juga, tapi banyak juga yang beli second dan KW," pengacara Anniesa dan Andika, Putra Andika Kurniadi, kepada Dream, Sabtu 7 Oktober 2017.

Polisi memang telah menyita sejumlah aset milik pasangan bos First Travel ini, mulai kantor, rumah, mobil mewah, tas dan sepatu branded, hingga baju musim semi dan musim panas. Pasangan ini memang dikenal hidup glamor.

Menurut Putra, barang-barang luks yang dibeli Anniesa harga paling mahalnya sebesar Rp180 juta. Pembelian itu dilakukan ketika sedang berkunjung ke luar negeri. Putra merasa, barang-barang itu wajar dibeli oleh seorang desainer untuk menunjang penampilan serta kariernya.

" Seperti tas yang paling mahal hanya Rp180 juta, itu pun hanya satu. Selebihnya di bawah Rp50 juta," ucap dia.

Kasubdit V Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Kombes Pol Dwi Irianto, sebelumnya mengatakan, setidaknya ada 150 pasang sepatu bermerek milik Anniesa telah disita polisi. " Ada sepatu bermerrk 150 pasang, baju-baju bermerek, baju-baju musim semi, musim dingin, tas," ujar Dwi.

4 dari 4 halaman

Uang Jemaah First Travel Dipakai Fashion Show, Astaga Jumlahnya...

Dream - Penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri menemukan aliran dana jemaah umroh yang dipakai oleh bos PT First Anugerah Karya atau First Travel. Rupanya, dana yang jumlahnya miliaran itu dipakai untuk kegiatan operasional perusahaan dan kegiatan pribadi.

" Jadi dana yang terkumpul itu kan ada dua, dipakai untuk kepentingan operasional dan pribadi. Salah satu kepentingan pribadi yaitu fashion show," kata Kasubdit V Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Kombes Pol Dwi Irianto, saat dikonfirmasi, Sabtu 7 Oktober 2017.

Dana yang digunakan bos First Travel, Andika Surrachman dan Anniesa Desvitasari Hasibuan, untuk menggelar fashion show nilainya lumayan besar. Selama ini, Anniesa memang dikenal sebagai diseiner. Busana rancangannya sudah dikena.

Tak hanya di dalam negeri. Anniesa juga telah melanglang buana hingga ke Amerika Serikat. Dia pernah unjuk busana di New York Fashion Week. " Untuk kepentingan pribadi sementara Rp127 miliar," ucap Dwi.

Hingga saat ini, total aset First Travel yang sudah disita polisi sebesar Rp50 miliar. Padahal, dari total kerugian jemaah yang belum bisa diberangkatkan angkanya lebih dari Rp500 miliar.

" Total (aset yang disita) baru Rp50 miliar," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Martinus Sitompol, Jumat 6 Oktober 2017.

Beri Komentar