Kembangkan Budaya, Anas Tiru Cara K-Pop

Reporter : Maulana Kautsar
Selasa, 18 Juli 2017 19:12
Kembangkan Budaya, Anas Tiru Cara K-Pop
Anas ingin meniru Korea Selatan melakukan ekspansi budaya ke dunia.

Dream - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas ingin meniru cara Korea Selatan mengembangkan budaya K-Pop untuk memperkenalkan negaranya. Saat ini, K-Pop sedang digandrungi banyak masyarakat dunia.

" K-Pop sungguh luar biasa. Bagaimana mereka melakukan pemasaran budaya dan gaya hidup, mulai dari drama, kuliner, sampai musik dan joget seperti Gangnam Style begitu heboh di mana-mana," kata Anas, dikutip Dream dari Merdeka.com, Selasa, 18 Juli 2017.

Anas memanfaatkan kehadiran Dubes Korea Selatan untuk Indonesia Cho Taiyoung untuk bertanya mengenai pengembangan K-Pop. Menurut dia, proses ekspansi budaya K-Pop tidak dilakukan dalam waktu singkat.

" Ini proses panjang, di mana Korea paham bahwa kreativitas sangat kuat dalam menggerakkan perekonomian mereka," kata Anas sembari menikmati kopi bersama Cho di Desa Adat Kemiren.

Anas mencermati, pengembangan ekonomi Korea Selatan tidak hanya bersandar pada ekonomi kreatif. Korea Selatan juga mengembangkan sektor industri teknologi.

" Makanya nation branding mereka adalah Creative Korea. Kuat sekali, karena memang pusat kreativitas ada di sana," ujarnya.

Dubes Cho Taiyoung mengatakan kunjungannya ke Bumi Blambangan untuk mempererat hubungan dengan daerah yang ada di Indonesia. Dia mencermati perkembangan Banyuwangi dalam beberapa tahun terakhir.

" Kunjungan saya ke Banyuwangi semakin menambah kecintaan saya pada Indonesia. Ini negeri yang luar biasa," kata Cho.

Terkait pengembangan ekonomi kreatif berbasis seni-budaya, kata dia, Korea memang membangunnya dengan berkelanjutan. " Seni-budaya menjadi diplomasi yang bisa diterima banyak kalangan di dunia ini. Hal tersebut menjadi dorongan bagi kami untuk terus mengembangkan pusat-pusat kreativitas di Korea," ujar dia. (ism) 

Beri Komentar