Logo Baru Southwark. (Sumber: Mirror.co.uk)
Dream – Dewan di Southwark, Inggris, mengeluarkan dana 15,4 ribu pound sterling atau Rp263,71 juta untuk membuat mendesain ulang logo konsil mereka. Tapi bukannya dipuji, logo baru ini malah dihujat habis-habisan oleh netizen.
Dilansir dari Mirror, Selasa 8 Agustus 2016, logo lama Southwark bertuliskan “ Southwark” ditambah dengan sebuah garis bawah dan titik di samping kata itu, Lalu, ada kata “ Council” di bawah kata Southwark.
Lalu, mereka mengeluarkan dana ratusan juta rupiah untuk mendesain kembali logo parlemen mereka. Logo baru ini bertuliskan “ Southwark” dan tanpa diikuti dengan tanda titik. Di bawah kata itu, tetap ada kata “ Council”. Plus, disematkan juga alamat situs pemerintahan daerah Southwark “ southwark.gov.uk”. Warna tulisannya diganti dengan abu-abu.
Baru diluncurkan, logo baru langsung menuai kritik dari netizen. Mereka menganggap tak ada perbedaan yang signifikan antara kedua logo itu.
“ @GuidoFawkes@mkpdavies dewan bodoh yang boros,” tulis pengguna Twitter bernama @GermaineMick.
Berikut ini adalah logo lama Southwark.
Pihak dewan pun angkat bicara. Seorang juru bicara dewan memberi tahu Mirror Online bahwa mereka memperbarui logo dewan untuk memperkenalkan situs resmi pemerintahan. Dana ratusan juta rupiah ini tak hanya digunakan untuk memperbarui logo, tapi juga untuk mengembangkan sistem.
“ Biaya desain ini tak hanya digunakan untuk memperbarui logo,tapi juga membangun sebuah panduan baru dan templates untuk membantu staf membuat materi sederhana,” kata juru bicara yang tak disebutkan namanya ini.
Dream - Para penggila iPhone, seberapa besar Anda mengenal produk Apple? Jika mengaku sebagai penggila produk besutan Steve Jobs, coba gambarkan logo dari Apple secara tepat.
Tantangan ini memang terbilang konyol. Namun sebuah survei dari Universitas of California, Los Angeles menemukan jika hanya 85 persen orang yang bisa menggambar secara tepat logo Apple.
Mulai dari iPhone hingga produk teranyarnya Apple Watch, sebagian besar masyarakat ternyata kesulitan menggambar secara akurat logo dari perusahaan raksasa Negeri Paman Sam tersebut.
Hal ini bisa memang dimaklumi. Peneliti dari UCLA mengungkapnya salah satu penyebabnya adalah pengguna Apple setiap tahunnya hampir disuguhi logo-logo baru dalam produk anyar.
Survei ini terbilang mudah. Responden cukup diminta menggambarkan kembali logo Apple mulai dari bentuk, ukuran gigitan, bentuk daun, dan orientasi dari daun apel mengarah.
Hasilnya, hanya 85 persen responden yang bisa menggambarkan secara tepat logo tersebut.
Dalam survei lain, para responden justru tak bisa mengidentifikasi satu dari 12 set logo Apple yang disodorkan para peneliti. Kurang dari setengah responden bisa menebak secara tepat.
" Logo Apple sebetulnya memiliki desain sederhana dan sering disebut sebagai salah satu logo paling terkenal di dunia," ungkap penelitian tersebut seperti dikutip Dailymail, Kamis, 12 Maret 2015.
Sayangnya, hasil penelitian justru menunjukan logo tidak terlalu ingat dengan detil logo ketika dipaksai menggambar maupun menunjuk logo yang benar.
Sepanjang sejarah, Apple memang telah memiliki tujuh logo Apple sejak berdiri pada 1977. Pada awal kemunculannya, Apple menggunakan siluet dari sebuah apel yang tergantung di atas pohon.
Ternyata bukan hanya logo sederhana Apple saja yang sulit diingat publik. Hal sama dialami ketika publik diminta mengingat logo Google baik dalam bentuk huruf maupun warna.
Para peniliti menyebut, hal ini terjadi karena perhatian dan memori tak selalu dibuat untuk mengingat apa yang kita anggap sudah tersimpan dalam otak.
" Meningkatkan paparan memang bisa membantu produk menjadi terkenal dan percaya diri. Namun tak lantas bisa disimpan sempurna dalam memori otak," ungkap penelitian tersebut.
Dream - Sebagai penggemar kopi Starbucks, Anda pasti tahu logo yang ada di cangkir kertas mereka. Tak cuma di cangkir, logo besar mereka bisa dilihat di sudut jalan, perkantoran, dan pusat hiburan.
Starbucks memasang gambar putri duyung yang tengah memegang dua ekornya. Sosok perempuan itu berwujud setengah manusia dan setengah ikan. Mitologi Yunani menyebut logo itu sebagai Siren.
Siren terkenal pandai merayu pelaut yang sedang berlayar di laut dengan lagu menarik yang paling kuat.
Selain mitos tersebut, ternyata simbol Siren memiliki arti yang cukup mengerikan. Siren berarti obsesi, kecanduan dan kematian.
Mengutip laman cracked.com, blog Starbucks menyebut logo Siren dipilih karena perusahaan kala itu mencari tema yang bisa menangkap semangat Seattle. Melongok ke belakang di tahun 1971, Seattle saat itu dikenal karena pelayaran dan pelabuhan dibandingkan pusat musuik rock grubge, hujan, dan hipster.
Dalam mitologi Yunani, Siren secara konsisten diilihat sebagai persinifikasi dari lautan. Dan itu tak selamanya bernama baik.
Mereka digambarkan sebagai sosiopat brutal yang membunuh Anda karena menganggap diri menarik. Menurut para ahli, mereka menyanyikan lagu yang sangat manis sehingga tubuh dan jiwa pendengarnya akan dibawa menuju kematian yang fatal.
Para pelaut yang kebetulan berada dalam jalur Siren akan langsung terobsesi dan tak sadar kapal tengah menuju ke batuan karang dan siap menunggu kematian mereka.
Dalam kehidupan sekarang, banyak orang dengan cara yang sama dengan mudahnya tergoda oleh iming-iming kopi mahal. Membeli cangkir demi cangkir sampai akhirnya menyerah. Tanpa sadar mereka telah menjadi pelanggan setia dan uang habis untuk minum bercangkir-cangkir kopi.
Advertisement
Senayan Berbisik, Kursi Menteri Berayun: Menanti Keputusan Reshuffle yang Membentuk Arah Bangsa
Perusahaan di China Beri Bonus Pegawai yang Turun Berat Badan, Susut 0,5 Kg Dapat Rp1 Juta
Style Maskulin Lionel Messi Jinjing Tas Rp1 Miliar ke Kamp Latihan
Official Genas, Komunitas Dance dari Maluku yang `Tularkan` Goyang Asyik Tabola Bale
Lebih dari Sekadar Kulit Sehat: Cerita Enam Selebriti Merawat Kepercayaan Diri yang Autentik
Peneliti Ungkap Pemicu Perempuan Sanggup Bicara 20 Ribu Kata Sehari?
Penampilan Alya Zurayya di Acara Dream Day Ramadan Fest 2023 Day 6
Bentuk Roti Cokelat Picu Komentar Pedas di Medsos, Chef Sampai Revisi Bentuknya
Mahasiswa Sempat Touch Up di Tengah Demo, Tampilannya Slay Maksimal
Selamatkan Kucing Uya Kuya Saat Aksi Penjarahan, Sherina Dipanggil Polisi
Rekam Jejak Profesional dan Birokrasi Purbaya Yudhi Sadewa, Menkeu Pengganti Sri Mulyani Indrawati
Bahaya Duduk Terlalu Lama di Toilet, Wasir Hingga Gejala Kanker