Luar Biasa! Ini Doa Keluar Rumah dan Manfaatnya Agar Selalu Terlindungi dari Bahaya

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 16 Agustus 2022 06:01
Luar Biasa! Ini Doa Keluar Rumah dan Manfaatnya Agar Selalu Terlindungi dari Bahaya
Membaca doa keluar rumah akan membuat seseorang terlindungi dari gangguan setan dan bahaya lainnya.

Dream – Doa keluar rumah dan manfaatnya penting diketahui umat Islam. Ini termasuk ke dalam bacaan doa sehari-hari yang seharusnya sering kita baca adalah doa keluar rumah.

Membaca doa saat keluar rumah dimaksudkan agar Allah SWT senantiasa melindungi kita dari marabahaya dan godaan setan.

Doa keluar ini tentunya juga memiliki keutamaan yang akan bermanfaat bagi orang yang mau mengamalkannya. Lantas bagaimana bacaan doa keluar rumah dan manfaatnya bagi umat Islam? Yuk ikuti informasi selengkapnya berikut ini.

1 dari 5 halaman

Doa Keluar Rumah Agar Dijaga Malaikat

Malaikat akan menjaga manusia yang memohon perlindungan kepada Allah Swt, termasuk dengan membaca doa keluar rumah. Doa keluar rumah dibaca agar seseorang dijauhkan dari marabahaya dan godaan setan. Berikut bacaan doa keluar rumah agar dijaga malaikat yang bisa kamu amalkan setiap hari:

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Bismillahi, tawakkaltu ’alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Artinya:

“ Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

2 dari 5 halaman

Doa Keluar Rumah Agar Terhindar dari Perampokan

Kejahatan bisa terjadi dan menimpa siapa saja dan dimana saja. Salah satunya adalah kejahatan berupa perampokan. Tingkat kriminalitas semakin tinggi, baik di pedesaan maupun perkotaan. Kasus perampokan marak terjadi. Inilah mengapa kita perlu melakukan kiat-kiat untuk menghindarinya.

Selain berusaha menghindari perampokan, kaum Muslim juga dianjurkan untuk bertawakal dengan cara berdoa kepada Allah Swt. Berikut bacaan doa keluar rumah agar terhindar dari perampokan, dikutip dari Bincang Syariah:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

Allahumma inni a’uzubika an adhilla aw udholla aw azilla aw uzalla aw udzlima aw udzlama aw ajhal aw ujhala ‘alayya.

Artinya:

“ Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari aku tersesat, atau aku menyesatkan, atau aku tergelincir, atau aku digelincirkan, atau aku menzalimi, atau aku dizalimi, atau kebodohanku atau aku dibodohi.”

3 dari 5 halaman

Manfaat Doa Keluar Rumah

Berikut manfaat mengamalkan doa keluar rumah yang penting diketahui kaum Muslim:

1. Dijaga Malaikat

Manfaat doa keluar rumah salah satunya adalah dijaga malaikat. Allah pun senantiasa melindungi dari berbagai marabahaya dan godaan setan selama beraktivitas. Hal ini sebagaimana disampaikan Rasulullah SAW dalam hadis yang diriwayatkan Imam Abu Daud dan Tirmidzi.

Dikisahkan dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda: “ Apabila seseorang keluar dari rumahnya, kemudian dia membaca doa, 'Bismillahi tawakkaltu 'alallah, laa hawla wa laa quwwata illa billah', maka disampaikan kepadanya, 'Kamu diberi petunjuk, dicukupkan kebutuhanmu, dan kamu dilindungi.' Seketika itu setan-setan pun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya, 'Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi?”

4 dari 5 halaman

2. Mendapatkan Petunjuk dari Allah

Manfaat membaca doa keluar rumah ialah Allah akan memberikan petunjuk ke jalan yang benar kepada setiap pembacanya.

Doa keluar rumah adalah wujud seseorang yang memohon perlindungan kepada Allah SWT. Orang yang mendapatkan petunjuk dari Allah SWT, maka tak akan ada pihak yang akan membuatmu tersesat.

3. Diberikan Kecukupan

Manfaat doa keluar rumah yang selanjutnya adalah dicukupkan rezekinya oleh Allah SWT. Selain itu juga dicukupkan hajatnya baik di dunia maupun akhirat.

5 dari 5 halaman

4. Terlindungi dari Setan

Gangguan setan selalu mengikuti manusia kemanapun perginya. Maka kita perlu memohon perlindungan dari Allah agar terbebas dari godaannya. Salah satu caranya adalah membetengi diri dengan doa saat keluar rumah.

Demikian itulah bacaan doa keluar rumah dan manfaatnya agar dijaga malaikat yang perlu diketahui kaum Muslim. Selain membaca doa, berdzikir selama di perjalanan juga sangat dianjurkan. Memperbanyak dzikir dan doa akan menambah pahala dan melindungi diri dari godaan setan.

 

Beri Komentar