5 Manfaat Puasa bagi Kesehatan Bumil dan Hal yang Harus Dipersiapkan sebelum Puasa

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Jumat, 12 Agustus 2022 13:00
5 Manfaat Puasa bagi Kesehatan Bumil dan Hal yang Harus Dipersiapkan sebelum Puasa
Meski sedang mengandung, ibu hamil diperbolehkan berpuasa karena menyehatkan sang ibu dan janinnya.

Dream – Menjalankan puasa tidak hanya sekadar bernilai ibadah saja. Namun di sisi lain ada juga manfaatnya dari sisi kesehatan yang penting untuk diketahui oleh setiap orang. Sudah banyak yang membahas tentang manfaat puasa bagi kesehatan. Misalnya saja baik untuk penderita asam lambung hingga diabetes.

Lalu, bagaimana jika ibu hamil berpuasa? Apakah hal ini tidak berbahaya untuk sang ibu dan janin yang dikandungnya? Tenang, sahabat Dream. Ibu hamil yang berpuasa juga diperbolehkan dengan kondisi-kondisi tertentu. Bahkan puasa yang dilakukan oleh ibu hamil juga bisa mendatangkan manfaat yang istimewa.

Manfaat puasa bagi kesehatan ibu hamil bisa tetap didapatkan jika asupan nutrisi sehari-hari selalu diperhatikan dengan baik. Mengingat janinnya dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, sehingga asupan gizi jangan sampai dilupakan. Begitupun dengan sang ibu juga membutuhkan gizi yang baik agar tetap sehat.

Nah, berikut beberapa manfaat puasa bagi kesehatan ibu hamil dan apa saja yang harus dipersiapkan sebelum puasa sebagaimana dirangkum Dream melalui halodoc.com dan fimela.com.

1 dari 3 halaman

Manfaat Puasa bagi Kesehatan Bumil

Manfaat Puasa bagi Kesehatan Bumil© Freepik.com

Terhindar dari Morning Sickness

Manfaat puasa bagi kesehatan ibu hamil yang pertama adalah bisa terhindar dari morning sickness. Di mana kondisi ini kerap dialami oleh ibu hamil yang membuatnya merasa tidak nyaman. Rasa mual hingga muntah pada pagi hari adalah hal yang biasanya dialami oleh para ibu hamil. Namun, morning sickness bisa dicegah, salah satunya dengan menjalani puasa.

Dengan berpuasa, maka ibu hamil akan mengonsumsi makanan secara teratur setiar harinya. Di mana makanan yang dikonsumsi hanya secukupnya saja. Sehingga morning sickness pun bisa dihindari.

Membantu Detoksifikasi

Manfaat puasa bagi kesehatan ibu hamil yang berikutnya adalah bisa membantu detoksifikasi. Detoksifikasi sendiri adalah proses pembuangan racun yang ada dalam tubuh. Hal ini penting dilakukan tidak hanya untuk ibu hamil saja, tetapi orang yang tidak hamil pun juga. Berpuasa menjadi cara yang bisa sahabat Dream lakukan untuk mendetoksifikasi tubuh.

Ketika berpuasa, maka tubuh tidak akan menerima makanan dan minuman untuk beberapa waktu. Di saat itulah tubuh kita sedang berusaha untuk membuang zat-zat yang berbahaya dan tidak berguna di dalam tubuh ibu hamil. Dengan begitu, hal ini bisa menyehatkan sang ibu dan janin dan dikandungnya.

2 dari 3 halaman

Manfaat Puasa bagi Kesehatan Bumil

Membantu Membakar Lemak

Saat sedang mengandung, seorang ibu harus mengonsumsi makanan untuk dua orang, yakni untuk dirinya sendiri dan janin yang dikandungnya. Hal ini bisa saja menghadirkan lemak dalam tubuh. Oleh karena itu, lemak-lemak yang tidak berguna dalam tubuh perlu untuk dihilangkan agar ibu hamil tidak mengalami kelebihan berat badan atau obesitas yang bisa mengganggu proses kelahiran.

Nah, hal yang bisa sahabat Dream lakukan untuk membakar lemak saat hamil adalah dengan berpuasa. Dengan berpuasa maka makanan yang dikonsumsi akan lebih teratur.

Mencegah Kolesterol Tinggi

Manfaat puasa bagi kesehatan ibu hamil juga bisa untuk mencegah kolesterol tinggi. Kolesterol yang tinggi tidaklah baik bagi tubuh ibu hamil. Bahkan bisa memicu hadirnya penyakit yang berbahaya. Misalnya seperti diabetes, hipertensi, dan sebagainya. Selain itu, kondisi ini juga sangat berbahaya untuk janin.

Di mana sang ibu bisa saja mengalami keguguran atau kondisi bayi menjadi abnormal. Dengan melakukan puasa, maka kolesterol di dalam darah akan tetap stabil.

Mengatur Kadar Gula Darah

Kadar gula darah haruslah selalu diperhatikan dengan baik. Tak terkecuali bagi ibu yang sedang mengandung. Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi gula secara berlebihan. Nah, puasa menjadi cara yang tepat untuk bisa mengatur kadar gula darah.

Namun, alangkah lebih baik jika sahabat Dream mengonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Karena hal ini berhubungan dengan berat badan ibu hamil. Jika berat badan ibu hamil termasuk rendah, maka ibu hamil tidak disarankan untuk berpuasa.

3 dari 3 halaman

Hal yang Perlu Dipersiapkan Bumil sebelum Puasa

Hal yang Perlu Dipersiapkan Bumil sebelum Puasa© Freepik.com

Setelah mengetahui apa saja manfaat puasa bagi kesehatan ibu hamil, sahabat Dream juga perlu mempersiapkan beberapa hal sebelum berpuasa. Apa saja yang harus dipersiapkan? Berikut uraiannya buat sahabat Dream:

Konsultasi dengan Dokter Kandungan

Hal pertama yang perlu dipersiapkan ibu hamil sebelum berpuasa adalah konsultasi dengan dokter kandungan. Tujuannya adalah untuk mengetahui diperbolehkannya berpuasa atau tidak melalui pengecekan kondisi kesehatan ibu hamil. Jika dalam pemeriksaan diketahui sang ibu dan janinnya sehat, maka dokter akan mengizinkan untuk berpuasa.

Mengurangi Asupan Kafein

Saat berpuasa ibu hamil sebaiknya mengurangi asupan kafein. Baik dari kopi maupun the. Asupan kafein yang dianjurkan saat sedang hamil adalah kurang dari 200 gram atau sama dengan dua cangkir kopi instan.

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Hal lainnya yang perlu dipersiapkan ibu hamil sebelum berpuasa adalah memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan sebaik mungkin. Yakni saat sedang sahur dan berbuka. Jika diperlukan, bisa ditambah dengan suplemen atau vitamin yang disarankan oleh dokter kandungan.

Membuat Diari Makanan

Kemudian sahabat Dream juga bisa membuat diari makanan yang isinya berupa catatan makanan apa saja yang boleh untuk dikonsumsi dan harus dihindari. Dengan begitu, kamu bisa lebih berhati-hati dalam mengonsumsi makanan.

 

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More