Kumpulan Hadis tentang Keutamaan Puasa Ramadhan

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 21 April 2022 20:00
Kumpulan Hadis tentang Keutamaan Puasa Ramadhan
Hadis tentang keutamaan puasa.

Dream – Bulan Ramadhan merupakan bulan paling istimewa di antara bulan-bulan yang lain. Pada bulan ini semua amal baik akan dilipatgandakan pahalanya. Segala permohonan ampun atas dosa-dosa juga akan diterima oleh Allah Swt.

Maka dari itu sangat dianjurkan pada bulan ini untuk meninggalkan keburukan dan kemaksiatan. Sebab berlaku buruk pada bulan ramadhan juga akan dibalas dengan kepedihan berlipat. Lebih baik melakukan amal kebajikan agar mendapatkan keutamaan puasa Ramadhan.

Keutamaan puasa Ramadhan dan keistimewaannya bukan hanya iming-iming belaka, melainkan telah disampaikan oleh Nabi Muhammad Saw dalam hadis-hadisnya.

Berikut Dream rangkum dari berbagai sumber tentang hadis keutamaan puasa Ramadhan. Simak ulasannya berikut ini.

1 dari 6 halaman

1. Bulan Penuh Berkah

Bulan penuh berkah merupakan salah satu keutamaan puasa ramadhan yang sudah sering terdengar. Pintu-pintu neraka ditutup, sedangkn pintu-pintu surga dibuka lebar. Setan-setan juga terpenjara di dalam neraka. Sehingga tak ada lagi godaan setan di dunia selama bulan Ramadhan. Pada bulan Ramadhan pula terdapat satu malam yang paling istimewa karena nilainya lebih baik daripada seribu bulan.

Keutamaan puasa Ramadhan yang satu ini telah disampaikan Rasulullah Saw dalam riwayat Imam Ahmad. Rasulullah Saw bersabda:

 قَدْ جَاءَكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌمُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ تُفْتَحُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَنَّةِ وَيُغْلَقُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَحِيْمِ وَتُغَلًّ فَيْهَ الشَّيَاطَيْنُ فَيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ ألْفِ شَهْرٍ

Artinya: “ Telah datang Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu, saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan.” (HR. Ahmad)

2 dari 6 halaman

2. Bulan Penebusan Dosa

Keutamaan puasa Ramadhan juga disebut sebagai bulan untuk menebus dosa-dosa hingga datang Ramadhan berikutnya. Segala dosa-dosa akan diampuni apabila seorang Muslim ikhlas menjalankan puasanya hanya untuk Allah semata.

Rasulullah Saw bersabda:

اَلصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ وَالْجُمْعَةُ إلَى الْجُمْعَةِ وَرَمَضَاُن إلَى رَمَضَانَ مُكَفِّرَاةٌ مَا بَيْنَهُنَّ إذَاجْتَنَبَ اْلكَبَائِرَ

Artinya: “ Jarak antara sholat lima waktu, sholat Jumat dengan Jumat berikutnya dan puasa Ramadhan dengan Ramadhan berikutnya merupakan penebus dosa­dosa yang ada diantaranya, apabila tidak melakukan dosa besar.” (HR Muslim)

Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إيْمَا نًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: “ Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan karena Iman dan mengharap pahala dari Allah maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR Bukhari dan Muslim)

3 dari 6 halaman

3. Memberi Makan Orang Berpuasa, Berpahala Sama

Hanya di bulan ramadhan, seseorang memberi makanan untuk buka puasa orang lain yang berpuasa, maka ia akan mendapatkan pahala orang yang berpuasa tersebut. Hal ini sebagaimana terdapat pada hadis Rasulullah Saw bersabda:

 مَنْ فَطَرَ صَائِمًا كُتِبَ لَهُ مِثْلُ أجْرِ الصَّا ئِمِ لَا يَنْقُصَ مِنْ أجْرِ الصَّائِمِ شَيْئٌ

Artinya: " Barangsiapa memberi perbukaan (makanan atau minuman) kepada orang yang berpuasa, maka dia akan mendapat pahala seperti pahala orang yang berpuasa itu, tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang yang berpuasa tersebut." (HR Ahmad) 

4 dari 6 halaman

4. Sedekah Paling Baik

Sedekah yang paling baik adalah dilakukan pada bulan Ramadhan. Inilah keutamaan puasa Ramadhan yang tak kalah penting. Sehingga saat berpuasa ramadhan, banyak orang berbondong-bondong menyisihkan hartanya untuk disedekahkan.

Sebab pahalanya akan dilipatgandakan, selain itu juga hatinya selalu dilimpahii ketenangan. Keutamaan puasa Ramadhan yang satu ini juga berdasarkan hadis Rasulullah Saw:

أيُّ الصَّدَقَةِ أفْضَلُ؟ قَالَ صَدَقَةٌ فَيْ رَمَضَانَ

Artinya: " Rasulullah Saw pemah ditanya: Sedekah apakah yang paling mulia? Beliau menjawab: ‘Yaitu sedekah dibulan Ramadhan.’” (HR Tirmidzi)

5 dari 6 halaman

5. Doanya Mustajab

Berdoa kepada Allah Swt dianjurkan kepada setiap Muslim. Sebab Allah menyukai hamba-hamba yang berdoa kepada-Nya. Terdapat golonga orang-orang yang diijabah doanya dengan cepat, salah satunya adalah doa orang yang berpuasa.

Ini adalah keutamaan puasa Ramadhan yang sangat luar biasa. Di mana seseorang yang berpuasa lalu memanjatkan doa, maka doanya insya Allah akan diijabah.

Hal ini sebagaimana hadis Rasulullah Saw yang berbunyi:

 ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٍ ؛دَعْوَةُ الصَّائِمِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُوْمِ 

Artinya: " Ada tiga macam doa yang mustajab, yaitu doa orang yang sedang puasa, doa musafir dan doa orang yang teraniaya." (HR Baihaqi)

6 dari 6 halaman

6. Umroh Berpahala Haji

Keutamaan puasa Ramadhan yang selanjutnya adalah barangsiapa umroh pada bulan Ramadhan maka ia akan mendapat pahala seperti melakukan haji. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi Saw berikut:

فَإِنَّ عُمْرَةَ فِيْ رَمَضَانَ حَجَّةٌ

Artinya: " Sesungguhnya umrah dibulan Ramadhan sama dengan pahala haji." (HR Bukhari)

Itulah beberapa dalil dari hadis tentang keistimewaan dan keutamaan puasa yang wajib kamu ketahui. Dengan mengetahui keutamaan puasa di atas, diharapkan bisa menjadi pemicu semangat untuk meningkatkan ibadah dan amal saleh di bulan Ramadhan.

Sumber: NU Online

Beri Komentar