Sejumlah Makam di TPU Khusus Covid-19 Rorotan Amblas, Terungkap Penyebabnya

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 1 September 2021 13:30
Sejumlah Makam di TPU Khusus Covid-19 Rorotan Amblas, Terungkap Penyebabnya
Ada 10 makam yang mengalami amblas dan langsung segera ditangani dinas terkait.

Dream - Tempat Pemakaman Umum (TPU) Khusus Covid-19 Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, mengalami amblas. Sejumlah makam tampak masuk ke dalam tanah.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, membenarkan kejadian tersebut. Menurut dia, lahan TPU Rorotan dulunya adalah rawa.

" Memang makam di Rorotan itu kan sebelumnya rawa, kemudian kami urug, ternyata ada yang amblas," ujar Riza.

Riza memastikan areal pemakaman yang mengalami amblas segera ditangani. Selain itu, pihaknya terus memikirkan cara agar TPU Rorotan tidak amblas lagi.

" Perlu ada pemadatan dan sebagainya, perlu dijaga agar di bawah makam tidak ada arus aliran air," kata dia.

 

1 dari 4 halaman

Akibat Peti Jenazah Lapuk

Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, Suzi Marsitawati, mengatakan amblas di TPU Rorotan langsung ditangani dengan pemadatan tanah. Selain itu, pihaknya juga rutin memantau kondisi usai amblas.

" Setiap ada yang amblas, dengan segera kami rapikan kembali," ujar Suzi.

Dia mengatakan ada sekitar 10 petak makam yang mengalami amblas. Beruntung, kondisinya tidak parah sehingga perapian dapat cepat diselesaikan.

Menurut dia, amblasnya makam di TPU Rorotan kerap terjadi akibat lapuknya peti jenazah. Sehingga, tanah tidak ada yang menyangga.

" Kami akan terus berupaya mengurangi kemungkinan potensi amblasnya tanah. Hal ini lumrah terjadi, bukan hanya pada pemakaman khusus Covid-19," kata Suzi, dikutip dari Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Sedih Tinjau TPU Rorotan, Anies: Sejauh Mata Hanya Liang Kubur

Dream - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meninjau Taman Pemakaman Umum (TPU) khusus Covid-19 di Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Kamis 15 Juli 2021. Anies didampingi Kepala Dinas Petamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta, Suzi Maritawati.

Dilatari ufuk senja, wajah Anies tampak sedih menyaksikan luasnya lahan TPU Rorotan yang telah dipenuhi petak-petak makam jenazah korban Covid-19 di Ibu Kota. Padahal, pada Februari 2021 lalu, lahan itu masih koosong.

" Kini sejauh mata memandang hanya hamparan liang kubur," ujar Anies dalam acara Doa dan Zikir Bersama yang diselenggarakan Korps Muballigh Musyawarah Indonesia secara virtual, Kamis 15 Juli 2021.

3 dari 4 halaman

Petugas Menguburkan 306 Jenazah Sehari

Anies juga memberikan makanan kepada petugas pemakaman. " Selamat bertugas, jaga stamina, dan jaga kesehatan," ujar Anies dikutip dari Merdeka.com, Jumat 16 Juli 2021.

Anies menyampaikan, pada Rabu 14 Juli 2021, petugas memakamkan jenazah dengan menggunakan protokol Covid-19 hingga mencapai 306 jenazah. Angka tersebut bukan sekadar angka statistik, melainkan kondisi yang sangat menyedihkan yang benar dialami Ibu Kota.

Akhir bulan lalu, tepatnya pada tanggal 23 Juni 2021, Anies sempat mengunjungi TPU Rorotan. Di sana Gubernur DKI menginspeksi kesiapan sejumlah petugas pemulasaraan jenazah dan pemakaman dan juga memberikan semangat.

 

4 dari 4 halaman

Beri Imbauan Kepada Publik

Anies bertemu seorang ibu yang mengunjungi makam suaminya, tampak menangis sedih di atas pusara makam jenazah lelaki 54 tahun yang baru saja dikuburkan. Padahal, sepekan sebelumnya, almarhum masih terlihat sehat.

Menurut Anies, pandemi Covid-19 saat ini adalah sebuah peringatan betapa lemahnya manusia berhadapan dengan musuh tak terlihat.

Untuk itu, dia meminta agar warga benar-benar memanjatkan doa kepada Sang Pencipta agar lonjakan kasus Covid-19 saat ini segera berakhir.

Sumber: merdeka.com

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More