Pelukan Hangat Guru SMP Pada Anies Baswedan

Reporter : Maulana Kautsar
Minggu, 15 Januari 2017 14:28
Pelukan Hangat Guru SMP Pada Anies Baswedan
Tanpa sengaja, Anies Baswedan bertemu dengan gurunya, Sudjono Ragil Santoro di Masjid Agung Al Azhar.

Dream - Suasana haru terasa usai Tabligh Akbar di Masjid Agung Al Azhar Kebayoran Baru, Jakarta Selatan tadi pagi. Tanpa sengaja, Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 3 Anies Baswedan bertemu dengan gurunya waktu masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sudjono Ragil Santoso.

Begitu bertatap muka, Anies seketika memeluk Sudjono. Suasana itu tampak begitu hangat.

" Nah, ini guru SMP saya dulu," ujar Anies di Masjid Al Azhar Kebayoran Baru, Jakarta, Minggu, 15 Januari 2017.

Anies mengatakan dia sudah lama tidak bertemu dengan sosok yang cukup memberikan pengaruh dalam kehidupannya itu. Dia mengaku terakhir bertatap muka dengan Sudjono saat reuni SMPN 5 Yogyakarta, lima tahun lalu.

Anies mengaku banyak mendapat pelajaran dari Sudjono yang kala itu merupakan guru Bimbingan Konseling dan Pembina Organisasi Intra Sekolah (OSIS). Yang paling membekas, kata Anies, adalah soal kepemimpinan.

" Satu kata leadership yang saya ingat betul dari beliau yang tidak pernah lupa adalah POA, Planning, Organizing, Activity," kata Anies.

Sementara di mata Sudjono, Anies adalah sosok murid dengan karakter kepemimpinan yang bagus. Dia menangkap kecenderungan itu tatkala Anies menjabat sebagai Ketua OSIS SMPN 5 Yogyakarta.

Tak hanya itu, Sudjono mengatakan Anies kerap datang ke ruang BK untuk berkonsultasi mengenai program OSIS.

Sudjono mengatakan kedatangannya ke Masjid Agung Al Azhar karena mendapat undangan. Dia lalu menyampaikan pesan kepada Anies jika kelak terpilih sebagai Gubernur DKI.

" Jadilah pemimpin yang mengedepankan iman dan akhlak, karena memimpin dengan iman dan akhlak akan menjadikanmu kuat," ucap pria yang akrab disapa Anies dengan panggilan Pak Djono ini.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More